Sekitar Kita

3 Cara Jualan di Instagram untuk Pemula Yang Wajib Di Ketahui

Bisnis online menjadi tren yang semakin digilai masyarakat di era digital ini. Selain praktis cara pemasaran bisnis online pun tidak membutuhkan modal yang banyak karena semua dilakukan secara online menggunakan internet. Kamu bisa menggunakan media sosialmu sebagai sarana promosi produk yang kamu jual.

Salah satu media sosial yang lagi happening adalah instagram.  Hampir setiap satu jam sekali para instagramer membuka instagram sekedar untuk scrooling atau me-like foto-foto selebgram yang unik. Semakin banyak pengguna instagram artinya semakin besar peluang kamu untuk menggaet calon pembeli.

Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri buat kamu yang ingin memulai bisnis online lewat instagram. Namun, kamu harus memahami cara jualan di instagram untuk pemula agar bisnismu bisa membuahkan hasil yang maksimal.

Modal yang dikeluarkan untuk berjualan  lewat instagram memang lebih sedikit dibandingkan iklan konvensional. Namun income yang didapatkan bisa berlipat-lipat asal kamu menerapkan strategi yang tepat.  Terbukti banyak sekali pebisnis online yang sukses hanya berjualan lewat instagram.

Tentunya untuk menjadi pebisnis online yang sukses  tidak semudah membalikkan telapak tangan khususnya buat para pemula. Ada 3 cara jualan di instagram untuk pemula yang harus kamu lakukan step by step agar bisnis onlinemu digemari masyarakat.

  1. Membuat Akun Bisnis

Cara jualan di instagram untuk pemula yang pertama adalah membuat akun khusus untuk bisnis online. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembeli ketika mencari tahu tentang produkmu. Kamu bisa mengubah akunmu dari personal menjadi akun bisnis agar terlihat profesional.

Selain kesan profesional dengan akun bisnis kamu juga bisa mengaktifkan fitur bisnis seperti kontak dan kebutuhan iklan. Kamu bisa menamai akunmu sesuai dengan produk atau brand yang kamu jual agar mudah diingat.

Usahakan untuk nama brandmu mengandung kata kunci agar selalu muncul di kolom pencarian. Jangan lupa untuk menyertakan profil seperti kontak dan alamat website jualan untuk menggiring traffic dari instagram menuju website (lapak online).

  1. Upload Foto Dengan Keterangan Yang Lengkap

Sebagai awalan kamu bisa mengupload foto produk minimal 30 gambar agar calon pembeli  tidak bosan dengan tampilan akunmu yang kosong. Gambar yang kamu upload juga akan menarik calon pembeli untuk mengenal produkmu lebih dekat.

Jangan lupa untuk menyertakan nama brand di sudut kanan atau bagian kosong lain yang tidak menutupi gambar produk. Selanjutnya adalah menuliskan tentang deskripsi produk di bagian caption. Jangan lupa sertakan #hastag yang berkaitan dengan produk yang kamu jual.

Misalnya kamu menjual masker spirulina maka kamu bisa mencantumkan hastag #maskerspirulinamurah dan lain sebagainya.  Sertakan minimal 20 #hastag teratas. Manfaat penggunaan #hastag adalah untuk  membantu calon pembeli menemukan produkmu dengan lebih mudah.

  1. Mencari Followers

Setelah selesai mendesain akun semenarik mungkin langkah selanjutnya adalah mencari followers atau calon pembeli. Ini adalah bagian terpenting dari cara jualan di instagram untuk pemula.

Bagaimana caranya?. Pertama, kamu harus mencari akun yang berjualan produk yang sama dengan yang kamu jual lewat #hastag di kolom search. Kemudian kamu follow akun tersebut beserta followernya. Follow akun-akun tersebut secara konsisten namun jangan dalam satu waktu karena   beresiko akunmu akan dibanned.

Setelah itu pasti akan ada banyak akun yang memfollow back. Jangan lupa untuk rajin memberikan like atau komentar di akun followers kamu.

Itu tadi adalah 3 cara jualan di instagram untuk pemula. Masih banyak cara-cara lanjutan lain yang harus kamu lakukan agar daganganmu laris.

Seperti memberikan diskon di hari-hari tertentu atau dengan model give away dengan syarat share,repost and mention. Cara kreatif ini bisa menjadi salah satu peluang kamu untuk menambah followers dan mempromosikan produk.

 

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker