Sekitar Kita

Cara Membuat Sales Letter Yang Menjual Untuk Mendongkrak Penjualan Anda

Sales letter [surat penawaran] merupakan kompenen penting dalam rangka memperkenalkan produk yang ingin kita jual kepada khalayak ramai di Landing Page atau Sales Page Anda. Nah, Sebelum anda membuat sales letter, ada beberapa hal yang harus benar-benar Anda perhatikan Agar Anda mampu menghasilkan sales letter yang menjual, diantaranya;

Untuk Apa Sales Letter Anda Dibuat?

Menentukan tujuan itu penting, agar arah yang anda ingin tuju jadi lebih jelas dan terarah, maka tentukan dulu untuk apa Anda membuat sales letter, apakah untuk mendapatkan lead, menjual produk, pelanggan newsletter atau tujuan lainnya. Jika Sales letter Anda bertujuan untuk menjual produk, maka Anda harus buat sedetail mungkin tentang produk yang Anda jual, jelaskan apa, bagaimana, untuk apa dan manfaat apa yang akan didapat oleh calon pembeli dari produk yang Anda juga

Siapa Pesaing Anda

Perkembangan teknologi membuat siapapun bebas menciptakan produk mereka, hal ini pasti akan menciptakan banyak saingan dalam bisnis. Maka, perhatikan dengan siapa anda bersaing? Perhatikan bagaimana mereka berhasil? Lihat apa saja yang mereka lakukan? Anda bisa mengikuti strategi-startegi yang mereka gunakan. Jika memang mereka Anda anggap belum berhasil, maka Anda bisa menemukan celah untuk lebih berhasil dari saingan Anda.

Siapa Target Market Anda?

Ini penting, Anda harus tahu siapa yang jadi target dari Sales Letter Anda. Kenali keinginan, harapan dan impian target market Anda. Semakin anda memahami mereka, semakin anda mengerti kebutuhan mereka. Sehingga Anda makin mudah mengaplikasikannya di Sales Letter Anda.

Dari Mana Target Market Menemukan Landing Page/ Website Anda?
Perhatikan, dari mana market Anda menemukan web atau lalnding page Anda. Apakah dari google? Twitter? Facebook? Dari sini, Anda bisa menentukan seperti apa sales letter yang cocok  untuk mereka, misal, jika pengunjung Anda rata-rata menggunakan facebook maka bahasa yang Anda tawarkan juga harus singkron.

Baca Juga:  Cara Mati

Pada dasarnya, prinsip sales letter yang mengarahkan orang untuk melakukan tindakan akan menghasilkan sales letter yang emosional, menghipnotis dan yang akan mendorong orang lain untuk membeli produk yang anda tawarkan. Prinsip ini juga mengadopsi rumus klasik advertising : AIDA: Attention (Perhatian), Interest (Minat), Desire (Keinginan), Action (Tindakan).

Berikut langkah-langkah menulis sales letter yang menghasilkan

1. Headline Harus Benar-Benar Memikat

Bagian pertama ini adalah mengenai bagaimana menulis headline. Headline merupakan elemen penting bagi sales letter. Apakah sales letter anda akan dibaca pengunjung? Itu tergantung headline yang anda buat. Elemen dari headline:

1. Sampaikan sesuatu yang emosional, bila perlu mengejutkan.
2. Informasikan keuntungan/manfaat utama produk Anda.
3. Buatlah pengunjung penasaran.
4. Buat seolah-olah headline yang anda buat khusus untuk mereka secara pribadi.
5. Buat headline sesingkat mungkin, jangan buang waktu pengunjung Anda.

Contoh headline:
“Kalau Bisa Menghasilkan JUTAAN, Kenapa Harus Mengeluarkan Uang JUTAAN?”

Headline di atas membuat rasa penasaran pengunjung website anda.

2. Isi Sales Letter Harus Komunikatif 

Secara umum isi sales letter adalah seputar informasi produk, keunggulannya, manfaatnya, dll. Biasanya bagian isi ini memerlukan penjabaran dan cukup menyita waktu pengunjung. Kemampuan komunikasi Anda dibutuhkan agar pengunjung tidak bosan. Bagaimana menjadi komunikatif dalam sales letter persuasif?

1. Mulailah dengan perkenalkan diri Anda
2. Sampaikan manfaat yang di dapat dari produk yang anda tawarkan
3. Susunlah bahasanya dengan cara yang mudah dipahami/sederhana, boleh sedikit berlebihan.
4. Buatlah seperti sebuah dialog, misalnya berupa pertanyaan agar lebih interaktif
5. Sisipkan sedikit humor atau motivasi agar pengunjung tidak lelah/jenuh
6. Berikan testimoni dari customer anda
7. Cantumkan penawaran harga yang menarik
8. Berikan bonus

Baca Juga:  Tips Mendapatkan Banyak Likes Di Instagram

Jika Anda merasa telah cukup menjelaskan produk Anda, letakkan fitur CALL to ACTION yang merupakan link untuk mengarahkan pengunjung melakukan order.

3. Call To Action Harus Terkesan Esklusif

Bagaimana mendorong pengunjung agar mengambil tindakan untuk membeli?  Anda dapat menggunakan kata-kata persuasif untuk mengkonversi penjualan, untuk meyakinkan pengunjung bahwa sekaranglah saat yang paling tepat untuk mereka membeli produk Anda, misalnya :

1. Terbatas, Hari Ini Saja, Lakukan Pembelian Sekarang!
2. GRATIS bagi Anda yang melakukan mendownloadnya hari ini!

Sertakan pula jaminan/garansi sebagai salah satu kekuatan dalam meyakinkan seseorang bahwa produk Anda berkualitas.

Itu dia bagaimana membuat Sales Letter yang mampung menggerakkan target market untuk melakukan tindakan di website atau sales page kita. Belum punya website? Belajar di MahirWebsite.Com

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker