HerbalifeKesehatan

Ramadhan, Niatkan Diet, Boleh Tidak?

Sangat menarik apa yang disampaikan oleh penceramah setelah shalat isya’ semalam. Sang ustad berkata bahwa banyak orang yang berpuasa akan terlihat lebih langsing dan sehat dibulan Ramadhan tapi faktanya malah terbalik, banyak orang justru mengalami kenaikan berat badan setelah Ramadhan. Kenapa? karena pola hidup sehat selama Ramadhan tidak betul-betul mereka jalankan, mereka terlalu terobsesi dengan makanan yang ada dihadapannya saat waktu berbuka tiba, sehingga shalat magrib, isya’ dan tarawih pun akhirnya bermalas-malasan.

Disini menarik untuk membuat pertanyaan, bolehkah berpuasa tapi juga di niatkan untuk turun berat badan atau langsing selama berpuasa?

Jawabannya,
Hakikat dari berpuasa dibulan Ramadhan adalah sebuah kepatuhan kepada Allah akan sebuah perintah. Yaitu menahan diri dari makanan dan minuman serta yang membatalkannya dari terbit hingga terbenam matahari. Jika ada orang yang berpuasa tapi berniat untuk langsing, ini sudah terjadi penggabungan niat. Antara niat ukhrawi dan duniawi.

Nah, saat kita berpuasa tapi juga berniat diet, ini sudah merupakan sesuatu yang tercela dalam artian mengharapkan pahala namun dengan tujuan bukan karena Allah semata. Ibadahnya bisa jadi sah selama niat duniawinya tidak lebih dominan, tapi perbuatan niat yang dilakukan sudah melenceng dari apa yang disyara’ kan sehingga pahala yang didapat tidak ada. Lebih parahnya lagi kalau meniatkan puasa untuk berdiet, ini sudah jelas perbuatan terlarang.

Allah sendiri dalam Alquran sudah mengancam orang yang beribadah karena tujuan dunia, dalam Alquran disebutkan;

“Barangsiapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan” [Hud : 15-16]

Bisa jadi dengan puasa yang kita niatkan untuk diet akan membuat kita langsing, tapi itu tidak memiliki pahala sedikitpun disisi Allah SWT bahkan mendapatkan neraka diakhirat kelak. Nauzubillah…


So, solusinya bagaimana agar dengan berpuasa bisa langsing? 

Yang pertama, perbaiki benar-benar niat kita berpuasa, nyatakan seyakin-yakinnya bahwa kita berpuasa hanya karena mengharap ridha Allah SWT dan menjalankan perintah-Nya, bukan karena ingin diet.

Kemudian mulai perbaiki pola makan kita saat berbuka dan sahur, ikuti apa yang disarankan oleh Rasulullah dan juga dalam ilmu kesehatan serta gizi. Tetap penuhi kebutuhan nutrisi Anda dengan nutrisi yang seimbang. Insya Allah, selain pahala puasa, tubuh yang sehat dan langsing pun akan didapat. Langsing yang kita dapat haruslah berdasarkan dari usaha kita merubah pola makan bukan karena sudah diniatkan dari awal.

So, sudah siap untuk langsing? Download dan Baca panduan lengkap berpuasa dengan nutrisi, klik gambar dibawah ini;

Jangan lupa download juga Ebook Panduan Diet Sehat GRATIS DISINI, Ebook Diet Sehat!

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker