Bisnis dan Keuangan

Dari Mana Uang Partai?

Setelah sebelumnya sempat nulis tentang Berapa Biaya Sebuah Domain, sekarang saya nak share sedikit tentang Berapa Biaya Bikin Partai, tapi kurang pas judulnya karna gak ada sangkut pautnya antara Domain dan Partai.

Hanya penasaran kenapa sebuah partai itu banyak dikejar-kejar orang dan pucuk kepemimpinannya pun sering diperebutkan sampai ada suap-suapan segala agar terpilih sebagai ketua umum sebuah partai. Pertanyaannya, dari mana uang untuk membangun partai? Dari mana uang operasional sebuah partai?

partai politik

Dalam Undang-undang, Partai Politik hanya dibekali aturan pencariaan anggaran yang berasal dari perseorangan dengan batas maksimal 1 miliar per tahun dan badan usaha 7 miliar per tahun. Ada pula sumbangan anggota yang diatur AD/ART partai.

Disini jelas bahwa uang partai berasal dari sumbangan anggota dan sumbangan perusahaan dari partai tersebut. Pastinya tidak asal sumbang, karena nyumbang untuk partai politik itu tidak ada pahalanya. Disini ada semacam simbiosis mutualisme, transaksi saling menguntungkan antara penyumbang dan yang disumbang. Makin banyak dana yang disumbang ke partai maka makin besar peran partai untuk si penyumbang. Contohnya sebuah perusahaan menyumbang 2 Milyar kepada partai, apa yang diharapkan perusahaan? Ya, proyek. Sering terjadi partai memberikan proyek tertentu melalui anggota dewan mereka. Sehingga tak ayal sang anggota dewan pun akan dapat imbalan. Dari sinilah bermula yang namanya korupsi.

Baca Juga:  Presiden Serba Ora Jadi

Sementara untuk dana pendirian awal partai sendiri berasal dari patungan dana para pendirinya. Contohnya di Indonesia adalah Pendirian Parta Gerindra yang di prakarsai Calon Presiden 2014 Prabowo Subianto sudah pasti sang deklarator mengeluarkan biaya yang tidak sedikit guna membangun partainya dari mulai izin, rekrut dan promosi di media sudah barang tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Mendirikan partai itu bisa saja tanpa biaya. Tapi hal itu semacam mustahil. Karna faktanya, partai-partai yang ada dan terdengar gaungnya selama ini adalah partai-partai yang dibangun dengan uang dan berdiri untuk mengumpulkan uang.

 

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker