InDesign

Cara Membuat Layout Buku Dengan Adobe InDesign

Hallo para netters dan para pembelajar semua…postingan kali ini saya ingin sedikit berbagi dengan teman-teman tentang sebuah tutorial Cara Membuat Layout Buku Dengan Adobe InDesign. Setelah lama berkecimpung di dunia layout, baru kali ini saya kepikiran membuat tutorial ini, insyaAllah kedepan akan terus ditambah, so, jangan lupa berlangganan postingan blog ini ya…

Sebelum memulai layout buku, teman-teman harus pastikan dulu ukuran dari buku yang akan kita layout. Disini saya ingin contohkan layout buku dengan ukuran 13 cm x 19 cm.

CATATAN PENTING; Untuk semua GAMBAR/ILUSTRASI dari postingan ini sudah kami hapus, agar lebih mudah mempelajari panduan Cara Membuat Layout Buku Dengan Adobe InDesign ini silahkan teman-teman langsung tonton saja dibagian paling bawah dari video ini.

Langsung saja, langkah pertama dan langkah paling pasti, silahkan teman-teman buka lebih dulu program InDesign yang ada di PC teman-teman. Lalu buatlah sebuah Document baru. Jika tampilan awal muncul seperti dibawah ini, maka tinggal klik bagian Create New Document.

Tapi saat hal ini tidak muncul, teman-teman bisa membuatnya dengan mengklik File > New > Document. Berikutnya perhatikan gambar dibawah ini
Number of Pages: Jumlah halaman yang kita inginkan
Pada kolom Width dan Height perhatikan angka yang muncul, jika seperti contoh (51p0) itu menunjukkan ukuran yang tidak lazim digunakan di Indonesia, kita biasa memakai ukuran cm atau mm, maka abaikan saja dan langsung klik OK karena kita akan mengubah ukurannya kemudian.
Berikutnya adalah mengubah Ukuran menjadi cm (Centimeter), caranya perhatikan gambar dibawah ini.
Klik kanan pada Ruler atas atau tanda seperti penggaris lalu pilih Centimeter, begitu juga halnya pada bagian ukuran sebelah kiri, klik Kanan lalu pilih Centimeter.
Kemudian atur ukuran buku dengan memilih File > Document Setup
Pada kolom Width dan Weight isi dengan ukuran buku yang kita inginkan, seperti contong 13 cm x 19 cm lalu klik Ok.
Langkah berikutnya, mengatur Margin dari setiap halaman yang kita buat dengan cara Layout > Margin and Columns
Tentukan ukuran margin atau batasan sebuah halaman yang Anda inginkan, Top untuk atas, Bottom: bawah, Inside: dalam dan Outside: Luar. Klik Ok.

Berikutnya kita akan disuguhkan dengan tampilan muka berupa halaman buku sesuai ukuran yang telah kita tentukan dan pada bagian sebelah kanan muncul jumlah halaman yang telah kita buat serta menu Master atau template.

Baca Juga:  Cara Membuat Email Gmail Terbaru Untuk Kebutuhan Blogger

Sekarang tugas kita adalah membuat sebuah template berupa nomor halaman serta hiasan lainnya. Klik pada Pages sehingga muncul Master.

Setelah selesai, maka saat kita klik pada halaman tertentu, akan muncul template yang telah kita buat tadi. Halaman template ini sama hal ketika kita menggunakan fungsi Header dan Footer pada Office Microsoft Word.

Baca: Cara Membuat Nomor Halaman Pada Adobe InDesign

Langkah berikutnya adalah mulai mengisi halaman yang telah kita buat dengan tulisan yang telah kita siapkan. Untuk memasukkan tulisan baru bisa dengan memilih Type Tool yang ada disebelah kiri.

Drag Type Tool hingga batas bawah halaman lalu tulis apa yang ingin ditulis atau bisa juga copy paste dari tulisan yang sudah ada, jika muncul + berwarna merah (overset text) menandakan bahwa halaman penuh. Klik tanda + dan lepaskan pada halaman berikutnya. Lalu mulai menulis lagi.

Jika sedang malas nulis atau tak punya tulisan, teman-teman bisa memasukkan teks Lorem Ipsum seperti contoh yang saya buat dibawah ini. Darimana mendapatkan teks Loren Ipsum dan apa itu Lorem Ipsum? Baca: Apa Itu Lorem Ipsum?

Silahkan tonton Video Panduan Cara Membuat Layout Buku dengan InDesign dibawah ini:

 Demikian tutorial awal tentang Cara Membuat Layout Buku Dengan Adobe InDesign , jika ada pertanyaan, bisa melalui kolom komentar ya…baca juga: Startup dan Cara Membangun Startup Bisnis Dari Awal !

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags
Show More

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker