Monday , March 27 2017
Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3

Cara Menjauhkan Anak dari Nonton TV ! Cari Tahu Disini

Televisi memang menjadi salah satu media informasi yang saat ini banyak digunakan, setidaknya setiap rumah pasti memiliki satu buah TV atau bahkan lebih. Televisi membuat kita bisa menonton dan mendengar segala yang ditayangkan, hal ini menjadikan seseorang bisa terhibur bahkan sampai kecanduan menonton TV tidak terkecuali anak-anak.

Ciri-ciri anak yang kecanduan nonton TV yaitu selalu ingin menonton TV setiap waktu selama tidak ada kegiatan, menirukan tingkah laku dan gaya tokoh kesukaan di televisi. Sangat penting bagi orang tua selalu memantau dan menemani anak saat menonton TV, hal ini dikarenakan tidak semua tayangan di Televisi itu mendidik atau bisa ditonton oleh anak-anak.

Selain menonton televisi sebenarnya masih banyak yang dapat dilakukan oleh anak-anak untuk pembelajaran dan juga mengembangkan potensi yang dimiliki anak tersebut. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar Cara Menjauhkan Anak dari Nonton TV, selengkapnya simak dalam ulasan berikut.

Cara Menjauhkan Anak dari Nonton TV

Ajak Anak Melakukan Kegiatan Outdoor

Salah satu cara menjauhkan anak dari nonton TV yang pertama yaitu dengan megajak sang buah hati melakukan kegiatan outdoor atau diluar ruangan. Dengan melakukan kegiatan outdoor seperti aktifitas fisik, selain membuat anak bisa move-on dari nonton TV juga akan membuat anak semakin sehat. Anak-anak bisa bermain diluar ruangan sesuai keinginan mereka, seperti bermain bola, futsal atau lari-larian bersama teman-teman.

Ubahlah Pola Asuh Anak

Anak kecanduan nonton TV bisa jadi karena kesalahan orang tua dalam mengasuh, hal ini mungkin tidak disadari oleh setiap orang tua. Banyak kesalahan atau hal kecil yang tidak disadari orang tua dalam mengasuh anak seperti menyuruh anak nonton TV saat orang tua sedang sibuk mengerjakan pekerjaan rumah, mengajak anak menonton TV saat anak sedang menangis ataupun nonton TV sambil makan. Pola asuh yang salah ini secara tidak langsung akan membuat Anak bisa kecanduan Nonton TV. Untuk mengatasi hal ini rubahlan pola asuh Anda terhadap anak mulai dari sekarang.

Baca Juga:  Fakta Menggelitik Tentang Pernikahan

Batasi Acara TV yang Ditonton Anak

Cara Menjauhkan Anak dari Nonton TV
quardian.com

 

Karena tidak semua acara baik untuk ditonton anak-anak, maka sebaiknya Anda mengambil tindakan yaitu dengan membatasi acara TV yang bisa ditonton. Anda dapat melakukan ini dengan cara baik-baik, bukan dengan cara memarahi anak Anda. Anda dapat menanyakan serial TV apa yang paling disukai oleh anak Anda, dengan begitu Anda bisa membatasi waktu nonton TV Anda.

Temukan Hal Menarik Lain Untuk Anak Anda

Ketika anak-anak mulai kecanduan nonton TV, bisa jadi karena anak tersebut tidak memiliki kegiatan lain yang menarik untuk dilakukan. Di sini peran orang tua sangat dibutuhkan, para orang tua harus tahu hal-hal apa saja yang disukai oleh anak-anak sehingga bisa mengalihkan anak dari nonton TV. Bisa saja Anda mengajarkan anak membuat kerajinan, menggambar atau bahkan memasak masakan yang simple seperti membuat kue.

Baca juga: Haru, Anak Usia 6 Tahun Nasehati Orang Tuanya Tentang Perceraian

Mendukung Hobi Anak

Anda tidak bisa membatasi hobi anak Anda dengan mengekang segala aktifitas yang dilakukan. Semisal anak hobi bermain sepak bola, maka Anda harus mendukungnya dengan menemani anak Anda atau bahkan ikut bermain bersama. Perlu diketahui hobi anak bisa menjadi salah satu cara jitu menjauhkan anak dari nonton tv.

Demikian tadi informasi yang dapat saya sampaika mengenai Cara Menjauhkan Anak dari Nonton TV, semoga bermanfaat.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

About Laili Aprilia

"hai saya lili, penulis yang ingin berbagi informasi kepada Anda lewat tulisan", semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *