Tutorial

Cara Mengembalikan atau Memulihkan Akun Youtube yang Ditangguhkan

Cara Mengembalikan atau Memulihkan Akun Youtube yang Ditangguhkan – Beberapa hari belakangan ini saya sempat dibuat sedikit kelimpungan gara-gara akun utama youtube yang saya kelola tiba-tiba terkena penangguhan oleh pihak google. Bayangin aja, video yang saya upload sudah lumayan banyak, dan bikinnya sangat menyita waktu.

Setelah cek dan ricek, ternyata akun yang terkena penangguhan masih bisa untuk dipulihkan atau dikembalikan. Akun akan hilang selamanya dalam waktu 6 bulan jika kita tidak mengajukan banding ke pihak google.

Baca juga; Hal-Hal Penting Lain Yang Berkaitan Dengan Youtube

Beda lagi kalau akun Youtube kita langsung terkenal penghapusan permanent, maka tentu sudah tidak bisa dipulihkan. Yang kita bahas disini adalah akun youtube yang di tangguhkan bukan dihapus permanent. Pemberitahuan dari youtube kurang lebih seperti ini:

Screenshot_8

Jika memang kita merasa tidak melakukan pelanggaran kebijakan seperti Kebijakan Komunitas, Kebijakan Content dan lain sebagainya, silahkan langsung mengajukan banding untuk akun yang ditangguhkan. Namun kalau merasa melakukan pelanggaran seperti Mengupload video orang, sering menggunakan music terlarang di youtube, konten dewasa dan sebagainya. Akan sedikit susah untuk dipulihkan. Dan dalam waktu tidak lama akan terhapus secara permanent dari Youtube.

Baca juga: Ingin Membuat Video-Video Keren dan Professional? Template Ini Wajib Anda Miliki!

Baik, berikut adalah cara ampuh mengembalikan atau memulihkan akun youtube yang ditangguhkan;

Langkah pertama, Silahkan Login ke akun youtube. Maka akan mucul sebuah halaman peringatan bahwa akun tidak bisa di akses, Silahkan langsung klik bagian Hubungi Kami

Pasti akan tampil sebuah halaman berisi bahwa “Tidak dapat mengakses produk Google” seperti dibawah ini:

Akun Youtube ditangguhkan

Keterangan;

  1. Isi dengan alamat email yang Anda gunakan untuk login ke produk Google
  2. Isi dengan alamat email lain yang Anda miliki sehingga google bisa mengirimkan konfirmasi dari apa yang Anda ajukan
  3. Penjelasan = Isi dengan permohonan agar akun Youtube Anda dipulihkan atau dikembalikan
  4. Klik tombol kirim
  5. Berikutnya Anda tinggal menunggu konfirmasi dari Google, biasaya 1×24 jam langsung ada balasan.
Baca Juga:  Kursus Membuat Toko Online Professional GRATIS

Menurut pengalaman saya, bagian terpenting dari form ini adalah pada kolom penjelasan. Silahkan dimaksimalkan, utarakan keinginan Anda agar akun dikembalikan. Meski merasa tidak melakukan kesalahan, bersikaplah seolah-olah Anda melakukan kesalahan dan memohon maaf serta tidak akan mengulangi kesalahan tersebut.

Isi kolom ini sebagus mungkin, manfaatkan 1000 karakter yang diberikan, bayangkan saja Anda sedang meminta maaf kepada pasangan Anda, rayu dia agar mau memaafkan Anda.

Jika Anda mendapatkan email balasan seperti ini;

Screenshot_4

Itu artinya Google menolak permohonan Anda.

Tidak perlu khawatir dulu apalagi sampai menyerah. Jika Anda mencintai gadis yang Anda inginkan tapi ditolak saat pertama melamar apa yang Anda lakukan? Menyerah? Jika menyerah maka Anda tak akan pernah mendapatkannya. Terus berusaha!

Ke esokan harinya, atau selang beberapa hari silahkan ajukan lagi permohonan yang sama, perbaiki kata-kata dikolom penjelasan.

Contoh yang pernah saya ajukan:

Dengan ini saya memohon maaf sebesar-besarnya kepada pihak google karna melanggar kebijakan komunitas, saya memohon kepada pihak google untuk memperbaiki kesalahan ini. Saya berjanji tidak akan melakukan hal yang sama dikemudian hari. Saya sangat membutuhkan channel saya kembali, karna ada konten didalamnya yang sangat saya dan komunitas saya butuhkan. Saya memohon sangat kebaikan hati pihak google agar kedepan saya bisa memperbaiki kesalahan yang telah saya lakukan, channel tersebut sangat berarti bagi saya, keluarga dan komunitas saya. Sekali lagi saya meminta kepada pihak google untuk mengembalikan channel saya agar kedepan saya bisa memperbaiki kesalahan yang telah saya perbuat. Saya berjanji akan mematuhi semua kebijakan komunitas dan tak akan pernah mengulangi kesalahan yang sama dikemudian hari, mohon bantu saya mendapatkan kembali channel saya. Terima kasih atas kebaikan google.

Baca juga: Cara Menghasilkan $100 Rutin Tiap Bulan dari Google Adsense Youtube dan Blog 

Baca Juga:  Cara Menjadwal Postingan Blog Wordpress

Atau untuk urusan mengembalikan akun youtube yang ditangguhkan ini teman-teman bisa menggunakan kata-kata seperti berikut;

Mohon bantuan dari pihak google untuk mengembalikan akun saya [ISIS URL alamat Youtubenya] . Saya mendapati bahwa akun saya tersebut telah digunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan aktivitas spam.

Saya sendiri sebagai pemilik [ISIS URL alamat Youtubenya] tidak pernah melakukan hal tersebut. Akun tersebut diretas oleh orang lain dan dimanfaatkan untuk kepentingannya.

Mohon sangat bantuan dari google untuk mengembalikan akun tersebut dan saya berjanji akan menjaga dengan sangat baik akun tersebut dan berjanji tidak akan melanggar ketentuan yang telah ditetepkan oleh pihak google.

Mohon bantu saya karena akun tersebut sangat berarti bagi saya dan komunitas saya. Karna video didalamnya sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Saya menangis jika akun tersebut tidak dikembalin.

Your Partner
[Nama Anda]

Kalau diterjemahkan kedalam bahasa Inggris kurang lebih seperti ini;

Kindly help from google to restore my account [ISIS URL alamat Youtubenya] . I found that my account had been used by others who are not responsible for spam activity.

I myself as the owner [ISIS URL alamat Youtubenya]  never do that. The account has been hacked by someone else and used to substantiate it.

We are very help of google to restore the account and I promise I will keep very well the account and promised not to violate the provisions that have been adopted by the parties google.

Please help me because the account means a lot to me and my community. Because the video in it is needed by many people. I cry if the account is not restored. Please Help Me….

Your Partner
[Nama Anda]

Note:

Jangan meniru 100% atau copy paste kata-kata diatas, karna pihak google tidak hanya robot, tapi manusia juga ada yang melakukan pengecekan, google tidak suka duplikasi. Intinya, mengakulah bersalah, jelaskan mengapa google harus mengembalikan akun tersebut dan berjanjilah untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Baca Juga:  Melihat Fungsi Screen Option Di Wordpress

Lantas, apakah dengan pengajuan tersebut berhasil mengembalikan atau memulihkan akun youtube yang di tangguhkan?

Belum tentu, ini semua tergantung tingkat pelanggaran dan kebijakan dari pihak Google.

Tapi dengan cara ini, akun saya yang ditangguhkan akhirnya bisa kembali lagi.

Lihat balasan Google dibawah ini;

akun youtube ditangguhkan

Atau seperti dibawah ini;

Pertanyaan: Apakah Saldo yang Sudah Sebelum Akun ditangguhkan akan hilang?

Jawab: Berdasarkan pengalaman, saldo yang sudah ada pada akun youtube kita akan dikembalikan oleh youtube langsung ke akun google adsense kita setelah akun kita yang disuspend oleh google dipulihkan atau dikembalikan.

Salah satu hal penting yang harus teman-teman perhatikan agar tidak kena penangguhan atau suspend oleh youtube adalah penggunaan audio atau musik. Gunakanlah audio atau musik yang sudah disediakan oleh youtube. Download GRATIS musik tersebut di: http://www.musthafa.net/youtube-free-audio/

Demikian Cara Mengembalikan atau Memulihkan Akun Youtube yang Ditangguhkan. Semoga bermanfaat. Baca juga: Memahami Masalah Hak Cipta Youtube Agar Bebas dari Ditangguhkan.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Show More

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

48 thoughts on “Cara Mengembalikan atau Memulihkan Akun Youtube yang Ditangguhkan”

  1. masalah yang sama mas dengan saya, entah kenapa saya juga gatau..apakah membuat 2 chanel dengan data nomor hp yang sama? berpengaruh akun utama saya di tangguhkan

    1. sepertinya tidak ada hubungan dengn hp mas, tapi memang lebih baik jika ingin aman, jangan buat channel di akun utama, sehingga klo di ban masih bisa bikin channel baru….klo kena ban akun utama maka semua channel hilang.

      tapi lebih bagus lagi kalau mulai membuat video karya sendiri…ya…walau pun pelan-pelan tapi gak bikin deg-degan, dan klo kena ban kta punya alasan untuk ajukan banding…

      1. sepertinya tidak ada hubungan dengn hp mas, tapi memang lebih baik jika ingin aman, jangan buat channel di akun utama, sehingga klo di ban masih bisa bikin channel baru….klo kena ban akun utama maka semua channel hilang. <<< maksudnya gimana nih bang ? apa ketika buat akun email dan jangan buat channel di akun gmail dan langsung buat channel bisnis nya kah?

  2. saya juga terkena penangguhan 🙁 saya sudah mengajukan banding. mudah mudahan balasannya membuat hati senang. amin

  3. COmment nya pake bahasa indonesia bisa ya bang ?karna tadi malam balsan dei youtube menolak utk banding saya.mohon balasannya.terima kasih

  4. Bang youtube saya monetisasinya gk muncul tandanya tp di akun adsense saya masih aktif. kolom monetisasinya juga gk ada..?? mohon solusinya bang?>

  5. 🙁
    Saya jg nih kena penangguhan
    Rasanya tuh bikin frustrasi utk berkarya d youtube lg.

    Yaa semoga aja dgn cara mas mustha akun sy bs kembali dan sy bs kembali berkarya lg, amin..
    Thx mas tutor nya

    1. Hehehehe…gak perlu frustasi mas, anggap saja ini bisnis, ketika gagal harus coba lagi meski ngulang dari awal….semua bisnis pasti ada resikonya dan resiko bisnis di youtube ya penangguhan, solusinya, langsung bikin channel baru saja dan ikuti semua peraturan youtube. Amin,,,semoga segera bisa kembali….

  6. Barusan kena suspend 🙁 . Sudah banding semogga bisa dikembalikan, kak mau tanya misalkan ga dibalikkin channelnya itu apa yang harus dilakukan ? terimaksih sebelumnya

  7. sama mas saya udah banding sampai 3 kali tapi tetep belum aktif lagi channelnya semoga dengan cara ini akun youtubenya bisa aktif lagi

  8. punya saya juga kena suspend euyy, tpi udh 2 kali mengajukan banding ko blm ada balesan ya, apa memang sudah di non aktifkan atau gmna, entahlahhh saya tdk dapat berfikir gaiiissss… 🙁
    apakah misal punya 3 channel dan yg satu nya kena teguran itu yg 2 nya akan ke hapus jg mas?
    mohon pencerahan mastahh….

    1. terus dicoba mas…dan langsung bikin baru serta ikuti semua aturan youtube…

      3 channel? klo yang diban channel utama dan 2 channel lagi ada dibawahnya maka semua hilang, tapi kalo yg diban channel dibawah, maka channel utama dan 1 lagi tetap hidup.

      Saran, buat 1 channel dengan 1 email…

  9. setiap bikin channel youtube selalu hilang setelah berusia 1-2 minggu tanpa ada pemberitahuan ke email, kira-kira penyebabnya apa ya? untuk diketahui saya sudah mencoba membuat email baru, adsense baru tapi tetep channel nya dihapus dalam rentang waktu 1-2 minggu

    1. Bisa jadi karna saat buat channel baru langsung upload masal ato banyak video lalu langsung monitize. Untuk pertama, upload dulu maksimal 4 atau 5 video original, lalu biarkan 2 ampe 4 minggu baru di monitize…

  10. Mas saya sudah buat 4 email dan total ada 6 channel, dan semuanya di tangguhkan, ini saya buat lagi. Yg terakhir tiba tiba akun saya ditangguhkan tanpa ada pemberitahuan. Apa mungkin karena saya login di PC dan 2 HP ya mas? Hari ini sudah upload 8 video tp terkena hak cipta 4 video, videonya tidak saya hapus cuma saya ganti menjadi pribadi. Mulai ditangguhkan setelah login di hp. Tolong informasi nya mas, terimakasih

  11. Kak, akun saya baru saja kena suspend. saya mau tanya, kalo udah di suspend, untuk penghasilan bulan terkait akan ditambahkan ke adsense nya apa nggak?

  12. sama mas acount saya juga di suspand, mengajukan banding tapi ditolak trus adensenya masih aktif itu adensenya apa masih bisa dipakai untuk acount yutube baru ga mas?

    1. yang di ban akun adsense atau youtube nya? klo adsense berrti sudah tidak bisa dipake…klo youtbe, tinggal bikin youtube baru lalu kaitkan lagi dengn adsense yg sudah ada….

  13. Ternyata bukan saya aja ya yang kena, mungkin sambil nunggu balik chanelnya kita bisa buat chanel lain ya bang…dengan email fres lain juga.

  14. Saran bae bagi youtuber, untuk yang membuat akun di 2016 desember – 2017+ akan dilakukan pemantauan ketat oleh google. Jika video tersebut bukan hasil karya sendiri bisa kena ban dan yang bermasalah dengan copyright saya sarankan upload di channel testing untuk mengecek copyrightnya, jangan di channel agan, dan jangan sampai satupun video agan kena copyright (usahakan di hapus sebelum kena pantul).
    Saran lain, beli akun google 2 tahun sebelumnya atau 3 tahun, aman dari pantul dan copyright.

  15. saya sudah mengajukan banding mas tapi kenapa tidak ada balasan sama sekali?

  16. Gan,, Akun saya juga mengalami Hal yang sama…

    Tapi masalahnya semua Channel yang adalah di dalam Akun saya ikut di Banned… Tapi Google Adsense nya masi aktif gan….

    Sekarang saya sudah ajukan banding ke pihak Google gan..

    Gimana gugatan saya di tolak gan…??
    Bagaimana saya bisa menggunakan Akun Adsense yang masi Aktif itu..
    Tolong penjelasannya gan..

    1. Kalo yg di banned akun utama, maka semua akun akan kena…maka sangat disarankan 1 akun 1 channel ato akun utama tidk diisi video yg jelas melanggar..

      gugatan tergantung tingkat pelanggaran, klo hak cipta akan sangat sulit, tapi bisa terus dicoba saja,,,,

      akun adsense yg aktif bisa langsung dikaitkan dengan channel youtube lain yang masih ada, klo gak ada, buat channel baru dan setelah ada beberapa video baru dikaitkan dengan adsense. semoga terbantu….

  17. sudah mengajukan banding berkali-kali tapi tidak pernah mendapat email balasan, itu gimana ya?

    1. Tidak ada cara selain bersabar dan terus mencoba, karna tergantung tingkat pelanggarana….

      Sambil menunggu bisa dengan membuat channel baru

      1. mas bagaimana san tahu URL nya kalau ke akun youtube nya tidk bisa di buka lgi

        1. bisa cek di browser yg sering digunakan mas, ketik aja: youtube.com/c/ biasanya akan muncul akun kita yg sering kita buka….

          Tapi klo sudah dibersihkkan browsernya bisa pake link page google plus yg dipakai untuk channel YT nya……

  18. mastah , akun utama ane baru saja kena penangguhan ..udah kirim banding .kira” masi bisa balik lg ga ya akunnya ?

  19. Mohon maaf mas, mau tanya akun saya baru saja terkena suspend, kemudian saya ajukan banding dengan kalimat yang mas post. selang beberapa detik dibalas dengan seperti ini.

    Halo,

    Kami telah menerima pengajuan banding atas penangguhan akun Anda, dan akan menghubungi Anda lagi secepatnya.

    Hormat kami,

    Tim YouTube

    Maksud dari balasan itu apa ya mas?? maaf mas masih awam 🙁

    1. itu artinya menunggu mas, silahkan tunggu sampai ada konfirmasi berikutnya dari youtube tentang pengajuan banding…

  20. mas musthafa izin bertanya, akun youtube saya ditangguhkan dan tidak bisa masuk ke youtube, dengan pemberitahuan dari email bahwa saya “melanggar Pedoman Komunitas kami, yang melarang spam, penipuan atau iklan yang menipu”…
    apakan ini karna nama chanel saya di rubah ke nama oang lain?(merubah nama saat mndaftar gmail. namaun beberapa mggu sblm nya baik@2 saja, apa krena masuk akun dg 1 laptop )
    apakah dapat balik kembali, berapa lamanya…
    dan ini tiba2 lsg logout semua gmail dan youtube nya.
    terimakasih.

    1. sepertinya bukan karena itu mas, coba cek hal lain….

      tergantung pihak youtubenya mas, ada yang cepat ada yang lama, salah satu akun saya malah pernah 3 bulan di ban baru balik….kasusnya sama seperti diatas, dianggap spam dll…

      klo channel di ban memang akun gmail kita akan langsung logout otomatis….

  21. oia mas sebelumnya saya mengcopy paste link youtube saya di facebook, dikoment2 orang facebook, dengan berulang kali,sehingga dari ada peringatan dari facebook bahwa itu tdk dpt dilakukan karena mengirimkan link atau secara berulang2 dan itu di anggap spam,,, itu peringatan di facebook, namun tdk lama lgi youtube saya pun ter-band.
    kmarin sdh kirim surat, tpi sdh 24jam blm ada blasan.

    1. Yupz, itu termasuk aktifitas Spam menurut youtube mas, usahakan jika ingin share bisa langsung dengan klik tombol share yang ada di youtube dan hanya dilakukan 1 kali untuk 1 video…

  22. Mas beberapa hari yang lalu akun saya di tangguhkan dan saya sudah memohon dan kata pihak youtube akun saya sudah aktif kok mau log in ngak bisa mohon bantuannya untuk penjelasan

  23. bang…akun saya di tangguhkan karena saya mengambil video orang dan telah di laporkan sebanyak 3 kali…dan bisakah saya mendapatkannya kembali?

  24. mas saya mau bertanya….
    akun saya baru saja di tangguhkan dan saat saya meng klik “hubungi kami” itu tidah bisa di klik,
    apa solusinya mas…?
    mohon bantuannya

  25. Saya baru mengalami penangguhan channel om, semoga dengan informasi di atas dapat dipulihkan kembali channel kesayangan saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close