Friday , July 21 2017
Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3

Tips dan Ilmu Membeli Mobil yang Benar Agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari

Tips dan Ilmu Membeli Mobil yang Benar | Ilmu ini saya dapat dari paman saya yang kebetulan beliau suka jual beli mobil. Namun beliau bukan sales atau broker mobil. Biasanya beliau beli untuk kebutuhan pribadi dan penunjang bisnisnya. Tipsnya;

1. Punya duit CASH

Ini paling utama, jangan pernah membeli mobil dengan cara kredit. Tahan diri dari tergiur dengan tawaran-tawaran sales mobil seperti “DP 20 Juta bawa pulang mobil” dan iklan-iklan lainnya yang sangat menggiurkan.

Ingat saja, yang namanya kredit berarti bukan mobil kita, cuma dipinjamin dengan kasar, ketika telat akan kena denda, tak sanggup membayar mobil ditarik paksa. Semua uang yang sudah disetor hilang.

So, punya duit beli, gak punya duit SABAR dengan terus ngumpulin duit. Hati-hati terjerat RIBA, karna dosanya sama dengan berzina dengan ibu sendiri…. Mau? Baca; Ini Perbedaan Riba Fadhl dan Riba Nasi’ah

2. Beli karna KEBUTUHAN

Beli mobil harus utamakan faktor kebutuhan, butuh tidak mobil itu untuk kita miliki? Kalau niat beli mobil supaya gak kepanasan/kehujanan ke kantor, mending tak usah beli. Cuma nambah-nambah macet saja. Lebih baik naik angkutan umum atau motor.

Tapi kalau beli mobil karna ingin mudah saat berpergian dengan keluarga, belilah….gak mungkin kan sudah punya anak 3 masih bonceng-bonceng motor? apalagi saat istri hamil. [tapi tetap ingat pasal nomor 1 diatas]

Lalu belilah mobil sesuai kebutuhan, misalnya untuk keluarga, maka beli yang muat banyak, ada kursi tambahan dibelakang. Butuh mobil untuk bisnis, belilah yang cocok untuk anda gunakan sebagai penunjang bisnis anda. Butuh untuk bermewah-mewahan, belilah mobil mewah [kalau punya duit CASH]

Hindari membeli mobil hanya karna punya uang dan ingin gaya-gayaan. Mobil adalah kendaraan yang dipakai agar mempermudah urusan kita bukan justru membuat kita was-was setelah memilikinya. Tergores sedikit akan jadi pikiran berminggu-minggu.

Baca Juga:  Kemana Sang Dosen Pembawa Mahasiswa Ke Gereja Menghilang?

Ingat, dengan memiliki mobil, secara tidak langsung akan menambah pengeluaran seperti biaya minyak, perawatan, biaya tahunan dan 5 tahunan. Biaya tahunan biasanya tergantung pada jenis mobil yang kita punya. Makin bagus dan mewah mobil maka biaya tahunannya akan makin besar. Biaya ini biasa disebut PAJAK.

3. Membeli Mobil Second, tak perlu BARU

Resiko membeli mobil baru adalah jatuhnya harga saat dijual kembali atau ingin tukar mobil. Karna mobil baru yang Anda beli sehari saja akan langsung turun harga. Jadi jarang orang beli mobil baru dapat untung dari mobil yang dibeli.

Sedangkan mobil second, suatu saat ketika dijual, akan ada 2 kemungkinan. Untung atau rugi sedikit. Artinya, mobil second yang kita beli saat dijual lagi tidak akan jauh dari harga saat membeli. Bahkan pengalaman paman saya, beliau selalu dapat untung ketika menjual kembali.

Dan ketika kita jual, rugi sedikit tidaklah dianggap rugi. Karena sudah pernah kita pakai.

Tapi tips ini tidak berlaku untuk mereka yang berniat beli mobil hanya untuk bermewah-mewahan. Mereka tidak tau uangnya harus dibawa kemana. [padahal cukup banyak fakir miskin yang membutuhkan]

4. Jangan Membeli Menjelang Hari Besar

Mendekati hari-hari besar seperti idul fitri, natal, akhir tahun, biasanya banyak sekali orang berlomba-lomba memiliki mobil baru. Jangan pernah lakukan ini, karna biasanya moment ini dimanfaatkan penjual mobil untuk menaikkan harga atau mengiming-iming pembeli dengan aneka bonus sehingga anda akan tergiur. Belilah mobil jauh-jauh hari sebelum hari besar tiba.

Itu dia sedikit tips dan ilmu membeli mobil yang benar. Artikel ini bertujuan agar kita bisa memutuskan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

About Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!