Bisnis Online

Ini Dia Media dan Strategi Promosi Online Untuk Bisnis Anda

Satu hal yang paling penting harus diperhatikan saat memulai sebuah bisnis adalah PROMOSI, apapun bisnis Anda, promosi adalah tombak dalam mencapai para pembeli produk yang Anda tawarkan. Sebagus apapun produk yang kita miliki, jika tidak dipromosikan tidak akan pernah mendatangkan pelanggan sedikitpun. Begitu pula sebaliknya, produk yang buruk pun jika dikemas dengan promosi yang bagus akan membuat orang penasaran ingin mencicipinya.

Dalam dunia online, sebuah produk yang baru diluncurkan pun tidak boleh luput dari yang namanya promosi. Berikut saya coba sharingkan beberapa media dan cara berpromosi online untuk memperkenalkan bisnis Anda pada banyak orang;

1. Blog

Blog adalah sarana berpromosi paling efektif dan kredibel dalam memperkenalkan sebuah produk kepada calon konsumen. Saat ini, hampir semua perusahaan besar pasti memiliki blog yang mereka peruntukkan untuk mengedukasi para konsumennya agar tetap sedia kepada mereka.

Dalam sebuah blog, kita bebas memasang banner promosi untuk produk yang kita tawarkan, selain itu, postingan atau artikel-artikel blog yang kita buat bisa kita padukan dengan promosi produk selain edukasi.

Pengunjung blog yang kita jaring pun akhirnya bisa berkomunikasi dengan kita sehingga terjadi timbal balik atau komunikasi dua arah dan membawa kedekatan antara pemilik dan pengunjung.

Elemen terpenting yang benar-benar harus kita perhatikan dalam sebuah blog adalah artikel. Artikel yang kita tulis sebaiknya mengandung beberapa unsur berikut;

buy-online-business

a. Permasalahan Utama

Pengunjung yang datang ke blog kita pastinya memiliki persoalan yang bisa diselesaikan dengan membaca blog kita, maka masalah pokok dari pengunjung harus benar-benar kita ketahui. Misal, Anda menulis artikel tentang Peluang Bisnis Travel, maka dalam artikel tersebut harus ada sebuah solusi “bagaimana cara memulai bisnis travel.” Singkatnya, pengunjung mencari solusi terhadap masalah mereka dan kita menyediakan solusi tersebut.

b. Solusi Dari Permasalahan

Pembaca yang sedang menikmati artikel kita pastinya adalah seseorang yang sedang mencari solusi akan permasalahan yang sedang dihadapainya. Maka tugas kita adalah memberikan solusi yang relevan dengan apa yang mereka cara.

Baca Juga:  Sekarang, Belajar Beriklan Di Facebook Gak Perlu Keluar Biaya Mahal

Misala, pembaca punya masalah dalam memulai bisnis online, maka tugas kita adalah menulis artikel yang kiranya bisa membantu atau memberi seolusi akan masalah yang mereka hadapi.

2. Jejaring Sosial

Dewasa ini media sosial sudah menjadi raksasa informasi, dalam hitungan detik kita bisa mengetahui apa yang sedang terjadi meski kita hanya berdiam diri dirumah, maka jejaring sosial harus benar-benar kita manfaat kan sebagai media promosi. Di Indonesia, Facebook, Twitter dan Instagram adalah media terbesar penggunanya, maka hal ini harus kita manfaatkan untuk memperkenalkan bisnis kita.

3. Forum

Berpromosi di dalam forum adalah salah satu cara yang efisien dalam menjalankan bisnis online. Ada cukup banyak forum bertebaran, Anda tinggal pilih dan sesuaikan dengan produk yang ingin Anda pasarkan. Misal produk Anda tentang diet sehat, maka Anda bisa bergabung dengan forum-forum seperti:

– Forum Weddingku.com
– Forum Detik
– Forum Kaskus

Namun dalam berpromosi didalam forum ada beberapa etika yang harus kita perhatikan agar apa yang kita sampaikan tidak dianggap sebagai SPAM. Langkah berikut bisa Anda terapkan dalam berpromosi di forum:

  • Berilah manfaat terhadap solusi yang ditanyakan oleh member lain. Sebisa mungkin bangun kepercayaan terlebih dahulu sebelum menyarankan orang lain untuk mengunjungi produk Anda. Kesabaran sangat dibutuhkan disini jika tidak ingin akun Anda di banned oleh mederator forum.
  • Pasanglah signatur yang nge-link ke produk atau website Anda. Sehingga orang-orang yang tertarik dengan Anda bisa langsung mengunjungi website Anda meski tanpa mengarahkan mereka untuk berkunjung.

4. Komentar di blog/situs orang lain

Anda bisa mempromosikan website Anda dengan menuliskan komentar di blog/situs orang lain. Carilah blog yang ramai pengunjungnya dan tulislah komentar di bawah artikel yang paling pas denga tema Anda. Jangan lupa untuk menempatkan link referensi Anda di dalam kolom ‘website’ sebelum mulai menulis komentar.

Beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

– Berilah komentar ibarat seorang ahli

Tujuan berkomentar selain untuk mendapatkan backlinks, juga untuk menarik perhatian pengunjung lain untuk mengunjungi website replika Anda. Maka dari itu komentar Anda harus berkualitas. Triknya, dalam komentar Anda sertakan solusi yang jelas dan tepat. Untuk memastikan kualitas solusi yang Anda berikan, luangkan sdikit waktu untuk melakukan riset dengan cara browsing dulu di Google untuk mencari solusi yang lengkap. Kemudian setelah dapat informasinya lalu Anda tulis ulang dengan menggunakan kalimat Anda sendiri. Pengunjung blog lain akan tertarik dengan jawaban Anda yang kedengarannya sangat ‘ahli’.

Baca Juga:  Berbagai Macam Bisnis Internet Marketing Yang Bisa Anda Lakukan

– Jadilah kontroversial

Trik yang satu ini bisa Anda coba bila Anda cukup malas untuk melakukan riset di Google. Cukup dengan berkomentar yang bernada ‘membantah’ isi dari artikel dalam blog tersebut.

Membantah di sini tentu saja harus berada dalam koridor tata krama dan kesopanan. Ingat selalu tujuan Anda yaitu berusaha untuk mencari perhatian pengunjung lain agar mereka penasaran dan berpikir “Siapa sih nih? Situsnya apa sih?” Jadi, bila Anda kurang sopan, maka tentu saja pengunjung lain akan kurang respek pada Anda.

Hindari berkomentar yang tidak nyambung dengan postingan blog yang Anda kunjungi, berilah komentar yang relevan dan sopan. Hindari juga menggunakan software komentar otomatis, karena ini akan dianggap sebagai SPAM.

5. Blackberry Messenger (BBM)

Trik dalam berpromosi lewat BBM adalah dengan mengirim pesan yang NATURAL. Isi pesan mengandung unsur ‘membagi informasi’ dan sama sekali harus menjauhi kalimat yang megandung unsur promosi. Tempatkan diri Anda sebagai teman yang membagikan informasi tentang solusi dengan harapan informasi tersebut bisa membantu rekan-rekan Anda.

6. Video

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa situs-situs video semakin populer di Indonesia seiring semakin baiknya kecepatan koneksi internet. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan situs video seperti Youtube dan Viddler untuk mempromosikan website Anda.

7. File Power Point

Anda agak kesulitan dalam membuat video? Anda tetap bisa berpromosi dengan metode yang sama namun caranya jauh lebih mudah. Caranya adalah dengan mengupload ke www.slideshare.net file presentasi yang dibuat dengan aplikasi seperti Microsoft Power Point.

Baca Juga:  Ternyata Begini Cara Upload Foto Instagram Lewat Pc

Caranya sangat mudah. Anda tinggal menggunakan aplikasi Microsoft Power Point dan menuliskan kalimat-kalimat promosi Anda di dalamnya.

File presentasi yang Anda buat tidak harus menggunakan gambar-gambar terlalu banyak. Presentasi yang simpel pun tidak masalah. Yang perlu diingat di sini adalah jenis font yang Anda pakai harus mudah dibaca. Ukurannya jangan terlalu besar dan jangan pula kekecilan.

8. Email

Untuk memulai promosi lewat email pastinya Anda membutuhkan daftar email terlebih dahulu. Daftar email ini bisa Anda dapatkan dengan membuat kolom opt-in di blog Anda. Kolom opt-in tersebut adalah kolom tempat pengunjung Anda menuliskan nama dan alamat email mereka. Bila Anda menggunakan jasa autoresponder maka nama dan alamat mereka langsung terekam di database akun Anda.

Tentu saja Anda harus memberikan ‘hadiah’ untuk menarik minat pengunjung blog Anda mengisi kolom opt-in. Hadiah yang Anda berikan bisa berupa ebook, aplikasi gratis, file audio atau yang lainnya. Tanpa ‘hadiah’ seperti ini maka akan sangat sulit mengharapkan pengunjung blog Anda mengisi opt-in.

Bila daftar alamat email Anda sudah cukup banyak, maka Anda bisa mulai mengirim pesan massal dan juga membuat jadwal pengiriman email secara berkala. Kedua fitur inilah yang ditawarkan oleh perusahaan seperti Aweber, iContact atau GetResponse. Saya juga menyarankan Anda untuk membaca: Autoresponder Indonesia Terbaik Untuk Bisnis Anda

9. PPC (Pay Per Click)

Ini adalah cara yang sangat saya sarankan jika ingin bisnis online Anda terus berkembang pesat. Promosi berbayar selalu menghasilkan pendapatan yang maksimal. Itulah sebabnya perusahaan besar tak segan-segan mengeluarkan ratusan juta rupiah untuk mempromosikan produk mereka. PPC adalah suatu layanan dimana Anda hanya membayar ketika website Anda di klik oleh pengunjung. Anda bisa gunakan Google Adwords atau Kliksaya.Com untuk menggunakan cara ini.

Demikianlah beberapa strategi promosi efektif yang bisa Anda praktikkan untuk memaksimalkan promosi bisnis online Anda.

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker