KeluargaPendidikan

Ini Cara Agar Anak Terhindar Dari Pengaruh Buruk Televisi

Masih berkenaan dengan mendidik anak, baca postingan sebelumnya Mengapa Anak Saya Suka Melawan dan Susah Diatur? , saya juga menuliskan lanjutannya Kebiasaan-Kebiasaan Ini Membuat Anak Berperilaku Buruk. Kali ini tentang bagaimana caranya agar anak terhindar dari perilaku buruk yang dihasilkan dari televisi.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa televisi saat ini menjadi faktor penting dalam membentuk karakter dan perilaku pada anak. Perhatikan saja, dirumah mana saat ini yang tidak ada televisinya? Mungkin ada, tapi nol koma sekian persen. Untuk masyarakat perkotaan apalagi, sudah pasti ada televisinya. Bahwa tidak herannya, beberapa rumah yang terkesan rumah sangat sangat sangat sangat sederhana pun ada televisinya. Inilah penyebab bahwa Televisi sudah menjadi agen Pendidikan Anak.

Dari sini kita tertantang untuk memperhatikan 4 hal berikut tentang pendidikan dan perilaku anak, perilaku anak sebenarnya terbentuk karena 4 hal ini:

  1. Berdasarkan kepada siapa yang lebih dulu mengajarkan kepadanya: kita atau TV?
  2. Oleh siapa yang dia percaya: apakah anak percaya pada kata2 kita atau ketepatan wakyu program-program TV?
  3. Oleh siapa yang meyampaikannya lebih menyenangkan: apakah kita menasehatinya dengan cara menyenangkan atau program-program TV yang lebih menyenangkan?
  4. Oleh siapa yang sering menemaninya: kita atau TV?

Maka untuk menghindari makin merajalelanya pengaruh televisi pada perilaku akan, berikut beberapa hal yang bisa kita upayakan;

  • Bangun komunikasi dan kedekatan dengan mengevaluasi 4 hal tersebut yang menjadi faktor pembentuk perilaku anak kita.
  • Menggantinya dengan kegiatan di rumah atau di luar rumah yang padat bagi anak-anak. Seperti mengaji, ikut kursus keterampilan dan hal-hal positif lainnya.
  • Gantilah program TV dengan film-film pengetahuan yang lebih mendidik dan menantang mulai dari kartun hingga CD dalam bentuk permainan edukatif.
  • Kontrol waktu menonton bagi Anak, berilah waktu-waktu khusus anak menonton dan pilih program-program yang positif bagi anak.
  • Jangan pernah sekali-kali menyediakan televisi khusus dikamar anak.
  • Jangan biarkan anak menonton tanpa pengawasan kita. Selalu awasi anak saat menonton,
Itu dia sebagian Cara Agar Anak Terhindar Dari Pengaruh Buruk Televisi. Banyak mungkin cara-cara lainnya. Anda bisa menuliskannya dikotak komentar…

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker