Bisnis dan Keuangan

Cara Memulai Bisnis Modal Tipis

Cara Memulai Bisnis Modal Tipis – Pernah dengar memulai bisnis modal dengkul? Pasti pernahkan? biasanya kerap disampaikan pada selebaran-selebaran promosi sebuah seminar bisnis. Pertanyaanya, bisakah berbisnis modal dengkul? Terus terang, sangat mustahil berbisnis modal dengkul, karena dengkul tidak akan pernah bisa dipakai untuk cari uang. hehehehhe…
Sebenarnya yang dimaksud dengan bisnis modal dengkul adalah memulai suatu bisnis tanpa mengeluarkan uang sedikitpun, hanya mengandalkan ide dan tenaga saja. Karena untuk memulai sebuah bisnis dibutuhkan ide, tenaga dan uang. Kalau tidak punya ketiga-tiganya? Ya jangan berbisnis….tapi bagaimana kalau modal uang nya tipis?
Tak dapat dipungkiri, faktor penunjang utama sebuah bisnis adalah uang, oleh karena itu banyak orang yang ingin memulai bisnis selalu menjadikan uang sebagai alasa pokok untuk tidak memulai bisnisnya. Berikut saya coba sharingkan cara memulai bisnis modal tipis.
Yang paling utama Anda perlukan dalam memulai bisnis modal tipis adalah ide dan tenaga. Pertama, Ide, Anda harus punya ide bisnis yang brilian, ide yang dimunculkan dari jiwa yang ambisius, berani bermimpi, yakin dan percaya diri yang kuat. Kedua, tenaga untuk segera mungkin mengeksekusi ide yang Anda miliki. Berfikir sekeras mungkin bagaimana caranya menjadikan ide Anda nyata meski dengan keuangan yang tipis.
Jika kedua ini sudah Anda miliki, berikut tiga hal yang bisa Anda lakukan saat akan memulai bisnis modal tipis;
Buatlah Proposal Bisnis
Buatlah sebuah kerangka atau proposal bisnis dan mengajukannya kepada teman atau kerabat yang menurut Anda punya sedikit kemampuan finansial yang lebih. Buatlah deal antara Anda dan mereka. Jelaskan dengan detail keuntungan yang akan mereka dapatkan jika memutarkan uangnya ditangan Anda. Tapi ingat, deal yang Anda buat tidak bersifat hutang, tapi Investasi.
Proposal yang Anda buat tidak perlu terlalu formal, karena Anda hanya mengajukannya kepada teman atau kerabat, bukan pemerintahan atau penyedia dana seperti bank. Jika teman Anda deal dengan apa yang Anda sampaikan baru kemudian buat sedikit surat perjanjian kerja sama agar teman tersebut yakin dengan yang Anda tawarkan.
Berhutanglah Kepada Orang Terdekat Bukan Bank
Saat proposal yang Anda buat kepada teman tidak ada yang tembus, maka ajukan opsi kedua yaitu berhutang. Dan cara berhutang terbaik untuk memulai bisnis adalah berhutang kepada orang dekat, bukan kepada bank. Alasannya, hutang kepada orang dekat terkadang bisa ditangguhkan pembayarannya sedangkan kepada bank, selain memikirkan hutang, Anda juga harus memikirkan bunganya.
Beri keyakinan kepada orang yang Anda pinjami uangnya bahwa Anda bertanggung jawab dengan hutang Anda.
Saran saya, jangan berhutang kepada satu orang dalam jumlah yang besar, tapi berhutanglah kepada banyak orang dengan jumlah yang sedikit. Misalkan Anda butuh dana 10 Juta, maka carilah beberapa orang yang bisa Anda pinjami uangnya hingga mencapai 10 juta. Makin kecil pinjaman Anda makin bagus meski ke makin banyak orang. Dan pastikan Anda mencatat hutang-hutang Anda tersebut.

Pilih Bisnis Yang Modal Tipis

Meski ide Anda sangat brilian, tetap Anda harus memulainya dari yang paling kecil. Karena tidak ada bisnis besar yang tidak dimulai dari yang kecil. Bersabarlah terhadap proses. Pilih bisnis yang sesuai dengan keuangan Anda. Anda bisa mulai dengan menjadi Reseller atau Dropshiper yang tidak membutuhkan biaya besar. Lama kelamaan Anda akan semakin telaten dan bisa membuka bisnis yang lebih besar dengan modal yang Anda kumpulkan dari hasil bisnis dengan modal tipis tadi.
Itu dia sedikit Cara Memulai Bisnis Modal Tipis. Pengalaman saya pribadi dulu pernah melakukan ini. Bahkan hanya modal ide bisa dapat keuntungan yang lumayan. Yang penting mau mengeksekusi ide tersebut. So, sudah ingin berbisnis modal tipis?

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Baca Juga:  Cara Paling Tepat Memasarkan Produk Online
Tags
Show More

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker