Friday , January 20 2017
Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3

Perjalanan Melihat Dahsyatnya Musibah Gempa Aceh

Perjalanan Melihat Dahsyatnya Musibah Gempa Aceh | Gempa bumi berkekuatan 6,5 SR mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh pada pukul 05.00 WIB. Pusat gempabumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi mengatakan, guncangan kuat dirasakan di beberapa daerah, seperti Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI). Menurutnya, daerah-daerah tersebut diperkirakan mengalami kerusakan parah.

Gempa ini sendiri memakan korban jiwa meninggal dunia 100 orang lebih dan ratusan lainnya mengalami luka-luka parah dan ringan.

Dihari kedua musibah ini terjadi, saya dan tim dari IKPMAceh.Com diamanahi untuk terjun langsung mensurvey kebutuhan masyarakat yang terkena bencana dan membagikan bantuan logistik kepada mereka dalam masa tanggap darurat.

Melihat sendiri dampak dari bencana gempa membuat saya dan tim seperti tidak kuasa menahan air mata. Kerusakan dan trauma yang ditimbulkan dari gempa ini sangat luar biasa dan membutuhkan waktu pemulihan yang tidak singkat.

Belum lagi gempa susulan yang terus dirasakan oleh masyarakat. Dalam satu hari, gempa susulan bisa sampai 4 atau lima kali. BMKG sendiri pernah merilis bahwa gempa susulan akan terus terjadi hingga 3oo kali.

Saat kami dilokasi bencana, dalam satu hari kami merasakan 3 sampai 4 kali gempa susulan dengan kekuatan yang berbeda-beda. Hal inilah yang menjadi penyebab banyak penduduk dilokasi musibah lebih memilih tidur diluar rumah pada malam hari.

Ada diantara mereka yang sengaja membuat tenda-tenda khusus didepan rumah untuk tidur, bahkan ada desa yang kami kunjungi yang tidak memperbolehkan penduduknya tidur didalam rumah, semua masyarakat akhirnya tidur di balai desa atau meunasah dari desa tersebut.

Baca Juga:  Membangun Mental Entrepreneurship (Wirausaha)

Sampai saat tulisan ini saya muat, masyarakat masih mengalami gempa-gempa susulan dengan kekuatan yang berbeda setiap harinya. Berikut adalah video perjalanan kami melihat kedahsyatan yang ditimbulkan dari gempat tersebut.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

About Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *