KeluargaPendidikanVideo

Video Miris Kelakuan Anak SMP Jaman Sekarang

Lagi, video yang bikin miris menyebar di jagat maya, kali ini diperagakan oleh anak-anak yang masih berbaju SMP. Menurut caption yang ada dalam video, kejadian ini direkam di sebuah lapangan di Sumatera Utara.

Dalam video yang sengaja direkam oleh sesama temannya ini menunjukkan seorang anak SMP sedang mengadili seorang temannya. Sang teman yang diadili terlihat diam sambil terus dimarahi dan dipukuli oleh pelaku. Sementara perekam video terus memanas-manasi pelaku agar terus menyidang terdakwa.

Baca juga: Cara Menjadi Hipnotis Cepat dan Mudah Seperti Romy Rafael dan Uya Kuya

Terlepas dari apa kesalahan korban dan dimana adegan itu direkam. Video ini menunjukkan semakin parahnya perilaku anak negeri. Mungkin ini hanya satu dari sekian banyak kelakuan anak jaman sekarang yang terpublish ke media, apalagi menurut perekam, video tersebut memang diniatkan akan disebar keranah facebook.

Belum lagi sebelumnya banyak video kekerasan serupa yang terjadi di dunia anak sekolah, bahkan lebih parahnya, video adegan suami istri justru diperagakan oleh anak-anak yang masih bau amis. Miris kan?

Siapa yang harus kita salahkan disini? Terjadinya perilaku-perilaku tak bermoral pada anak tidak semata-mata jadi kesalahan anak. Ada banyak pihak yang menjadi pembentuk karakter seorang anak. Anak itu ibarat kertas putih yang masih bersih, orang-orang disekitarnyalah yang memberikan catatan-catatan khusus diatasnya. Maka mereka yang harus bertanggung jawab akan situasi ini adalah:

Orang Tua

Orang tua adalah penanggung jawab utama akan tindak tanduk anak dalam masyarakat, bisa jadi anak yang sering melakukan kekerasan diluar rumah disebabkan oleh kelakuan orang tua yang sering bersikap keras kepada anak. Dalam Islam, orang tua adalah pilar penting pembentuk karakter anak. Karena 80% waktu anak dihabiskan dirumah bersama orang tuanya. Kepedulian dan kasih sayang yang diberikan oleh orang tua akan jadi sample anak bersikap diluar rumah.

Baca Juga:  Cara Menjauhkan Anak dari Nonton TV ! Cari Tahu Disini

Orang tua yang lebih mementingkan pekerjaan dari pada anak merupakan penyebab utama anak merasa kurang kasih sayang. Perlu diingat bahwa tidak penting anda mengatakan apa yang anda lakukan saat ini demi anak. Anak tidak butuh uang jika kasih sayang yang diberikan cukup. Anak tidak butuh liburan keluar negeri jika orang tua selalu ada saat dibutuhkan oleh anak.

Lingkungan

Jika pendidikan dan pengajaran yang diberikan oleh orang tua sudah cukup, maka hal berikutnya yang mempengaruhi tingkah laku anak adalah lingkungan. Lingkungan sekitar rumah, lingkungan sekolah tempat anak belajar, lingkungan sekitar tempat anak bermain, lingkungan pertemanan anak-anak.

Maka orang tua sebagai pilar utama harus benar-benar cerdas memilih lingkungan yang baik bagi anak. Jika merasa tinggal dalam lingkungan yang kurang baik, putuskan segera pindah demi masa depan anak. Anak akan meniru apa yang ada dilingkungannya dan menjadikan hal tersebut sebagai pedoman hidup.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan $50/Day dari Google Adsense

Jika anak terbiasa dengan lingkungan yang keras, maka ia akan bersikap keras pada lingkungan yang lain. Ingat, orang yang berteman dengan penjual minyak wangi akan ikut kecipratan harumnya.

Perhatikan saja dalam video dibawah ini nanti, meski berada dalam lingkungan yang tidak sepi, tapi tak ada seorangpun yang berani melerai aksi tak pantas anak sekolah tersebut. Jika lingkungannya benar, pasti anak-anak lain yang melihat akan melerai, jika tak sanggup, ia akan bertindak memanggil orang dewasa untuk memisahkan. Tapi tidak ada yang melakukan…

Pemerintah

Setelah orang tua dan lingkungan, pemerintah sebagai pengendali dan pengatur lingkungan ikut bertanggung jawab akan rusaknya moral anak. Dalam hal ini, pemerintah berfungsi sebagai penyedia media seperti sekolah harus membentuk atau menciptakan lingkungan yang kondusif kepada para pembelajar. Institusi sekolah yang ada dibawah pemerintahan harus bersikap tegas dan berani menutup sekolah yang cuma bisa menghasilkan anak-anak bejat.

Baca Juga:  Dibalik Tragedi Jatuhnya Crane di Masjidil Haram, Kenapa Saling Menyalahkan?

Sekolah yang sering terlibat tawuran harusnya ditutup dan dibubarkan, karena tak berfungsi sebagai media pembentuk karakter anak yang baik.

Pemerintah harus bertindak tegas terhadap penyedia informasi anak seperti televisi, perusahaan telekomunikasi dan lainnya yang menyediakan konten-konten tidak mendidik sehingga gampang diakses oleh anak.

Berikut video miris kelakuan anak SMP Jaman Sekarang.

Let’s Play
Begini sifat anak SMP jaman sekarang
temen sendiri di bully
di bantu share nya biar cepat di proses dan dapat pembelajaran bagi orang yang suka ngebully temannya
info: bnyak kabar mengatakan TKP lapangan kancil mas SMPN 4 BINJAI
Saran Video : Welly Sufai N Simanullang
Posted by 4TAWA on Sunday, September 6, 2015

 

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags
Show More

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker