Wordpress

Cara Paling Mudah Mengembalikan Password WordPress Saat Anda Lupa Segalanya

Cara Paling Mudah Mengembalikan Password WordPress – Kemarin sempat dibuat pusing karena saya lupa password untuk masuk ke web wordpress yang saya kelola. Jika lupa pasword wordpress sebenarnya sangat mudah, tinggal klik link Forgot Password dan konfirmasi untuk password wordprees akan segera dikirimkan ke email kita.

Tapi yang gawatnya, kita lupa segalanya, lupa email, lupa password juga lupa username, setelah klik forgot password pun tak kunjung dapat email balasan meski email yang kita tebak sudah benar. Pusingkan?

Setelah cari sana-sini, akhirnya saya berhasil masuk kembali ke web wordpress saya dengan password baru. Nah, Cara Paling Mudah Mengembalikan Password WordPress saat kita lupa password ternyata mudah. Kita masih bisa memanfaatkan layanan hosting wordpress yang kita beli. Kita bisa masuk melalui Cpanel kita contoh seperti: www.domainanda.com/cpanel. Lantas kalau lupa password masuk cpanel gimana?

Nah loh….Anda benar-benar pelupa segalanya ternyata. Tapi tenang, Anda masih ingatkan dimana Anda membeli layanan hosting Anda? Lupa juga? Cek email Anda, karena Anda pasti pernah berkomunikasi dengan penyedia hosting saat beli hostingan mereka. Masih lupa juga? Maka lupakanlah website Anda, silahkan buat website baru dengan hosting baru juga.
Jika Anda ingat salah satunya, mari lanjutkan tutorial kita ini. Hubungi admin penyedia hosting lalu katakan Anda lupa masuk ke cpanel Anda karena lupa password.
Menurut pengalaman saya, dalam sekejab Admin akan mengirimkan username dan password login terbaru ke email Anda. Makanya, pilih penyedia hosting yang pelayanannya bagus yaaa….Baca: ini Baru Penyedia Hosting Unlimited Indonesia.
Oke? Silahkan masuk ke cpanel Anda dengan username dan password;
Berikutnya scroll kebawah sampai ketemu kolom Databases lalu klik phpMyAdmin
Pilih database web yang ingin Anda buka, contoh seperti saya dibawah ini

 

Cari wp_users lalu klik Browse yang ada disampingnya;

 

Berikutnya akan muncul kolom user yang ada pada web Anda. Saya sendiri disini hanya satu, karena penggunanya cuma satu orang. Hal ini bisa Anda manfaatkan jika pengelola web Anda ikut-ikutan lupa pasword, tinggal pilih user mana yang ingin dibuatkan password baru. Lalu Klik Edit

Baca Juga:  Wordpress Plugin Untuk Data Siswa, Guru dan Alumni

Pada kolom user_pass Function nya pilih MD5 dan Value isikan dengan password baru Anda. Setelah itu klik tombol GO yang ada dibagian paling bawah.

Jika Anda ingin mengubah juga username Anda, silahkan ganti pada kolom user_login

Sekarang permasalahan lupa password wordpress Anda telah selesai, silahkan login ke wordpress dengan username dan password baru yang telah Anda buat melalui cpanel tadi. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat yaaa…..Baca juga: Melihat Fungsi Screen Option di WordPress

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker