Technology WaysTutorial

7 Penyebab Dan Cara Mengatasi Smartphone Yang Cepat Panas

Smartphone adalah benda yang tak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan manusia. Bagaimana tidak smartphone kini sudah menjadi kebutuhan primer, bukan lagi sekunder apalagi tersier.

Smartphone dengan segala kecanggihan dan fiturnya sebebarnya juga telah membuat kita lalai. Waktu kosong, adalah waktu untuk smartphone. Menggunakan smartphone adalah sebuah pola yang sudah dibaca pikiran bawah sadar kita. Jadi tak heran jika kita selalu sempat membuka smartphone walaupun sebenarnya sedang tidak punya kepentingan dengan samrtphone. Maka karena sudah menjadi sebuah hal yang primer, maka akan sangat tidak nyaman jika smartphone yang kita gunakan cepat panas, karna pemakaian yang  full atau hanya karna main game. Namun hal itu tetap saja tidak menyenangkan.

Oleh karna itu, menganggap smartphone yang cepat panas adalah masalah. Maka disini kami akan memberika tips berupa 7 penyebab dan cara mengatasi smartphone yang cepat panas.

Berikut 7penyebab dan cara mengatasi smartphone yang cepat panas :

  1. Istirahat Sebentar

Berhenti sebentar dari aktivitas di smartphone seperti  membuka  Instagram atau  media sosial lainnya atau main game adalah hal yang cukup efektif untuk membuat smartphone tidak cepat panas. Meski terdengar sepele, mengistirahatkan ponsel beberapa saat bisa sangat ampuh mendinginkannya.

  1. Install atau pasang aplikasi yang penting saja

Smartphone yang berbasis Android tentunya sudah menawarkan fitur dan aplikasi yang cukup banyak dan mumpuni di dalamnya. Akan tetapi, saran saya download dan installah aplikasi sesuai kebutuhan anda saja atau yang penting saja. Jika semua aplikasi tersebut di install semua, maka kinerja HP juga akan lelet dan menyebabkan smartphone tersebut cepat panas.

  1. Jangan Meletakkan di Tempat Panas atau Pengap

Smartphone yang tertinggal di atas dashboard mobil yang terkena sinar matahari tentu akan membaut smartphone mudah sekali panas karna suhu pada sekeliling Android Anda memang punya peran besar. Sebaiknya kamu tidak meletakkannya di tempat panas atau pengap.

  1. Lepaskan Casing

Casing ponsel terkadang menahan suhu panas. Jadi ketika ponsel mulai terasa panas, lepaskan dulu casing tambahannya sampai suhunya normal. Atau, beli casing yang dirancang untuk mengurangi panas.

  1. Gunakan Baterai Yang Original

Masalah smartphone cepat panas juga bisa disebabkan oleh baterai yang sudah tidak dapat berfungsi lagi secara normal, maka solusi yang tepat adalah menggantinya dengan yang baru. Namun perlu di ingat, gantilah baterai tersebut dengan produk aslinya jangan yang palsu. Karna baterai palsu juga dapat memudahkan smartphone untuk panas.

  1. Jangan Gunakan Saat Dicharge

Matikan saja Android Anda ketika sedang dicharge atau isi ulang daya baterai. Karna penghematan pada baterai Anda sehingga bisa bertahan lama atau awet. Menggunakannya saat sedang dicharge juga bisa membuat smartphone kamu cepat panas.

  1. Atur Kecerahan Layar Sesuai dengan Kebutuhan

Layar yang sangat cerah juga bisa membuat smartphone cepat panas. Apalagi jika pengaturan pada kecerahan terlalu tinggi. Kamu sebaiknya mengatur kecerahan (brightness) sesuai dengan kondisi lingkungan. Jangan terlalu cerah dan juga jangan terlalu redup.

Itulah 7 penyebab dan cara mengatasi smartphone yang cepat panas. Semoga bermanfaat dan membuat kamu lebih nyaman menggunakan smartphonemu.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker