Sekitar Kita

Tips Menjadi Marketing atau Sales Yang Hebat Dalam Penjualan Apapun

Tips Menjadi Marketing atau Sales Yang Hebat Dalam Penjualan Apapun | Marketing / Sales merupakan salah satu pekerjaan yang mungkin banyak dihindari oleh banyak orang karena pekerjaan marketing ini membutuhkan keberanian berbicara dengan orang lain dan bernegosiasi dengan baik. Kebanyakan orang berfikir bahwa marketing merupakan pekerjaan yang sulit dan melelahkan karena marketing identik dengan lapangan.

Namun bagi sebagian orang yang berani mengambil tantangan dalam marketing tentu melihat marketing sebagai peluang yang besar, karena dari pekerjaan marketing anda bisa mendapatkan uang lebih dibanding pekerjaan dalam kantor. Nah, bagi anda yang tertarik dengan pekerjaan marketing atau anda saat ini sedang bekerja dalam posisi marketing, simak aja informasi tips menjadi marketing handal berikut ini.

Product Knowledge

Product knowledge atau pengetahuan tentang produk yang dijual penting dikuasai oleh seorang sales karena dari situ anda bisa dengan luwes mempresentasikan produk anda kepada prospek atau calon konsumen anda. Yang paling penting sampaikan kegunaan, manfaat, dan kelebihan dari produk anda supaya anda berhasil closing. Dengan mengetahui product knowledge anda juga bisa menentukan target pasar anda.

Jaringan Bisnis

Menambah jaringan bisnis menjadi penting dilakukan oleh seorang sales, karena dengan bertambahnya jaringan maka bertambah pula prospek konsumen yang akan anda dapatkan. Caranya, anda bisa mengikuti komunitas-komunitas yang ada di daerah anda, atau anda dapat menjaring melalui social media, untuk itu anda harus memiliki smartphone untuk efeisiensi waktu dan mempermudah pekerjaan anda.

Interaktif dan Optimis

Interaktif merupakan salah satu sikap yang penting dalam sebuah marketing, hal ini karena konsumen perlu diperhatikan dan direspon, jangan sampai mengecewakan konsumen. Dan anda juga harus memiliki sikap optimis bahwa apa yang anda jual akan laku dan mendatangkan kebaikan untuk anda. Miliki strategi agar anda juga mengahsilkan closing yang semakin banyak setiap harinya, berubah strategi ada baiknya, karena mungkin strategi yang lama sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman saat ini.

Manajemen Waktu

Waktu akan terus berbutar dan tidak bisa kembali lagi, untuk anda harus pandai mengelola waktu anda supaya pekerjaan anda berjalan sebaik mungkin. Anda memerlukan kemampuan adaptasi, disiplin, dan fleksibilitas. Manfaat yang anda dapatkan ketika anda sudah berhasil mengelola waktu anda, maka janjian dengan banyak klien atau calon konsumen pun tidak masalah.

Kenali Prospek

Mengenali prospek bisa menjadi salah satu alternative untuk bisa menjual. Untuk mengenali prospek bisa dilakukan dengan bertanya, tentunya bertanya yang dimaksud adalah bertanya yang efektif. Temukan keinginan, kekurangan atau masalah prospek, dan anda juga harus siap menawarkan solusi yang tepat. Mungkin barang yang anda jual merupakan salah satu jalan keluar dari masalah prospek anda. Sales yang handal, bahkan mampu membuat barang yang mereka jual menjadi kebutuhan mereka awalupun awalnya calon konsumen tidak memerlukannya.

Handal Mengatasi Penolakan

Hal mendasar yang harus disadari oleh seorang sales adalah bahwa ada dua kemungkinan yang akan anda terima ketika anda menawarkan barang anda, yakni penerimaan closing atau penolakan. Penerimaan membuat kita senang dan bungah, namun penolakan kadang membuat kita patah semangat.

Prospek yang menolak tidak selamanya menolak, untuk itu kenali kenapa konsumen anda menolak, dan jika memungkinkan di lain waktu atau beberapa bulan ke depan, hubungi lagi prospek anda. Hal ini selain menawarkan barang yang lama anda juga bisa menawarkan produk baru, sambil say hello. Dari situ anda juga menjalin persahabatan dengan prospek anda.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker