Tuesday , May 30 2017
Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3

Membangun Mental Entrepreneurship (Wirausaha)

Membangun Mental Entrepreneurship (Wirausaha) | Entrepreneurship atau dalam bahasa Indonesia disebut kewirausahaan merupakan sebuah jiwa berlepas diri dari hal-hal yang mengekang, artinya, seorang wirausaha bebas melakukan apapun yang ia kehendaki dengan resiko dan masalah harus ia pikul sendiri.

Sebagai sebuah negara yang sedang berkembang, saat ini Indonesia sedang menggalakkan pengembangan wirausaha yang didukung dengan adanya pembiayaan atau pendanaan modal mikro untuk usaha UMKM. Ini menjadi kesempatan bagus bagi siapapun yang ingin mempunyai usaha namun belum memiliki modal. Baca juga: Peluang Usaha Jasa Yang Layak Anda Jalani Saat Ini

Namun, bagi kita yang belum pernah menekuni dunia wirausaha, akan terasa sulit untuk memulai, apalagi bagi kita yang basicnya adalah karyawan yang bekerja berdasar rule dan gaji yang pasti. Kemungkinan kita akan mengalami dilema karena penghasilan wirausaha tidaklah pasti dan juga mengandung banyak risiko.

Risiko ini dapat menciutkan semangat dan niat kita, dan bisa jadi berwirausaha hanya akan ada di angan-angan kita. Untuk itu kita perlu membangun mental wirausaha supaya kita kuat dalam menghadapi tantangan wirausaha kedepannya.

Semua Butuh Proses, Jangan Pernah Berfikir Instan

Untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan kita memerlukan proses yang di dalam perjalanannya berliku, berkelok, mendaki dan penuh risiko. Untuk itu jangan pernah kita berfikir instan dan memiliki usaha yang berhasil secara tiba-tiba. Gagal sudah biasa, namun ketika kita sadar dan bangkit dari kegagalan merupakan tindakan yang luar biasa, siapa tahu ada kesuksesan bagi kita di langkah-langkah selanjutnya. Baca juga: Kelebihan dan Manfaat Penting Memiliki Blog

Butuh Biaya

Jangan berfikir bisnis itu gratis, kita perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan ilmu bisnis seperti mengikuti seminar, training, kursus, dll. Kita bisa saja belajar secara gratis dari you tube, namun belajar dari youtube juga memerlukan perangkat dan jaringan internet dan itu pun juga tidak gratis. Jadi wirausaha butuh biaya.

Baca Juga:  Ini Dia Hukuman Yang Pantas Untuk Pelaku Pembunuhan Anak

Berani dengan Kemungkinan Di Masa Depan

Bisnis merupakan hal yang tidak pasti, untuk itu seorang wirausaha harus berani mengambil risiko akan ketidakpastian hasil di masa depan. Namun, kita bisa meminimalisir kerugian dengan memanajemen risiko. Jika kita pandai meminimalisir risiko, maka jika terjadi kegagalan, kerugian yang kita derita juga tidak terlalu besar dibanding keuntungan yang sudah kita dapatkan. [Baca juga: 10 Aplikasi Bisnis Terbaik Yang Memudahkan Pekerjaan Anda]

Ketika kita sudah terjun dalam dunia wirausaha dan memiliki mental berwirausaha yang tidak terbantahkan oleh siapa pun terutama argument orang lain, maka kita tinggal menjalankan wirausaha dengan sungguh-sungguh.

Jadilah wirausaha yang sabar, tekun, dan ulet

Ketika kita melakukan bisnis dengan sabar, tekun, dan ulet kemungkinan hasilnya juga dapat diperhitungkan. Jangan mudah menyerah dengan keadaan atau cemoohan orang lain.

Peka terhadap pasar

Yang paling penting dalam berwirausaha adalah peka terhadap pasar. Ya, salah satu tujuan utama wirausaha adalah menjual produk, dan supaya produk yang kita jual bisa diterima oleh masyarakat, maka kita harus mampu menilai pasar dan menentukan pangsa pasar kita. Pangsa pasar juga bagian dari tujuan kita membuat produk, misalnya kita membuat warung makan masakan jawa, selidiki lebih dulu apakah ada peminat untuk masakan jawa yang akan kita launching. Jika tidak ada, pikirkan masakan lain atau hal lain yang punya pasar atau peminat

Miliki Usaha atau Produk yang Unik

Jangan lupa ketika kita memiliki usaha, jadikanlah unik, berbeda, dan friendly, karena yang unik akan menarik dan mudah diingat oleh orang lain. Dengan begitu, bisnis kita akan mudah dikenal oleh orang lain. Selain itu, perhatikan harga yang kita tawarkan, karena harga juga menentukan keberlangsungan bisnis wirausaha kita.

Baca Juga:  Fitnah Media "Islam Toleran dan Metro TV"

Berwirausaha memang penuh tantangan di masa depan, namun ketika kita berhasil, buah yang kita petik akan terasa sangat manis. Semoga bermanfaat.

     

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

About Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *