Bisnis Online

Persaingan E-Commerce Serta Kelebihan dan Kelemahan E-Commerce

E-commerce merupakan sebuah kata yang sudah tidak asing lagi, karena begitu banyaknya e-commerce yang ada di Indonesia. Namun apakah anda menyadari bagaimana kelebihan dan kekurangan e-commerce. Yuk, simak info lengkapnya berikut ini.

E-commerce merupakan sebuah bisnis yang bertopang pada media elektorik khusunya jaringan internet, bisnis e-commerce bisa berbentuk perusahaan maupun perorangan pribadi, focus utamanya adalah transaksi jual beli.

Kalau zaman dulu kita hanya bias membeli barang manual alias membeli barang harus dating ke took, sekarang dengan adanya e-commerce pembelian barang bias dilakukan hanya dengan menggunakan tangan dan perangkat elektronik yang terkoneksi dengan internet.

Saat ini e-commerce banyak berkembangan dengan berbagai model seperti internet banking, toko online, pemesanan tiket pesawat, pemesanan kamar hotel, transaksi saham, atau penjualan barang lain. Sedangkan saat ini e-commerce di Indonesia yang cukup popular adalah bukalapak, lazada, mataharimall, elevenia, tokopedia, traveloka, dll. Baca juga: 4 Tipe E-Commerce di Indonesia yang Harus Kita Ketahui

Para pengurus e-commerce saling bersaing untuk menjadi toko online terpercaya dan untuk mendapatkan pengungjung yang banyak, hal ini bias dilihat dari banyak iklan dari masing-masing toko online yang muncul di televise dan banyaknya penawaran kemudahan transaksi bagi para pelanggan.

Baca Juga:  10 Fakta Unik Facebook Yang Belum Tentu Anda Ketahui

e-commerce

Kelebihan dan Manfaat e-Commerce bagi Pemilik Usaha

  • Memperluas pasar, hal ini berkaitan dengan pemasara produk secara online yang memiliki pangsa pasar lebih luas dan lebih banyak. Bahkan perdagangan ini bias dilakukan lintas daerah, lintas kota, lintas propinsi, bahkan lintas Negara.
  • Mengurangi biaya operasi perusahaan, membuka e-commerce memang tidak murah dan juga tidak mudah untuk menjadi terkenal, namun dengan adanya e-commerce biaya perusahaan untuk infrastruktur kemungkinan juga akan menurun.
  • Meningkatkan merk perusahaan, hal ini jelas karena semakin e-commerce tersebut terkenal maka produk-produk yang ada di dalamnya pun turut juga terkenal, apalagi e-commerce banyak memberikan promo-promo diskon. Ya, tahulah, kalau soal diskon mudah sekali tersebarnya informasi ini.
  • Menyediakan pelayanan pelanggan yang lebih baik, kenapa begini, karena tanpa brosur tanpa customer service, tanpa perlu dating jauh-jauh, konsumen bisa mengetahui tentang produk yang mereka cari hanya dengan perangkat elektronik yang terhubung dengan internet. Dan jika mereka membutuhkan informasi lebih, biasanya disediakan pusat informasi atau call centre oleh pemilik e-commerce.
Baca Juga:  4 Langkah Menghasilkan Uang Rutin Setiap Bulan Minimal $100 Dari Google Adsense

Kelebihan dan Manfaat e-Commerce bagi masyarakat

  • Bagi pelanggan, tentu akan memudahkan pelanggan untuk membandingkan produk, menentukan produk, dan mengetahui informasi produk.
  • Bagi penjual atau pelapak, tidak semua penjual memiliki e-commerce sendiri, ada yang numpang di e-cmmerce orang lain, ini tentu akan memudahkan bagi meraka untuk memasarkan produk mereka supaya lebih dikenal oleh masyarakat luas. Baca juga: Istilah-istilah Penting Untuk Pemain Toko Online

Kekurangan e-commerce

  • Anda tidak bisa melihat langsung barang yang anda pilih untuk dibeli secara riil, sehingga terkadang menimbulkan kekecewaan.
  • Ketika kita terburu untuk menggunakan barang yang kita beli, perlu menunggu sedikit lebih lama, karena harus menunggu pengiriman hingga barang tiba.
  • Barang yang sudah dibeli tidak bias dikembalikan.
  • Kondisi barang yang ada di foto dengan kondisi barang sebenarnya terkadang berbeda atau kesamaannya tidak sampai 100%.

Nah, itu tadi informasi yang bias saya sampaikan, semoag bermanfaat buat anda semua, dan jika anda gemar shoping lewat e-commerce hati-hati ya…Baca juga: Cara Membuat Sendiri Toko Online Murah dan Professional

Baca Juga:  Bingung Memulai Bisnis Online, Inilah Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol
Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker