Informasi dan TipsPromosiReview IM

Cara Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Pemula

Hosting adalah suatu kebutuhan dasar bagi mereka yang ingin membuat website sendiri agar lebih professional dan terlepas dari pihak ketiga seperti Blogger, Weebly, WordPress dan lain-lain. Hosting digunakan sebagai media untuk menyimpan data yang akan ditampilkan pada website yang kita buat.

Memiliki hosting sendiri membuat kita bebas mengatur website sesuai dengan yang kita butuhkan tanpa intervensi dari pihak ketiga.

Ada cukup banyak penyedia hosting saat ini, baik yang diluar negeri maupun dalam negeri, hal ini dipicu oleh semakin berkembangnya dunia internet dan kebutuhan akan penyedia hosting semakin besar. Coba saja ketik di Google, maka akan bermunculan penyedia-penyedia hosting.

Namun, kita harus benar-benar teliti dalam memilih tempat hosting yang ingin kita gunakan, hal ini agar tidak membuat kecewa di ujung.

Saya sendiri sudah sering pindah-pindah tempat hosting karena kecewa dengan pelayanan dan fasilitas. Wajar, karna dulu belum terlalu paham dengan hal-hal beginian. Tapi seiring berjalan waktu jadi mengerti. Baca juga: Hosting Gratis, Ini Cara Mendapatkan Hosting Gratis

Nah, kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang bagaimana cara Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Pemula.

 

Pilih Sesuai Kebutuhan

Jika website yang teman-teman buat masih baru dan tidak butuh terlalu banyak ruang, maka pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Karna semua hosting ada fasilitas Upgrade, jadi suatu saat jika web yang dibuat sudah besar, hosting pun bisa di upgrade.

Jika target dari website yang teman-teman buat adalah untuk lokal, maka tak perlu sibuk-sibuk mencari hosting luar. Selain karna harus menggukan pembayaran via kartu kredit atau paypal, harganya pun lumayan nguras kantong pemula. Di dalam negeri juga sangat banyak yang berkualitas.

Baca Juga:  Kaos GRATIS dan Peluang Bisnis Senilai 3,5 juta GRATIS, Cek Caranya!

Beda halnya kalau target pengunjung website adalah para bule, maka hosting yang kita pake juga harus dengan server di luar negeri.

Pilih Sesuai Kantong

Untuk pemula biasanya selalu terkendala di biaya, maka pilihlah hosting yang sesuai dengan kantong. Pastinya fasilitas yang diberikan juga sesuai dengan kantong kita. Tak perlu khawatir, sebagai pemula, kita akan banyak belajar, suatu saat bisa ditingkatkan seiring penghasilan yang masuk dari website yang kita buat.

Pilih Yang Banyak Memberi Fitur

Setiap penyedia hosting pasti punya penawaran tersendiri, maka pilihlah yang paling banyak memberikan fitur seperti Add On Domain, Subdomain, PHP, MySQl dll.

Pilih Yang UNLIMITED

Memang, pada dasarnya tidak ada yang benar-benar UNLIMITED, semua pasti ada batas nya. Unlimited yang dimaksud disini adalah selama penggunaannya masih sesuai dengan spesifikasi dari server yang digunakan oleh penyedia hosting. Tapi jika kita memilih paket UNLIMITED, paling tidak sudah membuat kita aman dari was-was. Dan saat terjadi sesuatu, kita bisa langsung mempertanyakannya kepada penyedia hosting

Pilih Yang Ada GARANSI nya

Garansi itu penting, sehingga jika kita tidak puas, kita bisa ajukan refund atau perbaikan sesegera mungkin. Biasanya garansi hosting yang diberikan berkisar tidak lebih dari 30 hari. Selama 30 hari tidak ada komplain, berarti layanan sudah memuaskan.

Pilih Yang Support/ Pelayanannya Bagus

Ini paling penting dalam memilih hosting yang tepat. Support atau pelayanan adalah hal yang wajib, maka pilih yang memberikan support 24 jam atau paling cepat merespon saat kita punya kendala. Biasanya, di website penyedia hosting ada fasilitas chat, silahkan dicoba bagaimana respon mereka terhadap pertanyaan kita. Jika sudah menjadi membernya, maka ada fasilitas Ticket di member area.

Baca Juga:  Tips Menulis Ala Prof Dr Syahrizal Abbas MA

Rekomendasi;

Berdasarkan beberapa pengalaman, berikut saya berikan rekomendasi penyedia hosting yang menurut saya bagus untuk teman-teman gunakan.

  1. MetroWorldHost – Banyak pilihan paket yang bisa teman-teman pilih, silahkan komunikasikan melalui fasilitas chat dan tanyakan mana yang bagus untuk website yang ingin teman-teman buat, website yang teman-teman kunjungi ini juga menggunakan fasilitas hosting dari sini. Kunjungi webnya di: MetroWorldHost
  2. NiagaHoster – Fasilitas yang diberikan sangat menggiurkan, Unlimited, sangat cocok untuk pemula yang ingin serius dan berkelanjuta. Ada tawaran diskon sangat menarik sampai 50% bahkan bisa mendapatkan diskon tambahan 10% dengan memasukkan kode kupon “a-AFKARI”. Saya gunakan layanan ini untuk beberapa website pribadi dan klien yang saya buat. Langsung kunjungi di: NiagaHoster. Jangan lupa masukkan kupon “a-AFKARI” agar diskon makin gede.
  3. DewaWeb – Fasilitas Cloud Hosting yang sangat cocok dan sesuai kantong. Silahkan langsung lihat penawarannya di: DewaWeb Beberapa website klien saya buat menggunakan hosting ini. Anda bisa bebas pilih server pada hosting ini, bisa pilih Indonesia, Singapore atau US.
  4. HostGator – Hosting luar negeri untuk teman-teman yang menargetkan pengunjung dari luar negeri. Fasilitasnya ada yang Unlimited. Pembayaran via kartu kredit dan paypal. Kunjungi di: HostGator

Okke…itu dia sedikit tips Cara Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Pemula. Semoga bermanfaat. Jika teman-teman ingin mengikuti kursus belajar membuat website, silahkan langsung kunjungi: www.mahirwebsite.com. Selain mendapatkan video panduan lengkap, ada group khusus untuk belajar bersama, termasuk belajar bisnis online.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

2 thoughts on “Cara Memilih Hosting Yang Tepat Untuk Pemula”

  1. Kalau membeli hosting di Rumahweb bagus apa tidak ya gan?. Oh iya, terima kasih atas saran tempat hosting yang ada di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker