Tutorial

Cara Ampuh Berpromosi di Facebook

Saat ini facebook adalah jejaring sosial yang paling banyak di gunakan didunia. Seiring perkembangan teknologi dan fitur-fitur terbaru dari Facebook, kini facebook banyak dipakai oleh para pebisnis baik online maupun offline untuk mempromosikan produknya.

Berikut kami coba sharingkan bagaimana cara ampuh berpromosi di facebook. Langkah pertama dan pasti adalah membuat sebuah akun facebook melalui facebook.com. Atau dengan menggunakan akun facebook kamu yang telah ada. Tapi usahakan memasang sebuah foto profil yang terlihat lebih profeesional dan menarik.

Memanfaatkan beberapa fasilitas gratis yang disediakan oleh facebook!

ADD FRIEND

Ini adalah fasilitas umum yang disediakan oleh facebook dimana kita bisa menambahkan siapa saja yang kita ingiinkan untuk bergabung dengan akun facebook milik kita.

Manfaat kan fitur ini untuk mencari teman atau target market yang kita inginkan, Anda menambahkan maksimal 50 orang baru setiap hari melalui fasilitas ini, carilah teman yang menurut Anda cocok untuk produk atau bisnis yang sedang Anda jalankan atau ingin promosikan.

Agar lebih efektif dalam menambahkan pertemanan yang tertarget dan sesuai dengan bisnis Anda, gunakan fanspage atau grup facebook.

Contoh, jika produk Anda adalah produk tentang diet, maka masuklah ke fanspage atau grup yang punya tema tersebut lalu tambahkan orang-orang yang ada didalam nya menjadi teman di akun facebook Anda.

Baca Juga:  Melihat Fungsi Screen Option Di Wordpress
facebook unik
Contoh Tampilan Facebook Professional by: snapconference.com

UPDATE STATUS

Status atau postingan ini berfungsi untuk menanfakan bahwa akun faecbook Anda saat ini masih dalam keadaan aktif. Updatelah atau tuliskan sesuatu yang baru di timeline Anda minimal 3 sampai 4 kali sehari. Tulislah status yang menarik, hindari curhat pribadi seperti ‘mau mandi ah….’ dll.

Tulislah status yang sesuai dengan produk yang ingin Anda tawarkan nantinya. Usahakan jangan berpromosi tentang produk Anda jika pertemanan masih dibawah 4000 orang. Jika kehabisa kata atau ide untuk postingan status, Anda bisa copi paste dari web-web besar, berita-berita online, gambar, video youtube dan lain sebagainya.

ALBUM PHOTO/VIDEO

Biasanya, konten yang berisi gambar atau video akan sangat mudah menyebar secara viral sama seperti kata pepatah, gambar dapat mewakili ribuan kata.

Uploadlah gambar-gambar atau video yang terlihat menarik, unik dan aneh. Sehingga setiap orang yang melihatnya akan terbawa perasaan dan ikut membagikannya melalui akun facebook mereka. Pastikan gambar atau video tersebut sesuai dengan produk yang ingin Anda promosikan

Sesekali baru Anda upload produk Anda sendiri dan membuatkan album khusus untuk produk Anda. berilah keterangan sedetail mungkin tentang produk Anda, bila perlu sertakan cara mendapatkan produk tersebut dengan mudah dan cepat.

Baca Juga:  Membuat Recent Post Foto Saja

NOTE/CATATAN

Fasilitas ini hampir sama dengan fasilatas yang ada pada layanan blog. Catatan dapat dimanfaatkan untuk mengulas dan memberikan informasi lebih lengkap mengenai produk-produk Anda. Disini Anda bisa mempresentasikan lebih lengkap tentang produk Anda. Usahakan selingin juga dengan tips-tips seputar produk Anda, jangan melulu berpromosi.

EVENT

Event adalah fasilitas yang disediakan facebook untuk pemberitahuan disaat Anad ingin menjadwalkan kegiatan tertentu. Disini Anda diberi keluasaan untuk menandai teman yang ingin Anda beritahukan tentang kegiatan tersebut.

Fasilitas event ini juga bisa Anda gunakan untuk menyebarkan info-info terbaru tentang peluncuran produk baru, jadwal diskon produk kamu, sale, jadwal seminar dan sebagainya.

FANPAGE

Saat ini, untuk sebuah bisnis online tidak bisa luput dari peranan Fanspage. Fasilitas ini bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk atau meningkatkan brand image perusahaan Anda.

Fanspage facebook dibuat untuk menyeimbangi akun facebook yang memiliki keterbatasan dalam hal pertemanan yaitu hanya mampu menampung 5000 akun pertemanan dalam sebuah akun facebook. Untuk fanspage, kita tidak dibatasi berapapun pertemanan, makanya fanspage kerap digunakan untuk branding sebuah produk atau untuk keperluan bisnis.

Baca Juga:  Cara Cepat Menghilangkan Tanda Obeng dan Tang di Blog

Halaman atau fanspage dapat Anda manfaatkan untuk menarik pengguna facebook berdasarkan minat atau keinginan, sehingga akan lebih mudah menemukan target pasar yang potensial. Buatlah fanpage milik Anda sendiri, kemudian kelola seperti halnya akun facebook. Cari sebanyak mungkin fan atau penggermar, sehingga setiap update status semakin banyak yang melihat. Jika punya kelibihan dana, Anda bisa mempromosikan akun fanspage Anda melalui fasilitas perikalanan Facebook

GRUP

Sama seperti fanpage atau halaman, grup juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemirsa dari iklan atau promosi Anda. Jika dikelola dengan baik, grup dapat menarik hingga ratusan ribu anggota dengan sangat cepat. Dan grup lebih mudah menyebar dibandingkan dengan fanpage, karena setiap anggota grup dapat “menculik” setiap temannya masuk menjadi anggota grup.

Cara promosi di grup bisa dengan mempostingkan langsung iklan kamu di grup milik Anda sendiri  ataupun grup milik orang lain yang kamu ikuti. Usahakan menyertakan gambar yang menarik saat  posting di grup, ini biasanya akan lebih banyak dilihat. Jadi hanya dengan memanfaatkan fasilitas gratisan di facebook saja kita dapat dengan mudah pasang iklan gratis ke ribuan target pasar yang sangat potensial.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker