Inspirasi Sukses

Kisah Perjalanan Kesuksesan Perusahaan Apparel Nike

Kisah Perjalanan Kesuksesan Perusahaan Apparel Nike | Siapa sih yang tak kenal dengan Nike, yang merupakan salah satu perusahaan apparel terbesar yang ada didunia. Selain itu juga nike pun memang banyak menjadi sponsor berbagai macam klub olah raga tingkat dunia. Bahkan Nike rasanya sudah menjadi merk atau brand cirri khas dari berbagai macam jenis olah raga.

Mulai dari olah raga basket, sepak bola, renang, bulu tangkis, dan masih ada begitu banyak sekali berbagai macam jenis olah raga lainnya yang memang banyak menggunakan brand dari nike ini.

Tentu saja kesuksesan yang sudah berhasil di raih oleh nike sebagai salah satu perusahaan apparel terbesar didunia ini bukanlah hal yang selalu mulus begitu saja. Karena ada banyak sekali yang memang harus di lalui oleh Phil yang saat ini menjadi salah satu orang terkaya di Amerika berkat bisnis atau usahanya bersama Nike.

Phil knight sendiri merintis nike justru berawal saat ia diajak oleh salah satu pelatih sepak bola untuk mendirikan perusahaan sepatu olah raga. Karena ia melihat prospek atau peluang yang sangat bagu sekali, maka phil pun mulai mengkombinasikan kecerdasan dirinya dalam bidang bisnis.

Baca Juga:  Inspirasi Bisnis Dari Tukang Sayur

Kemudian ia pun mengembangkan bisnis sepatu olah raga tersebut dengan menargget pasar yang tepat. Usahanya tersebut bersama dengan sang mantan pelatih sepak bola diberi nama Blue Ribbon Sport. Tujuan dari usahanya tersebut memang khusus untuk menghadirkan berbagai macam produk sepatu olah khusus untuk para atletik, yang tak hanya berkualitas namun juga dibanderol dengan harga sangat terjangkau.

Karena pada saat itu mayoritas pasar sepatu olah raga untuk para atletik masih dikuasai oleh perusahaan Jerman. Meskipun memang saat itu berbagai macam produk sepatu yang dihasilkan berkualitas, tapi harganya masih sangat mahal sekali.

Melihat hal tersebut maka ia pun memiliki ide untuk mengimpor sepatu dari Jepang, dan bekerja sama dengan Japanese Onitsuke Tiger (ASICS), yang menghasilkan produk sepatu olah raga berkualitas namun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau untuk warga Amerika.

Bisnis yang dijalani oleh phil bersama dengan rekannya pun mulai mengalami perkembangan yang sangat pesat sekali, dan akhirnya ia pun membuka retail resmi dari Blue Ribbon Sport yang berada dikawasan Pico Boulevard, Santa Monica California, dimana untuk lokasi inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya brand olah raga ternama Nike.

Baca Juga:  Kisah Sukses Achmad Zaky, Otak Dibalik Berdirinya Bukalapak.Com

Kerja samanya dengan pengusaha jepang pun melahirkan sepatu olah raga yang sangat laris manis sekali, yaitu Cortez” yang memang sangat banyak sekali peminatnya di Amerika. Untuk nama Niek sendiri, ternyata ia dapatkan dari mimpi yang dialami oleh jeff pada suatu malam. Dimana di mimpinya tersebut ia mengubah nama brand Blue Ribbon Sports menjadi Nike.

Selanjutnya Nike pun digunakan menjadi brand perusahaan mereka, dan  kemudian memproduksi sepatu khusu Nike yang digunakan untuk atlet US Olympic Trials di Eugene, Oregon. Di luar dugaan, ternyata sepatu tersebut sangat menarik sekali bagi banyak orang, tak hanya para atlet saja, namun juga sangat menarik perhatian bagi masyarakat umum. Bahkan tak lebih dari 3 tahun, Nike pun sudah berhasil menguasai sekitar 50 % pasar Amerika.

Barulah selanjutnya , Nike pun mulai melebarkan sayapnya keberbagai macam engara, terutama yang berada di benua Asia dan juga Eropa. Bahkan Nike pun menjadi salah satu merk global yang memang paling sukses pada waktu itu. Sehingga membuat keuntungan pun menjadi semakin  meroket. Phill Knight yang menjadi CEO Nike pun menjadi salah satu orang terkaya di Amerika.

Baca Juga:  Kisah Sukses Pengusaha Muda Top Ittipat Jatuh Bangun Mencari Bisnis yang Tepat
Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker