Motivasi

Untuk Meraih Sukses, Sudah Benarkah Pengembangan Diri Kita?

Sering kali seseorang berfikir tentang impian dan kesuksesan, banyak imajinasi yang mereka dapatkan namun terkadang imajinasi tersebut hanya berhenti sebagai sebuah imajinasi tanpa terealisasi.

Untuk itu Kita perlu mengenali diri Kita lebih dulu untuk mengetahui potensi yang ada dalam diri Kita, kemudian Kita kembangkan untuk meraih impian dan kesuksesan Kita.

Baca juga: Cara Mudah Mengambil Data Pelanggan Kompetitor

Banyak orang yang sudah mencapai kesuksesan dengan caranya sendiri, namun ada banyak orang pula yang belum kunjung meraih kesuksesan. Penyebabnya bukan hanya satu atau dua masalah, dan di sini saya akan berbagi beberapa kesalahan yang mungkin menghambat pengembangan diri Kita untuk meraih sukses.

pengembangan diri

Pertama, berpikir bahwa Kita tahu segalanya, ini merupakan masalah mendasar di mana jika seseorang merasa dirinya tahu, dia akan malas untuk mencari tahu, akhirnya pemikirannya akan stagnan di situ saja dan cenderung tidak mau belajar. Sebaiknya bangun rasa ingin tahu dalam diri Kita sesegera mungkin untuk menambah wawasan yang luas.

Kedua, tidak mengambil tindakan, ketika Kita sudah memiliki imajinasi dan angan-angan yang begitu tinggi tentang langkah atau pun cara dalam diri Kita, hendaknya Kita segera bertindak. Karena berfikir tanpa bertindak juga tidak akan menghasilkan apa-apa, dan bertindak tanpa berfikir akan menimbulkan penyesalan saja.

Ketiga, menyerah, tidak seharusnya ketika Kita gagal dalam sebuah bisnis atau yang lainnya lantas Kita akan menyerah begitu saja alias pasrah. Kita perlu bangkit untuk memperbaiki kegagalan itu dan membuktikan siapa diri Kita.

Keempat, khawatir dengan perkataan orang lain. Dalam perjalanan hidup tentu kita tidak lepas dari yang namanya peran orang lain, orang lain kadang bertindak sebagai motivasi namun terdakang juga bisa melemahkan motivasi. Kita hanya perlu fokus, dan pKitailah menyaring dari setiap komentar mereka.

Baca Juga:  Dahsyatnya Kata "TIDAK"

Kelima, tidak bertanggung jawab atas diri Kita sendiri. Bertanggung jawab merupakan sikap mental yang perlu ada pada diri setiap manusia, karena sejatinya apa pun yang kita lakukan kita juga yang harus menanggung dampaknya.

Belajar dari kesalah diatas, maka langkah berikutnya yang harus kita ambil untuk pengembangan diri adalah;

Coaching, Mencari Pelatih untuk Melatih Diri

Untuk mewujudkan impian Kita dan pengembangan diri Kita, Kita mungkin akan memerlukan pelatih atau coach dan metodenya disebut coaching.

Coaching sendiri merupakan sebuah metode dengan menjalin percakapan yang baik dan merangsang pikiran untuk tertantang, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam diri yang akhirnya akan berdampak pada tujuan-tujuan dan impian-impian secara pribadi maupun secara ogranisasi.

Observasi untuk menambah  ilmu dan wawasan

Kita bisa membangun pengembangan diri Kita dengan cara pengamatan/observasi, hal ini akan menambah ilmu pengetahuan bagi pengamat yang akan bermanfaat bagi dirinya untuk mengolah diri.

Baca juga: Rahasia Sukses Jadi Pebisnis Online

Setelah Kita menjadi seorang pengamat dan bisa mengambil hal-hal yang bermanfaat selanjutnya refleksikan hasil yang Kita simpulkan dari pengamatan tersebut.

Ukur Kemampuan Diri

Kita juga memerlukan umpan balik untuk mengukur sejauh apa kemampuan Kita. Selain itu Kita juga dituntut untuk mencari tantangan, tantangan akan merangsang seseorang terus berfikir dan bergerak serta menghasilkan sesuatu yang baru.

Hal ini perlu Kita lakukan karena tantangan setiap periode akan berbeda, dan kalau ingin terus berkembang harus mengikuti perkembangan setiap periode. Baca juga: Cara Promosi GRATIS di Website-Website Besar

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker