Bisnis dan Keuangan

Cara Mudah Jadi Freelancer

Sebelumnya sudah pada tau kan apa itu freelancer? Freelancer adalah semacam sebuah profesi yang hanya bekerja saat ada tawaran pekerjaan. Biasanya seorang freelancer punya sangat banyak waktu luang, karena pekerjaannya tidak terikat dengan siapapun.

Dan pastinya seorang freelancer adalah orang yang punya keahlian khusus dibidang tertentu seperti desain grafis, desain interior exterior, menulis dan lain-lainnya. Intinya adalah keahlian khusus yang terkadang jarang dimiliki oleh orang lain.

Menjadi seorang freelancer punya banyak keuntungan, selain tidak terikat dengan waktu, penghasilan yang didapatkan juga bisa berlimpah jika sedang banyak pesanan pekerjaan. Tapi yang namanya mengerjakan pekerjaan orang lain tentu saja kita harus memberikan pelayanan yang memuaskan agar nantinya ia kembali memakai jasa kita.

Berikut beberapa langkah atau cara mundah untuk menjadi seorang Freelancer

Percaya diri penuh

Menurut saya, ini adalah hal wajib bagi seseorang yang ingin menjadi freelancer. Ia harus percaya akan kemampuan yang ia miliki. Tidak boleh merasa minder dengan karya-karyanya sendiri jika dibandingkan dengan karya orang lain. Harus menganggap karyanya adalah karya terbaik. Tapi bukan berarti harus sombong.

Selalu Mengasah kemampuan.

Zaman terus berkembang, potensi yang ada juga harus selalu diasah, jangan pernah bosan atau lelah untuk terus belajar kepada siapapun yang kita anggap mumpuni dibidang yang kita minati.

Kenali Keahlian Diri

Seorang freelancer wajib punya keahlian tententu, karna keahlian itulah yang nantinya akan dijual sehinggal menghasilkan banyak pendapatan. Contonya, Desainer Web, Desainer Bangunan, Fotografi dan lain-lain. Saya sendiri saat ini menjadi Freelancer di: Jasa Desain dan Layout Buku.

Buat Portofolio Terbaik Anda.

Portofolio atau kumpulan hasil karya adalah sangat penting saat Anda mulai menjual jasa Anda. Disini pelanggan atau calon konsumen akan memutuskan untuk memakai jasa Anda atau tidak setelah melihat hasil-hasil yang pernah Anda kerjakan. Maka pilihlah hasil-hasil terbaik dari karya yang pernah Anda buat. Saya sendri punya portofolio yang bisa dilihat disini

Baca Juga:  5 Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan ! Cek Yuk

Riset Pasar

Untuk bisa melawan pasar, maka kita harus merisetnya lebih dulu. Hal ini bisa kita lakukan dengan mencari beberapa referensi dibidang yang kita geluti. Lakukanlah sedikit penelaahan kepada siapa kita akan memasarkan jasa kita, apa yang paling banyak dibutuhkan orang yang berkenaan dengan jasa kita, seberapa besar harga jasa yang kita tawarkan

Mulai Jual Diri

Menjual diri yang saya maksudkan disini adalah Anda harus memberitahukan semua orang tentang jasa yang sedang Anda jual. Karena faktanya, banyak freelancer pemula justru mendapatkan pelanggan dari teman dekat, sahabat, klub yang diikutinya bahkan ada yang mendapatkannya dari mantan bos tempat ia bekerja sebelumnya.

Manfaatkan Peluang Online

Saat ini sudah sangat banyak peluang untuk para freelancer di media online, ketik saja di mesin pencarian ‘Freelancer’ makan akan keluar banyak sekali peluang. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Anda bisa kunjungi www.freelancer.com atau www.freelancer.co.id untuk lebih mudahnya.

Online kan Jasa 

Perkembangan dunia Internet saat ini mewajibkan para freelancer juga bersaing didunia ini. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melalukan hal ini. Selain gratis, ini juga mampu membawa Anda kepada calon pelanggan potensial Anda. Saya juga menyarankan Anda untuk membuat sebuah blog yang bisa membantu Anda menjaring calon pelanggan Anda.

Demikian sedikit tentang Cara Mudah Jadi Freelancer. Baca juga Cara Kirim Foto Dapat Duit.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker