Informasi dan TipsWanita

Fakta Menarik Geevv, Mesin Pencari Karya Anak Bangsa Penggantikan Google?

Fakta Menarik Geevv, Mesin Pencari Karya Anak Bangsa  | Membangun sebuah start-up yang berfokus pada mesin pencarian bukan perkara mudah, apalagi berharap bisa menyaingi raksasa mesin pencari dunia sekelas Google. findtoyou.com dan nowgoogle.com adalah situs yang berfungsi sebagai mesin pencari karya anak bangsa yang harus tumbang karna tidak sanggup bersaing.

Namun kini hadir kembali sebuah mesin pencari bernama Geevv.Com yang dibuat oleh Azka Silmi, mahasiswi Universitas Indonesia yang bekerja dengan beberapa timnya mengembangkan start up mesin pencari.

Berbeda dengan pendahulunya, Geevv justru dibangun dengan konsep yang sangat berbeda. Lalu apa saja keunikan dan perbedaan Geevv dengan pendahulunya agar tidak bernasip sama? Berikut beberapa fakta tentang Geevv;

Dibuat Oleh Mahasiswi Berhijab

Geevv.Com diprakarsai oleh seorang mahasiswi FISIP Universitas Indonesia bernama Azka Asfari Silmi yang bekerja sama dengan beberapa temannya. Sebulan bekerja membangun ide dan gagasan, tepat pada tanggal 26 September 2016 Geevv resmi diluncurkan. Jika dilihat dari facebook Azka, wanita yang masih berusia 21 tahun ini selalu menggunakan hijab disetiap kegiatannya.

Baca Juga:  Kisah Kelam Sang Pemilik Brand Victoria’s Secret

Ide Geevv sendiri muncul setelah Azka mengikuti beberapa seminar tentang Start Up dan melihat potensi yang ingin ia bangun ada pada mesin pencari yang akhirnya ia gabung dengan minatnya dibidang sosial.

Social Search Engine Bukan Hanya Bussines Search Engine

80% persen keuntungan yang diperoleh oleh Geevv akan didonasikan untuk kegiatan dan program sosial di bidang pendidikan, kesehatan, dan kemiskinan oleh karena itu, mesin pencari ini disebut dengan Social Search Engine.

Hanya 20% keuntungan yang didapat dari pengiklan dimanfaatkan untuk aktivitas bisnis yang menunjang tetap eksisnya Geevv di belantika mesin pencari.

Gratis, Tidak Menarik Uang dari Pengguna

Sama seperti mesin pencari Google, mesin pencari Geevv juga gratis digunakan oleh siapapun, bahkan disarankan untuk dijadikan sebagai mesin pencari utama saat berselancar di Internet. Penghasilan Geevv sendiri berasal dari iklan yang dipasang oleh pihak ketiga.

Geevv menarik uang dari 3 manfaat yang diberikan kepada pengiklan yaitu Geevv Ads, Rekomendasi Geevv, and Kota. Geevv Ads sama seperti iklan lainnya. Brands dapat membeli keyword atau space iklan di Geevv dan menjadi partner untuk beriklan.

Baca Juga:  Strategi Re-Marketing di Internet Menggunakan Google Adwords

Geevv akan mendapatkan penghasilan dari setiap klik yang dilakukan pada iklan. Rekomendasi Geevv adalah bentuk iklan yang ditampilkan dalam hasil pencarian telah disesuaikan dengan preferensi pencarian.

Kota adalah direktori kota yang menyediakan informasi tentang bisnis lokal dan hyperlocal. Jika bisnis ingin informasi perusahaannya ditampilkan dalam Kota, perusahaan harus mendaftarkan diri.

Setiap Pencarian Dihitung Sebagai Donasi

Unik, setiap pengguna yang memanfaatkan Geevv sebagai sarana mencari informasi di Internet akan dihitung sebagai donasi. Setiap pencarian akan dikonversi menjadi Rp. 10,-, makin banyak pencarian yang dilakukan oleh pengguna maka, akan semakin besar donasi terkumpul.

Pada tahap awal, donasi sendiri berasal dari kantong pendirinya. Total donasi sendiri bisa kita lihat pada pojok kanan atas Geevv.Com.

Tidak Murni Karya Anak Bangsa

Meski dibuat dan dikomandoi oleh orang Indonesia, Geevv tidak murni menggunakan fitur-fitur dan database yang dibangun sendiri.

Saat ini Geevv.Com masih menggunakan API milik mesin pencari Bing.Com dari Microsoft dari Amerika. Karena memang faktanya membangun sebuah indeks pencarian itu tidak mudah, butuh modal yang tidak sedikit.

Baca Juga:  6 Cara Efektif Meningkatkan Follower Instagram

Maka misal, jika kita mengetikan pencarian “BAHAYA HERBALIFE” hasil yang kita dapat antara Geevv.Com dan Bing.Com adalah sama.

Tapi tidak menutup kemungkinan, seiring berjalan waktu dan banyak digunakan, Geevv akan memiliki database pencarian sendiri dan murni dibangun oleh anak negeri.

Tersedia di Google PlayStore

Saat ini mesin pencari karya anak bangsa ini sudah tersedia di Google PlayStore dan dapat di unduh dengan nama Geevv – Social Search Engine.

Apapun karya anak bangsa harus selalu kita dukung agar terus berkembang, salah satu cara mendukung Geevv.Com adalah dengan menjadikannya sebagai mesin pencari utama saat berselancar didunia Internet. Apalagi Geevv sendiri menargetkan 80% penghasilannya untuk membantu orang tidak mampu. Mari gunakan!

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker