Bisnis dan Keuangan

Tips Mengelola Keuangan Bisnis Bagi Pemula

Keuangan merupakan salah satu bagian vital dari sebuah usaha, untuk itu keuangan bisnis atau usaha perlu dikelola. Tujuan pengelolaan keuangan bisnis bukan hanya untuk terlihat rapi atau untuk mengetahui keuntungan saja. Lebih dari itu, pengelolaan keuangan bisnis memiliki orientasi akan keberlangsungan sebuah usaha.

Selain itu, pengelolaan keuangan juga penting untuk pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan. Lalu bagaimana caranya mengelola keuangan bisnis bagi pemula.. Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Buat buku kas, buku kas berisi keluar masuknya uang bisnis anda setiap hari. Lakukan rutin, agar semua aktifitas bisnis anda terekam dan anda dapat mengetahui kemana saja uang tersebut mengalir dan di dapat dari pos mana saja.

Jika anda bergerak di bidang perdagangan, maka anda wajib memiliki catatan persediaan barang dagangan, supaya anda dapat mengontrol barang dagangan anda dan agar tidak terjadi kehilangan barang yang anda jual.

Miliki buku penjualan dan pembelian, hal ini penting sebagai pelengkap buku persediaan, selain itu, buku penjualan dan pembelian juga berfungsi untuk mengetahui perjalanan keluar masuknya barang dagangan. Hal ini akan mempermudah manajemen untuk mengambil keputusan mana barang yang harus di stok banyak dan mana barang yang harus di stok sedikit.

Baca Juga:  Anda Mahasiswa Suka Berbisnis, Kenalilah 7 Ide Bisnis Unik Untuk Mahasiswa Berikut Ini!

Buku Hutang dan Piutang, buku ini tentu penting dimiliki oleh para pebisnis, karena buku ini akan membantu mengingatkan siapa-siapa saja yang masih punya tanggungan (piutang) kepada itu, itu merupakan asset bagi pemilik bisnis. Selain itu, buku itu juga berfungsi untuk mengetahui hutang kita kepada siapa saja, agar pembayaran yang kita lakukan tidak terlambat dan tidak terkena denda.

Buku pendapatan atau biaya lain, selain dari bisnis utama kita, hal ini berguna untuk mengetahui potensi apa yang ada untuk kita buat usaha baru.

Itu tadi beberapa catatan yang harus anda perhatikan dan sebaiknya anda miliki, kelak ketika bisnis anda besar, anda akan mengetahui perjalanan  bisnis anda. Agar bisnis dapat berkembang anda perlu berlaku displin terhadap keuangan maupun pelaporan keuangan, simak tips disiplin seputar keuangan berikut ini.

Pisahkan uang pribadi anda dan uang bisnis anda. Hal ini yang masih sulit dilakukan oleh para pemula, karena terkadang mereka masih seenaknya menggunakan uang bisnis ketika mereka sedang kepepet butuh uang untuk keperluan pribadi. Ini menjadi salah satu kesalahan utama, untuk itu apa pun sulitnya, tetaplah berusaha untuk memisahkan keuangan anda.

Baca Juga:  Inilah Bisnis Modal 5 Juta Untung Besar Yang Patut Anda Coba

Alokasikan keuangan bisnis anda untuk modal kembali, sebagian orang tidak memikirkan hal ini, jika anda mengalokasikan uang anda, kemungkinan anda akan memiliki dana saving dan agar anda bisa mengontrol pengeluaran bisnis anda juga. Jika tidak di alokasikan biasanya akan cederung suka membelanjakan uang untuk hal-hal yang belum tentu penting bagi bisnis Anda.

Kurangi risiko hutang usaha, hutang memang kadang diperlukan untuk usaha, namun terkadang, utang juga menjadi beban bagi bisnis anda, karena hutang bank tidak mungkin tanpa bunga, dan anda harus membayar hutang lebih banyak dari uang yang anda terima. Saran kami, hindari hutang bank, apapun itu. Selain karna praktek riba jelas didalamnya, hutang bank hanya membuat hidup tak tenang.

Kontrol arus kas atau perjalanan uang kas anda, hal ini bertujuan supaya anda bisa mengerem pengeluaran bisnis anda dan memantau apa ada kejanggalan-kejanggalan dalam transaksi harian bisnis anda.

 

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker