Ekonomi Islam

Hubungan Kausalitas Antara Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Hubungan Kausalitas Antara Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi | Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses peningkatan pendapatan perkapita maupun pendapatan total suatu negara dengan memperhitungkan pertumbuhan penduduk, perubahan fundamental pada struktur ekonomi, dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.

Sedangkan Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu ukuran kuantitatif atau proses peningkatan kapasitas produksi yang diwujudkan dengan peningkatan pendapatan nasional dalam suatu tahun tertentu.

Pembangunan ekonomi sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi. Pembangunan ekonomi akan selalu mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi.

Hubungan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi saling berkaitan satu sama lain, pembangunan ekonomi sangat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi Indonesia, Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.

Perbedannya kedua permasalahan diatas yaitu dalam  pertumbuhan ekonomi keberhasilannya lebih bersifat kuantitatif, yaitu adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan, sedangkan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif, bukan hanya pertambahan produksi, tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input pada berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembaga, pengetahuan, sosial dan teknik.

Dalam pertumbuhan ekonomi yang bersinggungan dengan pengeluaran pemerintah misalnya, akan berlaku hubungan kausalitas satu arah  dimana pertumbuhan ekonomi mempengaruhi pengeluaran pemerintah sesuai dengan hukum Wagner yang menyatakan bahwa perkembangan pengeluaran pemerintah terjadi seiring dengan meningkatnya perekonomian.

Hal ini dapat terjadi karena pengeluaran pemerintah digunakan sebagai alat atau kebijakan penyeimbang (countercyclical) untuk menanggapi perkembangan ataupun siklus perekonomian yang terjadi.

Maka untuk mendukung perekonomian yang terus berkembang, perhatian pemerintah harus difokuskan kepada administrasi pemerintah untuk membentuk, pusat pemerintahan yang lebih kuat dalam mengelola proses kebijakan dan menyelesaikan konflik kebijakan, birokrasi yang lebih ramping demi terwujudnya peningkatan akuntabilitas, peningkatan pengelolaan strategis sumber daya manusia pada administrasi pemerintahan, tata cara perencanaan dan penganggaran yang lebih baik demi peningkatan realisasi belanja pemerintah karna hal ini sanga berperan dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Baca Juga:  Ini Dia 5 Perbedaan Antara Bank Konvensional dan Bank Syariah

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker