Bisnis OnlineInformasi dan Tips

Startup dan Cara Membangun Startup Bisnis Dari Awal !

Startup merupakan istilah bahasa inggris yang berarti memulai suatu sebuah organisasi baru atau bisnis baru. Kata startup mungkin sudah cukup familiar disebagian kalangan terutama kalangan orang-orang IT, namun ada juga sebagian kalangan yang belum mengenal apa itu startup.

Startup itu sendiri telah banyak berkembang di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, dll. Di Indonesia, perkembangan startup menunjukkan perkembangannya pada tahun 2012 dengan banyaknya iklan TokoBagus dan Berniaga di televisi.

Hal itu menunjukkan perkembangan teknologi di Indonesia semakin meningkat, ditambah lagi banyaknya forum-forum diskusi via internet yang sudah banyak memiliki anggota seperti KasKus.

Salah satu daerah yang cukup pesat perkembangan startup-nya adalah Jogjakarta, di mana pada tahun 2013 banyak bermunculan web-web baru seperti MbakDiskon, Gamatechno, dll.

Membuat startup bisnis sukses memang tidak mudah, namun selalu ada cara bagi mereka yang punya impian dan mau terus berusaha dan mencoba. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatian dan anda lakukan untuk membuat startup bisnis yang anda bangun bisa meraih kesuksesan, antara lain:

  • Menentukan Tujuan Startup Bisnis yang Jelas dan Terukur
Baca Juga:  Facebook Lakukan Update News Feed Terbaru, Ini Perubahan Pentingnya

Tujuan perlu ditetapkan, karena tujuan ini bisa menjadi pemicu semangat buat anda semua, terutama ketika anda sedang merasakan kelemahan atau kegagalan ingatlah tujuan utama anda. Tujuan tidak melulu hanya untuk mencari keuntungan yang tinggi namun bisa lebih dari itu, misalnya tujuan keluarga, tujuan sosial, tujuan kemajuan, dan lain-lain. Ketika anda menetapkan tujuan hendaknya anda juga memikirkan mau di bawa ke mana bisnis anda selanjutnya.

  • Gagasan Bisnis

Banyak orang yang memiliki angan-angan atau gambaran bisnis dalam benak mereka, namun diantara mereka ada banyak yang bingung menentukan bisnis yang harus benar-benar dijalani yang mana. Was-was tentu menghantui bagi orang yang kan melakukan startup bisnis. Hal ini bisa diminimalisir dengan melihat apa yang paling anda sukai, yang memiliki prospek bagus, dll.

  • Rencana dan Strategi Bisnis

Setelah anda menentukan gagasan startup bisnis yang akan anda lakukan, langkah selanjutnya adalah anda perlu menyusun rencana bisnis sekaligus strategi bisnis yang akan anda jalankan. Kedua hal ini penting, karena rencana dan strategi bisnis akan menjadi pengontrol bisnis anda, sebagai pengendali, sebagai pengukur keberhasilan, dan sebagai acuan bisnis anda.

  • Rekrut dan Bangun Tim yang Solid
Baca Juga:  6 Langkah Tepat Menghasilkan Uang Dari YouTube

Bisnis akan membangun sebuah organisasi yang didalamnya terdapat banyak personal dengan berbagai keahlian profesional. Namun keahlian profesional saja tidaklah cukup, diperlukan personal yang mampu bekerja secara mandiri dan kelompok atau tim, personal yang berfikir maju dan mau berkembangan, serta personal yang bisa memimpin dan personal yang bisa dipimpin. Buat oragnisasi bisnis anda menjadi organisasi bisnis yang  solid. Anda bisa menggunakan banyak metode untuk ini misalnya saja diskusi bareng, family gathering, tidak membatasi ide setiap karyawan, dll.

  • Qona’ah atau Konsisten

Konsisten sangat penting dimiliki oleh dalam diri setiap orang yang berbisnis, karena jika tidak konsisten bisnis anda bisa jadi akan berhenti ditengah jalan. Ketika anda konsisten dengan bisnis anda kemungkinan anda akan semakin mahir dalam bisnis anda karena begitu banyaknya pengalaman yang anda miliki dalam perjalanan bisnis anda. Namun bukan hanya anda, anda juga harus mengajak tim anda untuk tetap konsisten dalam semangat dan bisnis.

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker