Ekonomi Islam

9 Negara Dengan Perkembangan Bank Syariah Terbaik di Dunia

9 Negara Dengan Perkembangan Bank Syariah Terbaik di Dunia| Perkembangan bank syariah dewasa ini semakin meningkat, hal ini karna munculnya kesadaran masyarakat akan suatu sistem yang adil dan transparan.

Bank Syariah sendiri merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang dalam menjalankan usaha atau bisnisnya selalu mengedepankan prinsip-prinsip yang sesuai dengan syariat Islam.

Berikut adalah 7 negara dengan perkembangan Bank Syariah terbaik di dunia;

1. Pakistan

Pakistan merupakan salah satu negara yang menjadi pelopor lahirnya perbankan syariah diera tahun 1979. Perkembangan bank syariah di negara ini terbilang sangat pesat, pada awal munculnya, Pakistan menghapus sistem bunga pada perbankan dan kemudian menggantinya dengan sistem syariah yang diawali dengan mensosialisasikan skema pinjaman tanpa bunga kepada para petani dan nelayan.

Sejak tahun 1985, Pakista remi mengkonversi seluruh sistem perbankan konvensionalnya dengan sistem baru yaitu sistem perbankan syariah. Maka Pakistan menjadi negara dengan aset syariah terbesar di dunia.

2. Mesir

Faisal Islamic Bank adalah bank syariah pertama yang lahir di Mesir. Baru kemudian seiring perkembangan bank syariah di negara ini muncul bank-bank syariah lain seperti Islamic International Bank for Investment and Development yang beroperasi menggunakan instrumen keuangan Islam dan menyediakan jariangan yang luas.

3. Siprus 

Negara Republik Siprus adalah sebuah negara pulau di Laut Tengah bagian timur, sekitar 113 kilo meter di sebelah selatan Turki dan 120 kilo meter di sebelah barat Suriah dan ber ibukota Lefkosia.

Faisal Islamic Bank of Kibris (Siprus) tercatat sebagai bank syariah yang berdiri di negara ini dan berhasil melakukan pembiayaan mudharabah senilai TL 459 juta (mata uang Turkey Lira) hanya dalam 10 beroperasi.

Baca Juga:  Struktur Pasar dan Fungsi Pasar dalam Sistem Ekonomi Islam

Bank ini juga melaksanakan pembiayaan dengan skema musyarakah dan mudharabah dengan tingkat keuntungan yang bersaing dengan bank non syariah. Kehadiran bank ini telah menggerakkan rakyat Siprus untuk menabung.

Strategy yang dilakukan bank ini adalah dengan mendatangi desa-desa, pabrik-pabrik dan sekolah dengan menggunakan kantor kas (mobil) keliling untuk mengumpulkan tabungan masyarakat.

4. Kuwait

Kuwait Finance House adalah salah satu lembaga keuangan yang menerapkan sistem tanpa bunga di negara Kuwait. Lembaga keuangan ini memiliki banyak cabang dengan pertumbuhan yang sangat cepat di Kuwait.

5. Bahrain

Dengan jumlah penduduk hanya 1.332 juta jiwa yang mayoritas Muslim, Bahrain merupakan salah satu negara yang perkembangan bank syariah nya cukup bagus. Negara ini pun dijuluki dengan Off-Shore Banking Heaven terbesar di Timur Tengah.

6. Uni Emirat Arab

Dubai Islamic Bank merupakan salah satu bank yang ikut mempelopori perkembangan bank syariah di dunia. Sejak didirikan pada tahun 1975, bank ini melakukan investasinya dibidang perumahan, proyek industri dan aktivitas komersil lainnya.

Selama bertahun-tahun, nasabah Dumai Islamic Bank selalu memperoleh keuntungan yang lebih baik dibandingkan dengan bank konvensinal.

7.  Malaysia

Bank Islam Malaysia Berhad adalah bank pertama yang berdiri dikawana Asia Tenggara. 30% modal yang dimiliki bank ini ketika awal berdiri adalah milik pemerinta federal. Saat ini BIMB telah memiliki lebih dari 70 kantor cabang yang tersebar diseluruh Indonesia.

Di Malaysia, pemerintah juga memperkenankan kepada bank-bank konvensional untuk memberikan layanan syariah kepada para nasabahnya

8. Iran

Perkembangan Bank Syariah di negara ini diawali seiring dengan masa revolusi Islam yang dipimpin oleh Ayatullah Khoemaini pada tahun 1979 dan semakin berkembang diera tahun 1980. Salah satu alasan yang membuat perkembangan bank syariah di negara Iran adalah karena seluruh aktifitas perbankan syariahnya didukung dan dikontrol penuh oleh pemerintah.

Baca Juga:  Seperti Apa Manfaat Asuransi Syariah? Simak Penjelasan Berikut oleh Dr. Adiwarman Azwar Karim, MBA, MAEP

Seluruh sistem perbankan yang ada di Iran sejak dikeluarkannya Undang-Undang Perbankan Islam pada tahun 1983 berubah menjadi sistem perbankan syariah.

9. Turki

Meski pada sejak lahirnya negara Turki menganut sistem sekuler, tapi Turki termasuk dalam negara-negara awal yang menerapkan sistem perbankan syariah. Turki memiliki bank bank syariah sejak diberikan nya izin kepada Daar al-Maal al-Islam (DMI) untuk mendirikan bank yang beroperasi dengan sistem bagi hasil.

Selain bank syariah, negara ini juga memiliki  ratusan bahkan ribuan lembaga wakaf yang memberikan fasilitas pinjaman dan bantuan kepada masyarakat.

Itu dia 9 Negara dengan perkembangan bank syariah terbaik di dunia. Indonesia sendiri termasuk didalamnya, tapi akan kita bahas pada kesempatan lain ya…

 

 

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags
Show More

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker