Informasi dan Tips

3 Trik Menghadapi Wawancara Bagi Fresh Graduate

Trik Menghadapi Wawancara Bagi Fresh Graduate | Bekerja memang menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan. Beragam cara dan upaya dilakukan untuk mendapat pekerjaan yang merupakan impian.

Semenjak kita mulai lulus dari universitas kita pastilah sudah mendambakan untuk bekerja di sebuah perusahaan ternama yang akan meningkatkan gengsi dan prestise kita. Selain itu bnayak pula perusahaan besar yang menggaji karyawan diatas rata rata sehingga menjadi perusahaan impian bnayak freh graduste.

Namun sebagai fresh graduate atau orang yang baru saja lulus tentulah akan cukup sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Tidak adanya pengalaman menjadi slaah satu poin penting yang akan menjatukan kita ketika dibandingkan dengan mereka yang sudah pernah bekerja dan memiliki pengalaman.

Fresh graduate memang terkadang dipandangs ebalah mata dan dianggap sebagai anak bau kencur yang tidak tahu apa apa, oleh karena itu ada beberapa trik yang wajib anda ketahui jika anda akan menjalani sesi wawancara untuk diterima bekerja pada sebuah perusahaan, simaklah dengan teliti.

1. Hati hati dengan pertanyaan

Trik pertama agar fresh graduate diterima dan lolos pada sesi wawancara adalah menjawab pertanyaan dengan hati hati. Beberapa pertanyaan akan ditanyakan secara beruntun dan itu memang dipastikan akan memecah konsentrasi anda. Pihak perusahaan memang sengaja melakukan hal tersebut untuk sungguh sungguh mengetahui apakah anda orang yang in control atau out control.

Jika kita berada dalam control kita sendiri maka kita akan menjawab semua pertanyaan tersebut dengan cepat namun tenang, berbeda jika kita berada dalam out control. Kita biasanya akan menjadi mudh gugup dan berkeringat dingin serta menjawab tergagap atau memberi banyak jeda yang diartikan sebagai berpikir sejenak. Hal ini tentunya akan menjadi penilaian tersendiri oleh pihak perusahaan.

Baca Juga:  Disini Tempat Mengintip Kecanggihan Mercedes-Benz

2. Kenali dengan baik

Trik selanjutnya yang harus anda ketahui adalah mengenal diri anda dngan baik dan begitu pula dengan perusahaan di mana anda akan bekerja. Ada baiknya abhkan untuk melakukan browsing sehari sebelum proses wawancara dan mencari banyak informasi mengenai perusahaan tersebut seperti visi dan misi, cabang perusahaan, jenis perusahaan, jajaran direksi serta info info lainnya yang akan membuat anda tampak pintar dan menarik dalam sesi wawancara.

Kenali juga diri anda dengan baik, pastikan motivasi anda utuk bkerja tidak semata mata karena gaji tinggi yang ditawarkan, perusahaan akan memandang rendah kepada mereka yang hanya mementingkan uang dalam proses pengembangan diri.

3. Kendali

Fresh graduate memang dapat dikatakan sebagai orang yang miskin akan pengalaman bekerja, namun meskipun begitu bukan berarti mereka adalah orang yang tidak terkendali. Pengalaman dalam berorganisasi akan menjadi kunci penting dalam kendali diri. Hal inilah yang akan tampak terlihat jelas pada sesi wawancara.

Pengalaman bertemu dengan banyak orang dlam organisasi akan membuat anda luwes dan terbiasa berbicara santun, sopan dan baik. Hindari kata kata kasar dan ambigu yang maahanakan menunjukan kualitas rendah yang anda miliki. Bersikap seperti kaum terdidik dan terpelajar akan menjadi poin penilaian penting dalam sesi wawancara tersebut.

Selain itu bersikaplah ramah pada siapa saja yang anda temui di kantor tersebut, mulai dari tukang parker, petugas receptionist hingga pihak HRD yang mewawancarai anda. Jangan lupa untuk menyampaikan slam dan tersenyum yang menandakan anda orang yang ramah dan bersikap bersahabat.

Demikinlah beberapa trik wawancara yang harus diperhatikan oleh fresh graduate agar dapat memperoleh pekerjaan impian mereka.

Baca Juga:  Tips Cerdas Meningkatkan Viewer Youtube Anda

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Show More

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close