Bisnis dan KeuanganInformasi dan Tips

Solusi Memulai Bisnis Online Tanpa Website

Solusi Memulai Bisnis Online Tanpa Website – Perkembangan dunia online sangat pesat, coba saja kita melihat kebelakang 10 tahun sebelum ini? atau dimasa-masa kita masih menggunakan telepon umum. Kini semua sudah berubah, ibarat kata, hanya mereka yang bisa menyesuaikan diri yang akan terus bertahan. Begitu pulalah halnya dalam dunia bisnis. Kini semua harus ikut arus jika tak ingin tergerus. Jika Anda punya sebuah bisnis, maka sudah saatnya Anda meng-onlinekan bisnis Anda.

Perhatikan saja di televisi saat ini, banyak sekali bermunculan perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan media online untuk mengepakkan sayapnya, sebut saja lazada, mataharimall dan lainnya ada contoh perusahaan yang memanfaatkan perkembangan kebutuhan manusia.

Bisnis Anda sanggup seperti mereka?Ya, tak bisa dipungkiri, untuk memulai bisnis seperti mereka pastinya membutuhkan modal yang tidak sedikit, bisa-bisa ratusan juta. Bahkan kabarnya, salah satu perusahaan baru berani berpromosi di media televisi dengan dana milyaran rupiah….gila kan?

Kebutuhan akan sebuah website berbayar dengan segala fiturnya menjadi standar untuk memulai bisnis online agar lebih dipercaya oleh calon konsumen. Tapi sayangnya, tak semua orang punya modal untuk membuat sebuah website meskipun biaya pembuatanya lebih murah dari memulain bisnis offline.

Tapi tenaaaang…tetap duduk manis membaca postingan ini. Saya akan kasi tau cara bisnis online tanpa website. Solusi yang saya kasi dibawah ini adalah solusi tembak langsung karena langsung berkaitan dengan cara apa yang harus Anda gunakan untuk bisnis online tanpa website.

memulai bisnis online tanpa website

  • Gunakan Blackberry Messenger (BBM)

BBM adalah salah satu aplikasi chating paling populer saat ini. Dengan segala keunggulannya, anda bisa memanfaatkan BBM untuk bisnis online tanpa website anda. Cara yang harus anda lakukan dalam memanfaat kan BBM untuk bisnis adalah;

  1. Buat nama prodil BBM anda dengan nama Anda sendiri, tunjukkan identitas anda, dibelakang nama Anda baru selipkan bisnis yang Anda geluti dan nomor yang bisa dihubungi contoh: MusthafaAhli Diet Sehat – 085277713679
  2. Perbanyak teman di BBM dengan cara yang benar seperti promosi pin di media sosial dan lain-lain, saya tidak menganjurkan Anda membeli jasa promote pin karena biasanya akan banyak orang-orang Alay yang hanya menuh-menuhin kontak Anda
  3. Setiap ada kontak baru, sapa dan perkenalkan diri.
  4. Aktif merespon setiap ada pesan Broadcast yang masuk, meski menurut Anda itu mengganggu
  5. Sering-sering memberikan tips pendek melalui status BBM
  6. Broadcat maksimal seminggu 3 kali, dua kali tips yang sesuai dengan bisnis Anda dan satu kali promosi bisnis Anda
Baca Juga:  Kiat Sukses Ala Pengusaha Sukses Bob Sadino

Ingin lebih banyak lagi tips tentang Blackberry? Baca ini: Tembus Omset 100 Juta Modal Blackberry

  • Gunakan Facebook Fanspage

Sama dengan BBM, Facebook juga sebuah media yang paling banyak dibuka diseluruh dunia setiap harinya. Jika untuk bisnis, Anda bisa membuat sebuah halaman yang disebut fanspage untuk bisnis Anda. Jangan gunakan facebook untuk bisnis, sekali-kali bole, jika keseringan akan disebut spam, seperti banyak dilakukan oleh pebisnis gadget, tidak tau itu akun asli atau bodong. Setelah memiliki sebuah fanspage, lakukan cara berikut;

  1. Perbanyak jumlah orang yang ‘ngelike’ fanspage Anda…seberapa banyak? sebanyak-banyaknya…kalau bisa mengalahi akun fanspage milik presiden Amerika ‘Obama’
  2. Selalu rutin update status fanspage dengan tips-tips atau info-info bermanfaat yang sesuai dengan bisnis Anda. Misal anda punya bisnis jualan jilbab. Maka sering-sering share tentang tutorial hijab dan sebagainya. Materi-materi status bisa Anda dapatkan di google….
  3. Setiap posting status tambahkan dengan sebuah gambar pendukung.
  4. Jika fanspage Anda belum mencapai 3000 like, jangan promosi bisnis….sebulan sekali oke lah….
  5. Saat like fanspage sudah mencapai lebih dari 3000, perkenalkan bisnis Anda dan sekali-kali share tentang promosi bisnis tanpa mengurangi status update tentang tips-tips.
  6. Selalu berikan respon cepat setiap ada notifikasi seperti komentar, inbox dan lain-lain
  7. Sesekali iklankan fanspage anda melalui Facebook Ads (Iklan Facebook)
  • Gunakan Marketplace Tokopedia

Ini solusi terakhir dari saya jika Anda ingin memulai bisnis online tanpa website. Saat ini sudah cukup marketplace besar. Tapi saya menyerankan Anda untuk mencoba memulai bisnis online tanpa website Anda menggunakan marketplace Tokopedia, untuk alasan-alasannya baca disini: Berjualan Gratis di Tokopedia.

Saya sendiri pernah mendapatkan orderan dari tokopedia. Jika ingin lebih banyak orderan dari tokopedia, Anda bisa memanfaatkan fitur promosi yang disediakan oleh tokopedia, hanya saja, Anda perlu sedikit dana untuk ini.

Baca Juga:  Ini Program-Program Islam Liberal Kuasai Indonesia

Itu dia tiga solusi memulai bisnis tanpa website dari saya, saran saya, praktekkan ketiga-tiganya agar bisnis Anda makin dikenal.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Show More

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker