Tutorial

Panduan Lengkap Awal Membuat Blog

Dalam beberapa hari ini saya banyak menghabiskan waktu untuk mengedit beberapa blog yang saya kelola. Lalu terpikir ingin sedikit berbagi tentang bagaimana cara ngeblog. Ini adalah postingan pertama saya tentang Panduan Membuat Blog Untuk Pemula. Anda yang sudah “mahir ngeblog” tidak harus membacanya, cukup rekomendasikan kepada teman Anda yang mau membuat blog tapi tidak tahu harus memulai dari apa atau dari mana.

Panduan cara membuat blog ini untuk platform blog Blogspot atau Blogger, yaitu blog yang di belakang alamat blognya ada blogspot.com, seperti http://www.muharsafa.blogspot.com.

Mengapa harus blogspot???
Alasan Pertama, awal mengenal blog, saya memang pake blogger.com, kedua, saat dulu di diminta isi seminar ngeblog juga saya sampaikan tentang blogger. Ketiga, karena blog ini adalah blog yang paling populer di dunia. hehehehe….

Menurut fiveforblogger.com, ada 5 keunggulan blogger dibandingkan dengan yang lain, yaitu’
1. Milik Google, sehingga akan mudah menikmati layanan google lainnya
2. Gratis, tidak perlu beli hosting
3. Mudah digunakan
4. Pake Bahasa HTML
5. Bisa buat nyari duit.

Cara Membuat Blog di Blogger

Baiklah, kita mulai saja panduan cara membuat blog di blogger/blogspot yang dilengkapi dengan “sedikit” tips SEO Blog-nya ini.

Membuat blog di blogspot TIDAK MEMERLUKAN EMAIL karena pada dasarnya begitu SIGN UP Anda membuat email juga, yaitu email di gmail (Google Mail). Makanya, yang sudah punya email di gmail, blognya tinggal bikin aja! Klik menu “More” dan pilih “Blogger”.

Ini dia langkah membuat blog di blogger/blogspot:
1. Buka www.blogger.com atau www.blogspot.com.
2. Klik tombol SIGN UP di sudut kanan.
3. Akan muncul halaman “Create your Google Account”. Isi deh tuh “formulir” yang tersedia.
4. Jangan lupa centang “I Agree to Google Term of Service and Privacy Policy”
5. Klik “Next step“.
6. Akan muncul halaman bertuliskan “Welcome! Your new email address is namaemailanda@gmail.com

Ini artinya, Anda sudah membuat email di Gmail (punya email baru di Gmail) dengan password yang Anda isikan di “formulir” sebelumnya. Simpan tuh password di tempat paling aman.


7. Klik “Back to blogger“.
8. Akan muncul halaman “Selamat di Datang di Blogger” atau “Welcome to Blogger”.

Di sudut kanan atas, ada pilihan bahasa. Pilih bahasa yang Anda kehendaki. Bisa Bahasa Indonesia, bisa juga Bahasa Inggris. Kita pilih “Bahasa Indonesia” >Indonesian (Bahasa Indonesia).


9. Di bagian “Konfirmasikan Profil Anda”, ada dua pilihan membuat profil, di Google Plus atau profil Blogger. Pilih aja “Profil Blogger” dengab nge-klik “Buat profil terbatas”.

10. Isi deh kolom yang tersedia, yaitu “Nama Tampilan“. Di sini Anda bisa menentukan nama tampilan Anda sebagai blogger, misalnya nama Anda sendiri atau nama lain. Kayak di Facebook atau di Twitter gitu lho….!

11. Setelah diisi, klik “Lanjutkan ke blogger“.
12. Maka… tampillah halaman Blogger Anda dengan nama “Blog <Profil Blogger/Nama Tampilan>”.
13. Klik tombol “Blog baru” yang ada di samping kanan, bersebalahan dengan teks “Ciptakan blog Anda
Anda belum punya blog apa pun, buat satu sekarang juga dan mulai tulis pos Anda!”

14. Setelah diklik “Blog baru”, akan muncul “formulir” pembuatan blog: “Daftar Blog  ›  Buat blog baru
15. Isilah kolom yang tersedia, yaitu Judul (nama blog Anda) dan Alamat (yaitu alamat URL blog Anda).

Baca Juga:  5 Cara Menghindari Kerusakan Mata Akibat Sering Didepan Komputer

Usahakan Judul (nama blog) relevan dengan Alamat URL. Misalnya, Judul: Contoh Blog. Alamat URL: contohblognih.blogspot.com. Judul dan alamat blog yang selaras akan membuat blog cepat terindeks Google dan cepat populer. Istilahnya: akan SEO (Search Engine Optimization) banget!


16. Pilih salah satu template yang Anda sukai, misalnya Template “Sederhana” (Simple). Klik templatenya!
17. Klik tombol “Buat blog” dan…..
18. Akan muncullah… “Blog Anda telah dibuat!”

Cara membuat blog tahap awal sudah SELESAI. Anda sudah punya blog! Selamat! Happy blogging…!!!

Mulai Posting! Tell the World!

19. Mulailah menulis posting (tulisan) di blog Anda yang baru saja dibuat. Caranya, klik teks “Mulai mengeposkan” atau tombol warna orange berlogo pena.

Tombol itu pula yang harus Anda klik setiap kali akan menulis posting baru.

20. Setelah tombol “warna orange berlogo pena” yang artinya “buat entri baru”, maka akan muncul halaman untuk membuat posting/tulisan.

21. Isi “Judul Pos” dengan judul tulisan Anda.
22. Klik kolom gede yang ada di bawahnya, yaitu kolom naskah. Isilah, tuliskan posting Anda di sana.

Jika tulisan Anda sudah disiapkan di file MS Word, sebaiknya jangan langsung Copy-Paste (Copas), apalagi kalau ada bagan atau gambar. Copy Paste dulu ke NOTEPAD, lalu atur spasi antarparagrafnya dengan ENTER di setiap ujung paragraf. Ingat! Tulisan di blog tidak mengenal “tekuk ke dalam” (indent).

Tips SEO: Sebaiknya, posting pertama Anda berupa “Basic Article”. Apa itu basic article, silakan baca Posting Pertama Blog yang Sering Dilupakan.

Menambahkan Foto/Gambar di Posting Blog

23. Kalo sudah, dan mau memasukkan foto, klikkan cursor mouse Anda di depan huruf pertama naskah posting, di bagian paling kiri, ujung kiri, naskah yang baru saja Anda tulis.

24. Klik tombol kota bergambar latar belakang biru (di samping kanan teks Link).

Akan muncul halaman pop-up “Pilig file” / “Select a file”. Klik “Pilih file” / “Choose files” dan silakan klik foto/gambar yang ada di folder komputer Anda.


25. Klik “Add selected“, maka foto akan masuk ke naskah.

26. Klik foto yang sudah ada di naskah. Di bagian bawah foto akan muncul menu kecil-kecil, yaitu ukuran foto yang akan ditampilkan (small – medium – large – X large -original size) dan posisi foto (left – center – right).

27. Juga ada “Add caption” (untuk menuliskan keterangan foto) dan “Properties”.

28. Pilih “Small” atau “Medium”! Klik “Propertis” dan isi “title text” (nama foto) dan “alt text” (alternative text). Selaraskan nama foto dan alt text dengan judul dan isi postingan (tulisan) Anda, lalu Klik “OK“.

Baca Juga:  Berjualan Gratis di Tokopedia

Post setting

29. Post setting (di sebelah/sidebar kanan), klik “Label” (tuliskan label/kategori posting Anda di sana, misalnya “Opini” atau “Berita” atau “Ceritaku” dll.)

30. Klik “Search Description” dan isi dengan teks judul posting Anda atau target kata kunci yang Anda incar di mesin pencari.

31. Selesai? Klik tombol “Publish” / “Publikasikan“.
32. Selamat! Suara Anda sudah mendunia. Go international! Anda sudah menjadi bagian dari warga dunia yang sharing dan berekspresi. Lanjutkan! Keep blogging!

Untuk panduan Lainnya bisa Anda pelajari di ANEKA TUTORIAL.

Sumber: www.contohblognih.blogspot.com

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker