Ekonomi IslamSekitar Kita

5 Prinsip Sistem Ekonomi Islam Ini Penting Untuk Diketahui

5 Prinsip Sistem Ekonomi Islam Ini Penting Untuk Diketahui | Sebelumnya kita sudah membahas tentang 7 Ciri Khusus Sistem Ekonomi Islam yang Harus Kita Pahami dan juga tentang Tujuan Sistem Ekonomi Islam yang Mungkin Belum Diketahui. Nah, sekarang kita coba melihat apa saja yang menjadi prinsi dalam sistem ekonomi islam.

1.  Allah Menentukan Benar dan Salah

Perkara halal dan haram hakikatnya adalah hak prerogatif Allah dan sangat sejalan dengan kehidupan makhluk.  Allah mengharamkan untuk memakan riba karna didalamnya terdapat mudharat atau kerusakan yang sangat besar bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Allah menghalalkan memakan yang baik-baik karna memang baik bagi tubuh manusia. Batasan halal dan haram telah Allah tentukan dalam wilayah ekonomi sehingga Allah mengizinkan manusia untuk menikmati yang halal dan menjauhi yang haram.

Yang perlu untuk diketahui bahwa tidak ada seorang manusiapun yang memiliki wewenang untuk menentukan mana yang halan dan mana yang haram. Alquran sangat tegas menjelaskan tentang prinsip ini dalam surat An-Nahl ayat 116.

2. Prinsip Penggunaan

Segala sesuatu di ciptakan oleh Allah untuk digunakan oleh dan untuk melayani manusia. Menahan diri atau melarang orang lain untuk menikmati apa-apa yang halal sama saja dengan mengingkari karunia Allah, dan hal itu amat terlarang. Alquran melarangnya dengan kaliamat yang amat sangat jelas pada surat almaidah ayat 87.

3. Prinsip Pertengahan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya pada 7 Ciri Khusus Sistem Ekonomi Islam yang Harus Kita Pahami bahwa Islam sangat menyukai pertengahan, tidak berlebihan terhadap suatu perkara apapun. Islam tidak suka dengan orang yang hidupnya hanya ibadah ritual saja dan melupakan keluarga serta kegiatan masyarakat lainnya. Tapi Islam tidak melarang ummatnya untuk menikmati atau melakukan aktivitas duniawi selama masih dalam koridor dan tidak keluar dari jalur yang telah Allah tentukan.

Baca Juga:  Tips Menjadi Marketing atau Sales Yang Hebat Dalam Penjualan Apapun

Sekalipun memperoleh kekayaan dengan cara halal diperbolehkan, islam menuntut seorang muslim untuk tidak menjadi gila dalam mengumpulkan harta seperti materialis yang rakus.

4. Prinsip Kebebasan Ekonomi

Setiap manusia bertanggung jawab terhadap semua aktivitas yang ia lakukan di dunia. Ia akan diberi pahalan atas amal baik dan diberi sanksi atas pekerjaan buruknya. Akuntabilitas atas tindakan individu tidak akan bermakna jika individu yang berssangkutan tidak diberi kebebasan yang cukup untuk bertindak secara independen. Oleh karena itu, Islam memberi kebebasan bagi muslim untuk bertindak disegala bidang selama masih sesuai dengan aturannya.

Prinsip kebebasan ekonomi ini berarti bahwa islam memberikan kebebasan kepada setiap individu untuk mencari harta, memilikinya, menikmati serta membelanjakannya dijalan yang ia kehendaki. Islam mengakui kebebasan berusaha, berinovasi dan berkreasi selama masih memperhatikan prinsip halal dan haram.

Baca juga: Membangun Mental Entrepreneurship (Wirausaha)

5.  Prinsip Keadilan

Prinsip ini sifatnya tidak terbatas, dalam artian, segala lini kehidupan manusia muslim harus dilandasi prinsip keadilan. Dalam sistem ekonomi islam, prinsip ini menjamin setiap orang akan mendapatkan haknya. Tak ada seorang pun yang boleh di eksploitasi oleh orang lain. Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan mendapatkan kekayaan dengan cara-cara yang tidak benar, dilarang menumpuk harta. Dan Islam menjamin distribusi kekayaan yang merata bagi setiap orang. Islam sangat melarang kekayaan hanya terkonsentrasi di tangan sedikit orang dan menjamin sirkulasi dialam masyarakat.

Itu dia 5 Prinsip Sistem Ekonomi Islam Ini Penting Untuk Diketahui. Semoga bermanfaat.

 

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker