Bisnis OnlineInformasi dan TipsMedia Sosial

Facebook Lakukan Update News Feed Terbaru, Ini Perubahan Pentingnya

Sebagai sebuah media sosial yang dibangun untuk menjalin interaksi sosial dan sudah punya ratusan juta pengguna diseluruh dunia, kini facebook kembali berbenah untuk mengembalikan facebook pada tujuan awal pembuatannya yaitu mendekatkan orang dan membangun hubungan. Oleh karena itu, memasuki tahun 2018, facebook mengubah algoritmanya.

Perubahan atau update facebook kali ini difokuskan pada News Feed atau postingan yang muncul pada timeline setiap user. Update paling utama ada pada pemunculan postingan-postingan yang berfokus pada teman dan keluarga, karna ini bertujuan agar orang memiliki lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang mereka sayangi. Hal ini seperti diutarakan Mark Zurkerberg dalam postingan akun facebooknya;

Lalu apa saja update facebook di tahun ini?

Selama ini, news feed facebook sering memunculkan postingan sesuai dengan minat penggunanya. Makin sering interaksi terhadap sebuah postingan, maka postingan itu akan lebih sering muncul di news feed kita. Sehingga konten public lebih sering muncul bukan postingan dari teman atau keluarga.

Hal ini coba di ubah oleh facebook dengan memprioritaskan pada postingan yang memicu percakapan dan interaksi yang bermakna antar manusia. Facebook akan memprediksi postingan mana yang mungkin ingin Anda ajak berinteraksi dengan teman Anda.

Ini artinya, postingan yang anda komentari, like, share akan berpotensi terus muncul di beranda atau news feed Anda sehingga bisa memicu diskusi bolak-balik di komentar dan postingan. Selain itu, postingan teman atau keluarga anda yang meminta ulasan, mencari saran, meminta rekomendasi untuk melakukan perjalanan, atau artikel berita atau Video mendorong yang banyak diskusi akan berpotensi terus dimunculkan.

Jadi pada update kali ini, facebook akan memprioritaskan interaksi antara pengguna dengan pengguna bukan antara pengguna dengan fanspage.

Bagaimana dengan nasib  Fanspage?

Yupz, terlihat ini semacam pemaksaan dari facebook agar para pemilik fanspage yang ingin postingannya lebih sering muncul diberanda atau News Feed pengguna harus dengan beriklan, bayar. Karna jatah postingan dari fanspage akan dikesampingkan dan diutamakan postingan dari teman atau keluarga.

Dampak dari update ini terhadap fanspage adalah penurunan jangkauan postingan dari fanspage baik berupa post gambar maupun video. Maka fanspage yang hanya sekedar posting tanpa tujuan menarik interaksi akan mengalami penurunan jangkauan.

Tapi bagi Anda yang ingin tetap melihat postingan-postingan dari fanspage kesayangan Anda, Anda bisa memilih tomboll See Firt pada News Feed Preference agar setiap postingan terbaru dari fanspage muncul di news feed Anda.

Postingan dari Fanspage seperti apa yang akan lebih sering muncul?

Jika saat ini sering melihat video life dari fanspage yang Anda sukai, maka itulah jenis postingan dari fanspage yang akan lebih sering dimunculkan facebook di news feed Anda. Hal ini karena video live sering mengundang interaksi langsung antar pengguna.

Meski postingan dari fanspage akan muncul lebih sedikit, facebook menyediakan tab khusus berupa dibagian ‘jelajah’ agar para pengguna tetap bisa memantau postingan dari fanspage yang ia sukai.

Satu hal yang paling Ekstrem pada update facebook kali ini adalah upaya facebook untuk menenggelamkan postingan-postingan yang memintak interaksi seperti “Ketik LIKE, AMIN serta permintaan untuk men-share” Jadi, postingan-postingan seperti itu tidak akan berdampak apa-apa di facebook.

Yang tampil lebih dulu di News Feed adalah post dari teman dan keluarga yang lebih condong ke interaksi sosial natural.

Maka beberapa point yang bisa kita lihat dari update facebook kali ini adalah;

  1. Post berbau jualan dari bisnis, merek, dan media akan dikurangi. Jika ingin tampil di top News Feed, mau tidak mau memang harus beriklan.
  2. Fanspage yang memiliki interaksi tinggi (seperti komentar yang timbal balik antar pengguna) punya kesempatan tampil di News Feed paling atas.
  3. Video Live  akan tampil di News Feed paling atas jika kolom komentarnya ramai dengan diskusi penonton.
  4. Postingan yang meminta like, amin, katakan amin, minta share dan lain sebagainya akan diturunkan dengan cepat dari News Feed.

Intinya, seperti saya katakan diatas, hal ini sangat memperlihatkan bahwa facebook secara tak langsung memaksa pebisnis untuk mulai memasang iklan di facebook jika ingin postinganya rame. Maka, fanspage dengan like besarpun saat ini sudah tidak jadi jaminan jika tidak mulai beriklan. Facebook Hebat!

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker