Bisnis dan KeuanganMotivasiResensi

Ini Alasan Mengapa Orang Kaya Makin Kaya Dan Orang Miskin Makin Miskin

Menjadi kaya dan bahagia adalah impian setiap orang begitu pula sebaliknya, kemiskinan sangat tidak diharapkan oleh siapapun. Namun dua hal tersebut harus tetap ada agar dunia ini berjalan seimbang, ada sikaya dan ada simiskin. Tapi pertanyaannya Mengapa Orang Kaya Makin Kaya Dan Orang Miskin Makin Miskin?

Dalam sebuah buku yang ditulis oleh Robert T Kiyosaki berjudul “RICH DAD’s CONSPIRACY OF THE RICH” menyatakan bahwa 90% uang yang beredar dimiliki oleh 10% orang saja, artinya, uang yang beredar selama ini hanya dinikmati oleh sedikit orang, itulah mengapa orang kaya makin kaya. Lalu apa yang dilakukan oleh orang kaya sehingga makin kaya??

Dalam buku tersebut Robert T Kiyosaki membagi manusia dalam 3 kelompok;

1. Kelompok Orang Miskin

Orang miskin menurut Robert adalah mereka yang menghasilkan uang tapi uang tersebut tidak bertahan lama ditangannya, uang langsung habis untuk keperluan sehari-hari seperti makan, bayar iuran rutin seperti listrik, air dan sebagainya tanpa sedikitpun disisihkan untuk investasi atau tabungan masa depan.

Baca Juga:  Cara Memulai Bisnis Modal Tipis

Pada tahapan ini, disaat ia membutuhkan uang dengan sekala besar dan sangat penting ia tak mampu memenuhinya. Akhirnya ia memilih berhutang. Dengan penghasilan yang sedikit, ia terus dijebak hutang hingga akhirnya setiap dapat uang harus disisihkan untuk bayar hutang.

2. Kelompok Menengah

Mereka adalah orang yang sedikit berpenghasilan lebih banyak dari orang miskin tapi mereka sangat gampang terjebak dengan budaya hedonis, orang-orang seperti ini sangat dibutuhkan oleh Bank untuk ditawarkan kartu kredit. Tahapan awal, bank akan menawarkan limit pembayaran misalnya 3 juta dan anda berbangga diri karena bisa punya kartu kredit.

Dengan limit yang hanya 3 juta, anda semakin tergoda dengan barang-barang baru dan bagus, hingga belanja tidak bisa terkontrol. Tapi pada posisi ini anda masih sanggup membayar kartu kredit. Tidak pernah denda. Bank pun senang dan mulai menawarkan limit yang lebih tinggi misalnya 10 juta. Anda girangnya bukan main. Tapi belanja belum terkontrol karena merasa bangga telah punya kartu kredit. Akhirnya, hidup dikejar-kejar kredit. Dikejar-kejar hutang tanpa sanggup membayar.

Baca Juga:  Peluang Bisnis Travel Online Tanpa Modal Alias GRATIS

Orang dikelompok menengah cenderung memanfaatkan uang yang didapat hanya untuk mencicil barang-barang yang diinginkannya melalui kredit.

3. Kelompok Orang Kaya

Orang kaya adalah Orang yang selalu Fokus untuk membayar diri mereka terlebih dahulu. Robert menganjurkan untuk memaksakan setiap 30 % penghasilan harus digunakan membangun asset terlebih dahulu , yaitu untuk investasi bisnis, property, saham, sumbangan. Baru kemudian sisanya digunakan untuk keperlun sehari-hari. Dan kalau bisa harus lebih besar dari 30%, misal anda gajian 2 juta perbulan, 50% anda gunakan untuk investasi dan lain-lain, sisanya baru untuk keperluan pribadi, tidak cukup? sementara harus dicukup-cukupkan, itu rahasia kayanya.

Orang pada kelompok ini biasanya akan memanfaatkan aset yang dibangun untuk menciptakan aset-aset yang baru. Maka banyak orang kaya yang punya berbagai macam bisnis dan investasi.

Itu dia Ini Alasan Mengapa Orang Kaya Makin Kaya Dan Orang Miskin Makin Miskin. Pertanyaannya, kita masuk kelompok yang mana? Baca juga: Blogger Sukses Mantan Angon Bebek

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker