Bisnis OnlineBlogger

Definisi dan Sejarah Blog Yang Mungkin Belum Diketahui

Apa itu blog? Sebagian besar dari kalian tentu sudah tahu apa itu blog dan bagaimana bentuknya. Tentu saja ada sebagian belum begitu mengenal apa itu blog. Tidak ada salahnya jika kita mengenal definisi blog itu sendiri. Berikut ini beberapa pengertian tentang blog :

“Sebuah blog adalah sejenis situs web yang biasanya disusun dalam urutan kronologis dari tulisan (post)  yang terbaru di bagian atas halaman utama dan yang lebih lama berada dibawah”

– Darren Rowse ‘Blogger Professional’-

“Sebuah weblog adalah hirarki teks, gambar, objek media dan data yang tersusun secara kronologis dan dapat dilihat dalam browser HTML”

– Harvard University –

Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

–  Wikipedia –

“Sebuah publikasi kronologis yang sering tentang pikiran seseorang dan dalam bentuk link web”

–  Marketingterms dictionary-

“Sebuah blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Kegiatan memperbarui blog adalah ‘blogging’ dan seseorang yang membuat sebuah blog adalah’blogger’. Blog biasanya diperbarui harian menggunakan software yang memungkinkan orang dengan sedikit atau tidak ada latar belakang teknis untuk memperbarui dan memelihara blog. Posting di blog hampir selalu diatur dalam urutan kronologi terkini dengan penambahan fitur yang paling menonjol.

– Matisse.net/glossary –

Blog adalah singkatan dari weblog. Blog adalah jenis situs web yangdikembangkan dan dikelola oleh individu dengan mengunakan perangkat lunak (software) online atau Platform host yang sangat mudah pengguna, dengan ruang untuk menulis. Blog menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik untuk membaca dan memberikan umpan balik sebagai komentar.

Baca Juga:  Cara Paling Masuk Akal Menghasilkan Uang Dari Blog

– Gween Solomon –

Blog adalah semacam buku harian/diary online. Pemilik blog biasanya menuliskan berbagai catatannya kedalam blog miliknya, seperti halnya buku harian. Hasil dari tulisan tersebut dapat dilihat olah pengunjung secara online. Selain itu pengunjung blog juga bisa memberikan komentarnya pada postingan/tulisan pemilik blog. Selain tulisan dapat pula ditambahkan gambar, video, bahkan bisa pula mengupload file. Sehingga pengunjung blog dapat mendownload file yang pemilik blog muat. Berbagai penyedia layanan blog diantaranya adalah blogger.com, wordpress.com, tumblr.com, weebly.com, dll.

Blog biasanya memiliki beberapa fitur yang sangat berguna baik bagi pemilik blog maupun pengunjung berupa informasi-informasi penting maupun respon dari pengunjung berdasarkan postingan yang dimuat didalamnya.

Istilah-istilah  dalam dunia Blog

  • Ngeblog yaitu istilah bahasa Indonesia untuk aktivitas blogging.
  • Template yaitu tampilan halaman web yang berisi elemen-elemen blog.
  • Blogger artinya pemilik blog.
  • Blogwalking yaitu aktivitas kunjungan blogger ke blog lain sesama blogger.
  • ProBlogger yaitu orang yang menjadikan blog sebagai sumber hidupnya.
  • Blogosphere yaitu kumpulan blog yang saling berkaitan.
  • Visitor yaitu pengunjung blog.

Sejarah Blog

Jhon barger adalah yang pertama kali memperkenalkan nama blog pada tahun 1997. Ia menggunakan istilah weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu update secara kontinyu dan berisi link-link website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Sedangkan situs pitas (www.pitas.com) adalah situs yang pertama kali menciptakan layanan blog online dan gratis pada bulan juli 1999. Satu bulan kemudian, yaitu bulan agustus 1999, sebuah perusahaan disanfransisco bernama pyra laboratory (www.pyra.com) meluncurkan layanan blogger (www.blogger.com) yang hingga saat ini menjadi salah satu layanan blogger terbesar yang ada di internet. Layanan tersebut memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar html dan pemrograman web, dapat menciptakan blog-nya sendiri secara online dan gratis.

Baca Juga:  Tips Sukses Menjalankan Online Shop di Instagram

Dengan kemudahan layanan yang diberikan oleh beberapa situs yang mengelola blog tersebut, perkembangan blogger pun bertambah pesat. menurut statistik yang dikeluarkan oleh situs blogger.com tersebut, jumlah pengguna yang memakai layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20-40% per bulan. Setelah blogger.com dan pitas berkembang cukup pesat, muncul berbabagi layanan pembuat blog online yang diberikan pula oleh beberapa situs, seperti Groukoup (www.grouksoup.com) atau edithispage (www.edithispage.com). Sejak saat itu, blog kian hari kian bertambah dengan pesat hingga makin sulit untuk mengikutinya.

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Jenis-Jenis Blog

Sejak diketemukanya blog sampai sekarang, jenis blog terus berkembang, yang semula hanya bersifat pribadi kini menjadi lebih beragam. Berikut ini adalah jenis-jenis blog yang dapat dikasifiklasikan dari sekian banyak blog yang berada di internet:

  • Blog politik : blog yang berisi informasi tentang politik, baik profil, kampanye politik, maupun propaganda.
  • Blog Pribadi : Blog milik perorangan yang biasanya memuat artikel sesuai dengan minat dan hobi si pemilik blog
  • Blog bertopik : blog yang dikususkan membahas tentang topik tertentu, misalnya membahas tentang fotografi, bisnis online, pemrograman, dan lain-lain.
  • Blog kesehatan : blog yang membahas tentang informasi kesehatan.
  • Blog sastra : blog yang berisi artikel-artikel berbau sastra dan seni , baik yang bersifat lokal, regional, nasional, maupun internasional.
  • Blog perjalanan atau Traveling : blog yang membahas tentang informasi pariwisata bagi para hobi traveling.
  • Blog riset atau penelitian : Blog yang berisi survey produk, hasil analisa masalah, jurnal penelitian dan riset milik perorangan maupun institusi riset, baik swasta maupun pemerintah.
  • Blog Hukum : Blog yang membahas tentang kasus hukum dan kriminal
  • Blog media : blog tentang informasi terkini sebuah media pemberitaan baik cetak maupun elektronik.
  • Blog agama : blog yang berisi tentang artikel-artikel keagamaan.
  • Blog pendidikan : blog yang berisi tentang opini tentang kependidikan,atau blog milik institusi pendidikan.
  • Blog Petunjuk (directory).
  • Blog bisnis : blog yang memuat informasi dan referensi tentang bisnis online maupun online, informasi tentang peluang usaha, kurs mata uang dan investasi bisnis.
  • Blog penganggu (spam.)
  • Blog mode : Blog berisi perkembangan mode ter-update, model rambut, model pakaian terbaru, dll.
Baca Juga:  Ini Dia Media dan Strategi Promosi Online Untuk Bisnis Anda

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Laili Aprilia

"hai saya lili, penulis yang ingin berbagi informasi kepada Anda lewat tulisan", semoga bermanfaat

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker