Tutorial

Melihat Fungsi Screen Option Di WordPress

Melihat Fungsi Screen Option Di WordPress РSeperti saya janjikan sebelumnya dalam postingan Memanfaatkan Fitur Posting di WordPress, disini saya ini sedikit mengupas tentang sebuah fitur yang berada di sebelah kanan atas dari halaman postingan WordPress. Fitur ini adalah fitur yang sering diabaikan oleh banyak pengguna WordPress karena letakkanya mungkin yang agak tidak terlihat hingga sering terabaikan.

Saat kita berada pada halaman postingan, sebenarnya banyak fungsi yang dapat kita manfaatkan untuk memaksimalkan postingan kita, tapi pilihan ini tidak umum digunakan oleh pemula. Secara umum, tampilan pada layar postingan akan menunjukkan tampilan defaut yang sangat sederhana. Nah, pada pilihan Screen Option, kita diberi kebebasan untuk mengatur kembali tampilan layar postingan tersebut. Caranya sangat mudah. Tinggal klik Screen Option dan centang fitur yang ingin ditambahkan atau dihilangkan.

Tampilannya seperti berikut;

Berikut beberapa fungsi dari Screen Option yang jarang digunakan;

 

Excerpt, kolom ini berfungsi untuk membuat ringkasan tentang postingan yang akan diletakkan pada halaman situs kita. Tapi biasanya, Excerpt ini jarang dipakai karena banyak theme wordpress sudah memiliki fitur otomatis menyingkat postingan pada halaman depan.

Baca Juga:  Cara Ampuh Berpromosi di Facebook
Send Trackbacks, berfungsi untuk memberitahu kepada pengguna lain akan postingan yang telah kita buat. Fitur ini jarang digunakan karena dianggap spam oleh sebagian pengguna

 

Custum Field, berfungsi untuk memasukkan informasi lain tentang postingan kita

 

Discussion, pada bagian ini, kita bisa mengatur untuk membuat kolom komentar atau tidak pada postingan yang kita buat. Jika tidak dicentang itu artinya, pembaca tidak akan bisa memberikan tanggapan terhadap tulisan yang kita buat.

 

Author, box ini digunakan untuk memilih penulis yang akan ditampilkan pada setiap postingan, hal ini memungkinkan terjadi jika blog, web atau situs kita dikelola oleh beberapa penulis

 

Slug, fungsi ini sebenarnya sudah tergantikan dengan adanya Permalink dibagian atas postingan, oleh sebab itu jarang digunakan.
WordPress SEO by Yoast, fitur ini bukan fitur bawaan, tapi harus melalui proses instalasi sebuah Plugin bernama WordPress SEO by Yoast. Plugin ini sangat banyak digunakan karena sangat mudah dalam meningkatkan SEO situs kita.
Demikian sedikit tentang¬†Fungsi Screen Option Di WordPress. Semoga bermanfaat….
Baca Juga:  Cara Cepat Menghilangkan Tanda Obeng dan Tang di Blog

 

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker