Informasi dan Tips

Fakta Unik Seputar Sejarah Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Komputer merupakan benda yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan banyak dibutuhkan oleh banyak orang.

Ya, tentu saja, komputer banyak membawa perubahan sekaligus mampu mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia. Perkembangannya pun terbilang sangat cepat, dari yang awalnya berukuran besar sampai saat ini bisa ditenteng dan dibawa kemana saja.

Bentuk, merk, spesifikasi computer pun bermacam-macam, bukan hanya itu, masih banyak hal-hal unik tentang computer dan sejarahnya yang belum kamu ketahui, yuk, simak informasi berikut ini.

  1. Pembuat computer elektronik pertama kali adalah Harold Thomas Flower pada tahun 1941. Computer tersebut diberi nama Colossus kemudian digunakan oleh Unit Pemecah Sandi Militer Rahasia Inggris untuk memecahkan kode trasmisi radio Nazi.
  2. Komputer yang diperdagangkan pertama kali adalah Electronic Numerator Intregrator Analyzer and Computer (ENIAC) yang memiliki berat 60.000 pon. Komputer yang memiliki besar sebesar ruangan ini tidak bisa menyimpan data.
  3. Ada lebih dari 6000 virus computer yang muncul per bulan.
  4. Laptop, tentu dari anda semua sudah banyak yang memiliki laptop yakni computer mini yang mudah dibawa ke mana-mana. Namun laptop yang pertama kali diciptakan memiliki berat 24 Kg dan harganya bisa mencapai USD 19,975 atau sekitar Rp 188 juta. Dan laptop tersebut diberi sebutan IBM Portable.
  5. Keyboard komputer pertama kali dibuat pada tahun 1868 oleh perusahaan Remington. Keyboard pertama kali dibuat disesuaikan dengan kartu pelubang (punch card) dan teletype.
  6. Mouse pertama kali dikenalkan ke dunia pada tahun 1968 pada acara Fall Joint Computer Conference di San Fransisco, Amerika Serikat. Mouse yang dikenalkan oleh Douglas Engelbart tersebut pertama kali terbuat dari kayu.
  7. Websiter pertama kali di dunia adalah http://nxoc01.cern.ch/ kemudian disusul oleh halaman pertama yaitu http://nxoc01.cern.ch/hypertext/WWW/…heProject.html. Website itu dibuat oleh Timothy John yang mengorbitkan www (world wide web) pertama kali, namun sayangnya website tersebut saat ini sudah mati.
  8. Komputer webserver pertama kali di dunia adalah computer NeXT yang digunakan oleh Tim Berners-Lee yang saat ini computer itu dipamerkan di CERN, Jenewa, Swiss.
  9. Koran cetak yang bisa dibaca secara online pertama kali di dunia adalah Columbus Dispatch pada tahun 1980.
  10. Berbagai macam sebutan untuk symbol “@” di China disebut “tikus kecil”, Di Denmark namanya “belalai gajah”, Jerman menyebutnya “Spider Monkey”, dan di Indoensia disebut et “a keong “.
  11. Reynold Johnson adalah seorang insinyur IBM yang pertama kali menciptakan hardisk pada tahun 1952 yang terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter). Hardisk sebesar itu pada saat itu hanya mampu menampung data sebanyak 5 MB dengan kecepatan rotasi 1200rpm.
  12. Lambang @ pada email pertama kali diperkenalkan oleh insinyur Ray Tomlison, waktu itu dia berhasil mengirim email antara dua mesin menggunakan lambing tersebut dengan alasan lambing tersebut mirip dengan huruf a atau address.
  13. Serangga (Bug ) dalam computer merupakan kegagalan atau kesalahan program computer yang menyebabkan program tersebut tidak berjalan sesuai mestinya. Bug biasanya terjadi karena kurangnya hati-hati programmer dalam menulis program.
  14. Toko computer pertama kali dibuka pada tahun 1975 bernama “The Computer Store” oleh Dick Heiser. Toko yang berdiri di California itu menjual peralatan computer, majalah, dan buku-buku yang berkaitan dengan computer.
Baca Juga:  Ini Dia Kiat-Kiat Sukses Jualan di Instagram, Cek Yuk ...!!!

Nah, itu tadi fakta-fakta sep[utar computer yang layak anda ketahui untuk menambah bekal pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Baca juga: Bahaya Duduk Lama Depan Komputer

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker