Bisnis dan Keuangan

Ingin Memulai Bisnis Waralaba ? Intip Yuk…Tips Memilih Bisnis Waralaba Berikut

Memilih Bisnis Waralaba – Bisnis Waralaba merupakan sebuah peluang bisnis yang sangat cocok untuk pemula dalam merintis karirnya sebagai pengusaha. Dengan memilih bisnis waralaba, Anda tidak perlu repot lagi dengan masalah produk dan sistem pengelolaannya, semua sudah dikendalikan dan diatur oleh pemilik waralaba. Bahasa kerennya, bisnis waralaba sering juga disebut Franchise.

Bisnis waralaba pun bisa menjadi batu loncatan bagi Anda untuk mengembangkan produk sendiri nantinya. Pastinya dengan benar-benar mempelajari sistem dan pengelolaan produk waralaba yang Anda pilih. Setelah kontrak waralaba selesai, Anda bisa membuat bisnis sendiri dengan nama Anda sendiri berdasarkan apa yang telah Anda pelajari selama bergabung bersama bisnis waralaba.

Meski demikian dalam praktiknya bisnis waralaba gampang-gampang susah. Sebelum memulai bisnis warlaba, Anda harus pintar dan juga teliti saat Memilih Bisnis Waralaba. Ciri Bisnis Waralaba yang baik adalah waralaba yang produknya selalu dibutuhkan dan dicari orang setiap hari serta berpeluang tidak akan pernah ada habisnya dalam artian selalu ada peminatnya. Diantara jenis Waralaba tersebut seperti waralaba makanan, minuman, pendidikan, bengkel dan juga salon serta jasa service lain.

Saat ini di Indonesia terdapat banyak Bisnis Waralaba, mulai dari Waralaba yang membutuhkan modal besar dan kecil bahkan ada waralaba yang bermodal kecil namun tetap untung besar. Berikut beberapa informasi seputar Tips Memilih Bisnis Waralaba yang baik, untuk lebih jelasnya langsung saja simak uraian berikut.

waralaba salon
Waralaba Salon Aliya, Sumber foto: Tabloid Kontan

Tips Memilih Bisnis Waralaba

  1. Memilih Bisnis Waralaba dengan Izin Legal

Legalitas usaha ini menjadi salah satu syarat utama untuk kelancaran Bisnis Waralaba kita di masa mendatang agar tidak sampai terjadi gulung tikar karena ada masalah mengenai perizinan. Bisnis Waralaba harus mempunyai izin usaha yang legal, bisnis jelas dan juga produk yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga:  Solusi Memulai Bisnis Online Tanpa Website
  1. Kredibilitas

Saat hendak memilih Bisnis Waralaba, maka kita harus mencari bisnis waralaba yang sudah memiliki nama dan dikenal oleh masyarakat, hal ini dikarenakan citra produk sangat penting untuk menarik perhatian konsumen sehingga kedepannya kita akan mudah mendapatkan dan meyakinkan konsumen. Jangan sembarang memilih waralaba hanya karena modal kecil, perhatikan baik-baik kredibilitas dari pemilik waralaba. Jangan sampai waralaba yang Anda beli justru ditinggalkan konsumen saat masa tertentu.

  1. Pelajari Produk yang Dijual Waralaba

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda Memilih Bisnis Waralaba yaitu harus mempelajari produk yang dijual oleh Waralaba tersebut. Kita harus bisa menilai apakah peminat atau konsumen produk waralaba tersebut masih banyak ataukah tidak. Disini kita dituntut untuk bisa menilai sebuah peluang sehingga kedepannya Bisnis Waralaba kita tetap berjalan dan mendapat keuntungan.

  1. Profitabilitas

Setelah kita mempelajari dan menganalisa produk waralaba tersebut, maka kita harus yakin bahwa Bisnis Waralaba yang kita jalankan nantinya benar-benar memberikan profit bagi kita. Untuk itu, sistem waralaba yang diberikan oleh pemiliknya harus benar-benar kita pelajari dengan baik sehinggi bisa dengan mudah kita kembangkan. Kita tidak boleh merasa puas dan harus selalu berusaha untuk mengembangkan Bisnis Waralaba kita.

  1. Tempat Strategis

Tempat yang strategis untuk memulai Bisnis Waralaba akan sangat menguntungkan bagi kita karena kita juga tidak akan susah mendapatkan konsumen. Tempat strategis disini yaitu disesuaikan dengan bisnis waralaba yang dijalankan (jangan sampai salah tempat). Lokasi yang strategis biasanya berada ditempat yang banyak lalu lalang orang seperti, kampus, perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit san lain sebagainya.

  1. Pilih Waralaba yang Sudah Berpengalaman

Yang tidak kalah penting sebelum kita Memilih Bisnis Waralaba yaitu kita harus mencari Bisnis Waralaba yang sudah berpengalaman minimal 5 tahun menjalankan bisnis tersebut. Di usia bisnis yang sudah lebih dari 5 tahun biasanya sebuah waralaba sudah terlihat kekuatan cashflow dan manajemennya serta yang paling penting, waralaba tersebut sudah mengalami berbagai macam siklus bisnis.

Baca Juga:  9 Hal Penting Agar Sukses Menjual

Salah satu kunci untuk sukses menjalankan Bisnis Waralaba adalah kita harus percaya dengan bisnis yang kita jalankan serta harus konsisten dalam menjalankan Bisnis Waralaba. Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan seputar  Tips Memilih Bisnis Waralaba, semoga ulasan tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk Anda dalam Memilih Bisnis Waralaba.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker