Informasi dan Tips

Fungsi Tuas Transmisi Otomatis Toyota

Hallo readers…postingan kali ini hanya sekedar berbagi, mungkin sudah banyak yang tahu, tapi dari pada gak tau ngerjain apa saat sedang nunggu mobil yang lagi di service di bengkel resmi toyota, saya coba sedikit sharing tentang Fungsi Tuas Transmisi Otomatis Toyota.

Dulu awalnya saya tidak paham dan terkesan takut saat pertama kali mengendarai mobil dengan tuas otomatis. Soalnya, saat kursus mengendarai mobil prakteknya pake mobil dengan tuas manual. Tapi ternyata sangat guampang mengendarai mobil dengan tuas otomatis. Hanya saja, perlu belajar juga bagaimana mengendarai dengan tuas manual karena kebanyakan orang bilang, jika bisa manual pasti gampang yang otomatis, tapi jika bisa otomatis belum tentu bisa manual.

Nah, berikut Fungsi Tuas Transmisi Otomatis Toyota. Loh, kok toyota? ia, karna mobil saya merknya toyota.hehehehe…tapi sepertinya, hampir semua merk mobil sama fungsinya. Ini dia Fungsi Tuas Transmisi Otomatis Toyota:

P = Roda dalam posisi terkunci, mobil tidak dapat bergerak dan tidak bisa juga didorong, saya biasanya nyebut fungsi ini sebagai fungsi yang khusus dipakai saat parkir.

Baca Juga:  Disini Tempat Mengintip Kecanggihan Mercedes-Benz

R = Posisi mobil bergerak mundur

N = Posisi mobil dalam keadaan bebas, artinya mobil bisa didorong maju dan mundur

D = Digunakan untuk berkendara dalam posisi normal, transmisi pada posisi ini akan berubah secara otomatis sesuai kecepatan kendaraan

3 = Digunakan untuk berkendara dengan kondisi normal dan pada posisi ini transmisi akan berpindah sesuai kecepatan sampai kepada roda gigi ke tiga

2 = Digunakan untuk jalan mendaki / menurun. Pada posisi ini transmisi dibatasi hingga roda gigi kedua saja

L = Digunakan untuk daerah yang berkontur jalan curam seperti pegunungan yang berguna menahan laju kendaraan atau mendaki. Perpindahan tranmisi kendaraan dibatasi untuk roda gigi pertama saja.

+/- = Fungsi ini terdapat pada mobil sport toyota yang digunakan pada saat melakukan akselerasi dan diselerasi secara cepat.

Tombol shift lock = Fungsi tombol shift lock ini untuk melepas kuncian tuas trasmisi agar dapat dipindahkan ke posisi N (saat mesin mati), digunakan untuk parkir paralel ditempat yang memang disediakan dan dalam kondisi jalan raya.

Demikian Fungsi Tuas Transmisi Otomatis Toyota. Semoga bermanfaat yaaa…Baca juga
Cara Menggunakan Kendaraan Tuas Otomatis.

Baca Juga:  Ada Hari Ayah di Google Doodle

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker