Bisnis dan KeuanganInformasi dan Tips

Cara Paling Tepat Memasarkan Produk Online

Cara Paling Tepat Memasarkan Produk Online – Dunia online saat ini terus berkembang seiring berkembangnya persaingan menciptakan Gadget seperti Laptop, Notebook, Hp, SmartPhone, Tablet dan lain-lain. Mereka yang jeli dalam memanfaatkan ini adalah yang menjadi pemenang, contoh saja Bill Gates, beliau menciptakan software, lalu Mark sang pencipta Facebook. Kedepan, yang menang adalah mereka yang bisa memanfaatkan apa yang sudah diciptakan untuk memasarkan produk-produk mereka di dunia online. Berikut saya coba sharingkan Cara Paling Tepat Memasarkan Produk Online.

Tapi sebelum itu, yang harus kita miliki adalah produk, karena produk merupakan alat yang akan kita pasarkan untuk di jual. Nah, usahakan produk yang Anda miliki adalah produk yang betul-betul di inginkan oleh masyarakat. Jika belum punya produk sendiri, Anda bisa mencarinya di Internet. Silahkan baca tulisan berikut untuk lebih detail cara mencarinya Ini Bisnis Cocok Untuk Anda.

Ada beberapa cara memasarkan produk melalui dunia online, diantaranya;

1. Pasarkan Melalui Media Sosial
Saat ini, ada begitu banyak media sosial yang bisa kita manfaatkan untuk memasarkan produk kita seperti Facebook, Twitter, +Google, Instagram dan lain-lain. Pilihlah beberapa yang menurut Anda begitu Anda kuasai dan paling banyak digunakan orang.  Saat Anda menggunakan media sosial, jangan pernah menjadi penggangu bagi teman-teman medsos Anda seperti meng-Tag gambar sembarangan, menulis di Timeline mereka tanpa izin dan lain-lain karena efeknya mereka akan men-cap jelek produk Anda.

Upayakan sebisa mungkin melakukan soft selling, artinya, Anda lebih sering memberikan edukasi tentang produk yang Anda pasarkan bukan dengan terus-terusan berjualan. Orang bisa muak. Lihat saja kasus banyaknya penjual elektronik di media sosial terutama Facebook. Saya yakin Anda akan menganggap itu sampah bukan?

Baca Juga:  Cara Cepat Menghilangkan Tanda Obeng dan Tang di Blog
[Baca: Cara Screen Shot Paling Mudah]

Aktiflah dalam berinteraksi dengan siapapun di Media Sosial seperti mengomentari status, foto yang dishare dan lain-lain. Karena dengan begitu mereka akan mulai mengenal Anda. Tapi ingat, komentar tidak boleh promosi produk. Komentar harus sesuai dengan status atau gambar yang di share.

2. Pasarkan Melalui Gadget
Semua orang saat ini past punya yang namanya gadget, ntah itu Hp, BB, Smartphone dan lain-lain. Tugas Anda, manfaatkan setiap fitur yang Anda miliki di Gadget Anda seperti BBM, WeChat, LINE, WhatApp dan sebagainya. Saat membuat Account, Anda wajib menggunakan nama asli Anda, bukan produk yang Anda jual. Tapi Anda bisa kombinasikan dengan produk Anda. Sertakan juga nomor yang bisa dihubungi seperti contoh: Musthafa Kamal | Diet Sehat | 085277713679. Ingat, jangan gunakan tulisan ALAY untuk nama Anda seperti 111u524F4. Bisa baca? Gak kan…..

Sering-seringlah mengganti status Anda. Karena makin sering diganti biasanya akan makin sering muncul notifikasi yang memancing orang membaca status kita. Sering juga untuk mengganti Display Picture Anda.

[Baca: Cara Mempercepat Kinerja Android]

Manfaaatkan Brodcast Message tapi jangan terlalu sering karena akan mengganggu. Upayakan saat membroadcat atau mengirim pesan secara masal selalu imbangi dengan edukasi bukan promosi terus-menerus. Jika dalam 1 minggu Anda melakukan broadcast sebanyak 4 kali, maka 3 kali adalah boadcast edukasi dan 1 kali promosi.

3. Pasarkan di Toko Online Sendiri
Saat ini, membuat toko online milik sendiri tidak sulit. Ada yang gratisan adapula yang berbayar. Dengan memiliki toko online sendiri, kita lebih percaya diri dalam memasarkan produk kita. Usahakan toko online Anda hanya menjual 1 jenis produk, jangan bercampur-campur, jika Anda jual jilbab, cukup jilbab saja isinya, jangan ditambah dengan sepatu dan lai-lain. Jadi Anda punya brand tersendiri sehingga mudah dikenali orang. Namun jika Anda punya beberapa jenis produk, buatlah toko lain tersendiri untuk produk lain tersebut. Intinya, cukup 1 jenis saja. Ini contoh toko online yang saya buat sendiri, jika ingin dibuatkan, silahkan hubungi saya;

toko afkari

4. Pasarkan Melalui MarketPlace Toko Online
Selain menggunakan toko online milik sendiri, gunakan juga market place agar produk Anda semakin luas jangkauannya. Market Place di Indonesia saat ini sudah cukup banyak seperti tokopedia, olx, lamido, bukalapak, yukbisnis dan lain-lain. Anda bisa manfaatkan semua atau salah satunya. Pilihlah yang paling sering melakukan promosi di media seperti tokopedia karena pengunjungnya sudah terjamin. Kelebihan menggunakan marketplace adalah gratis, aman, dipercaya oleh konsumen. Jangan lupa untuk menautkan link ke toko online pribadi Anda agar calon konsumen lebih yakin dengan produk yang Anda jual.

Baca Juga:  Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Facebook di Bajak Orang Lain

Oke, itu dia beberapa Cara Paling Tepat Memasarkan Produk Online. Semoga bermanfaat. Baca juga Jasa Pembuatan Blog Professional Murah.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker