Informasi dan Tips

Mengenal Beberapa Jenis Website, Mana yang Ingin Anda Buat?

Mengenal Beberapa Jenis Website | Bagi siapapun yang ingin memulai bisnis online, wajib yang namanya membuat sebuat website. Loh, kan bisa modal sosial media…, sosial media hanya perantara, website bersifat jangka panjang dan secara tidak langsung akan membentuk kepercayaan lebih bagus bagi calon pelanggan kita.

Maka, kehadiran sebuah website untuk bisnis online atau offline menjadi sangat penting di era informasi terbuka seperti saat ini dan tidak bisa digantikan dengan sosial media. Fungsinya pun berbeda, sosial media hanya bisa atau hanya bagus digunakan untuk menjalin hubungan dengan konsumen atau calon konsumen, sedangkan website berfungsi sebagai alat membangun kredibilitas diri, produk bahkan perusahaan.

Nah, tidak semua website memiliki fungsi yang sama. Berikut kami coba kupas beberapa jenis website yang ada di dunia online.

Website Blog (Weblog)

Jenis website ini biasa dikenal juga sebagai website yaitu website yang berfungsi untuk berbagi tulisan-tulisan tentang apapun. Weblog juga bisa digunakan untuk berbagi informasi tentang produk kita melalui deskripsi tulisan. Jadi tulisan-tulisan yang kita tulis di blog nantinya selalu punya kaitan dengan produk yang sedang kita pasarkan. Misal, Anda memasarkan produk kopi, maka weblog kita harus kita isi dengan hal-hal yang berkaitan dengan kopi seperti “Aneka Jenis Kopi, Manfaat Kopi, Sejarah Kopi” dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Apa dan Untuk Apa Google Doodles Itu?

Website Portal Berita (News)

Jenis Website  ini berfungsi sebagai media berbagi info-info terbaru terkait berita yang sedang terjadi. Website seperti ini biasanya selalu dikelola dengan sangat rutin, setiap jam bahkan detik harus diisi oleh informasi-informasi atau berita-berita terbaru agar pengunjung tidak beralih ketempat lain.

Website Jualan (Toko Online)

Jenis Website ini dikhususkan untuk berjualaan produk, biasanya langsung berisi harga produk, jenis, deskripsi produk dan memiliki cara pembayaran dan penentuan ongkos kirim secara otomatis. Jenis Website ini juga sering disebut dengan E-Commerce. Baca juga; Persaingan E-Commerce Serta Kelebihan dan Kelemahan E-Commerce

Website Perusahaan atau Organisasi

Website seperti ini biasanya dibuat oleh perusahaan, tampilan depannya sering dibuat seperti landing page atau satu halaman penuh yang memuat langsung detail isi dari website.

Forum (Untuk diskusi online pada topik-topik tertentu)

Jenis website forum berfungsi untuk saling diskusi tentang berbagai hal sesuai dengan niche atau segmen dari website tersebut. Website forum terbesar di Indonesia contohnya Kaskus.

Baca Juga:  Kursus Membuat Toko Online Professional GRATIS

Jejaring Sosial (Untuk berkomunikasi dan juga berkomunitas)

Facebook, masuk dalam kategori jenis website jejaring sosial atau website yang dibuat untuk berkomunikasi, berbagi atar sesama penggunanya.

Itu dia beberapa jenis website, saatnya Anda membangun website Anda sendiri, cara lengkapnya bisa pelajari di: MahirWebsite.Com

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker