Technology WaysTutorial

7 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Kuota atau paket internet kadang kala adalah inti dari penggunaan smartphone. Mungkin dulu penggunaan smartphone hanya untuk telepon dan sms, hanya sesederhana itu tapi kini penggunaan smartphone sudah sangat berkembang. Bahkan bisa diasumsikan kini kita sudah hidup di dua dunia, antara nyata dan maya. Maka tak heran ketika orang rela kembali karna ketinggalan smartphone dan enggan kembali jika yang tertinggal itu boleh jadi dompet.

Beranjak dari kecenderungan manusia pada smartphone ternyata hal itu tidak lepas dari kouta atau paket internet. Tanpa kuota smartphone seolah tak lebih seperti besi tua. Maka juga tidak heran jika sebagian orang akan mulai bingung dan resah ketika kouta internet habis. Namun mudah halnya jika yang mengalami hal tersebut adalah orang yang ber duit atau minimal sudah bekerja. Namun bagaimana halnya jika yang mengalami hal tersebut adalah mahasiswa atau anak kos ? Sangat memprihatinkan bukan.

Maka disini kami akan membagikan tips agar kuota internet tidak cepat habis karna membuatnya tidak akan habis itu mustahil.

Baca Juga:  Cara Install Dua BBM Atau Lebih Dalam Satu Android

Berikut 5 penyebab kuota internet kamu cepat habis :

  1. Streaming video

Streaming video di YouTube ataupun di web penyedia layanan video streaming lainya merupakan faktor paling besar terhadap cepat habisnya kuota internet. Dalam satu menit saja, streaming video bisa menghabiskan kuota hingga 50 MB. Padahal hanya untuk menonton satu video saja hingga habis biasanya membutuhkan 4 – 5 menit.

  1. Streaming musik

Mendengarkan musik secara online memang sangat praktis. Karna kamu bisa mendengarkan banyak jenis musik tanpa harus menghabiskan kapasitas memori ponsel kamu. Namun taukah kamu jika  mendengarkan musik streaming sudah pasti akan membuat kuota internet cepat habis. Memutar musik dengan resolusi 320 Kbps saja akan menghabiskan kuota internet hingga 2,4 MB per menit. Jadi jika kamu mendengarkan musik selama satu jam, kamu akan menghabiskan kuota internet sekitar 115 MB. Ditambah lagi bagi kamu yang beragama islam, hukum musik itu sendiri adalah haram.

  1. Game Online

Game online juga menjadi salah satu aktivitas yang menyebabkan kuota internet cepat habis. Misalnya seperti game Asphalt 8 atau Modern Combat 5: Blackout. Kedua game online ini akan menghabiskan data internet sekitar 1 MB per menit. Mungkin 1 MB permenit tidaklah cukup banyak, tapi jika dipersentasekan dengan waktu kita bermain itu sangat besar.

  1. Upload Video ke YouTube
Baca Juga:  Melihat Fungsi Screen Option Di Wordpress

Upload video ke YouTube tentu saja akan memakan banyak kuota internet. Namun, besar dan kecilnya kuota yang terpakai tergantung dari ukuran file video yang di-upload. Selain itu, beberapa pengaturan upload juga bisa mempengaruhi besar kuota internet yang dihabiskan. Untuk upload video kualitas high-definition (HD) bisa saja menghabiskan kuota internet hingga 200 MB/menit.

Jika ingin menghemat kuota internet, upload video sebaiknya menggunakan koneksi jaringan WiFi. Apalagi hanya upload video untuk iseng iseng bukan materi.

  1. Video Call

Video call menggunakan Line, WeChat,Whatsapp  atau aplikasi lainnya akan menghabiskan kuota internet cukup besar. Untuk melakukan video call atau obrolan menggunakan video umumnya menghabiskan kuota sekitar 3 MB per menit.

  1. Update Aplikasi Android

Apliaksi yang teupdate secara otomatis juga akan memakan kuot ainternet yang lumayan besar. Sehingga memungkinkan kuot ainternet kamu cepat habis.

  1. Berita Online

Membaca berita memang menambah ilmu atau taunya kita akan hal hal yang terjadi diluar sana. Namun ternyata aplikasi penyedia berita online tesebut juga banyak memakan kuota, karna beritanya terupdate relatif cepat.

Baca Juga:  Tips Mudah Hilangkan Grogi Saat Presentasi

Itulah 7 penyebab kuota kamu cepat habis dan cara menaggulaninya. Semoga bermanfaat dan bisa menghemat kuota internet kamu.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker