Informasi dan Tips

Bahaya Kartu Kredit Yang Wajib Anda Ketahui

Bahaya Kartu KreditBagi sebagian orang mungkin akan merasa bangga jika mereka memiliki kartu kredit, namun jika anda orang yang cerdas dan mengerti akan kerugian memiliki kartu kredit maka anda akan menyesal dan waspada ketika memilikiknya, secara umum memiliki kartu kredit memang hal yang lumrah bagi sebagian orang terutama bagi mereka yang hidup di daerah perkotaan, namun jika anda tipe orang yang konsumtif dan boros dalam membelanjakan uang sebaiknya anda menghindari untuk memiliki kartu kredit sebab kartu kredit akan menyeret pemiliknya kepada kebahagiaan sementara.

Menurut  beberapa penelitian yang dilakukan oleh journal of times menyatakan, masyarakat Indonesia umumnya mengganggap bahwa kartu kredit merupakan dana cadangan yang bisa digunakan semaunya sendiri, padahal hal itu sangat salah sebab kartu kredit merupakan alat ganti pembayaran tunai, memiliki kartu kredit berarti anda harus paham mengenai resiko, bunga dan tagihan bulanan yang sewaktu-waktu bisa meledak dan menguras tabungan anda, nah berikut beberapa bahaya kartu kredit jika tidak digunakan secara bijak seperti yang dilansir oleh journal of times.

bahaya kartu kredit

  1. Kartu Kredit Menjebak Untuk Hidup Konsumtif

Bahaya kartu kredit yang pertama yang sering dialami oleh pemilik kartu kredit ialah menjebak para penggunanya untuk selalu hidup konsumtif, hal ini dikarenakan sifat manusia yang konsumtif akan memaksa mereka untuk membeli sesuatu yang mereka ingin terutama wanita, ketika mereka berjalan-jalan ke mall, swalayan ataupun supermarket maka mereka akan membeli barang-barang yang ia inginkan meskipun kurang begitu penting, hal ini disebabkan kartu kredit memungkinkan seseorang untuk membeli sesuatu di awal transaksi dengan biaya belakangan, Tanpa disadari hal ini akan membangun karakter boros dan gaya hidup yang sangat buruk untuk masa depan.

Baca Juga:  Kaos GRATIS dan Peluang Bisnis Senilai 3,5 juta GRATIS, Cek Caranya!

Baca juga: Ternyata, HERBALIFE BERBAHAYA & Punya EFEK SAMPING!

  1. Kartu Kredit Memiliki Persentase Bunga Tinggi

Jika anda Memakai kartu kredit maka berarti anda telah setuju dengan semua peraturan yang terdapat dalam term of service di bank yang membuat kartu kredit. Jadi, ketika anda memiliki kartu kredit maka anda harus mencurahkan segala perhatikan segala hal yang diatur di dalamnya, terutama bunga dan biaya-biaya tambahan lainnya, pada dasarnya kartu kredit memang dibuat sebagai alat bantu pembayaran ketika anda tidak membawa uang tunai, hal ini berarti jika anda membeli barang dengan kartu kredit maka berarti anda sudah siap bayar kekurangan plus bunganya dalam tagihan bulan depan.

  1. Kartu Kredit Memiliki Over Limit

Sebuah kartu kredit biasanya memiliki waktu terbatas atau over limit, nah jika hal ini terjadi maka anda akan segera terkena biaya tambahan administrasi jika kartu kredit anda sudah kadaluarsa, oleh sebab itu saat anda memutuskan untuk memiliki kartu kredit maka anda harus membuatnya dengan limit yang tidak terbatas misal membuatnya dengan budget 10 juta atau 6 juta rupiah, nah jika anda telah memiliki kartu kredit dengan over limit tidak terbatas maka anda tidak akan menyia-nyiakan anggaran anda.

  1. Kartu Kredit Memiliki Denda keterlambatan
Baca Juga:  Cara Mengatasi Kejang Pada Anak

Biaya denda keterlambatan kartu kredit umumnya sangat besar dan membuat anda harus selalu waspada dalam membayar biaya-biaya tagihan di akhir bulan, jika anda terlambat dalam membayar tagihan bulanan maka anda harus siap-siap untuk dikenakan denda keterlambatan yang nilainya cukup lumayan besar hampir berkisar 20 persen per bulan.

  1. Kartu Kredit Dan Bahaya pencurian data

Pembobolan kartu kredit melalui internet yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab umumnya membuat seorang pemilik kartu kredit harus selalu waspada, sebab jika tidak hati-hati maka orang lain bisa memanfaatkan kartu kredit sementara kita yang membayar tagihannya.

Baca juga: Bisnis Donald Trump Di Indonesia, Anda Wajib Tahu

Dari bahaya kartu kredit diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa hidup di zaman edan seperti saat ini tidak perlu dengan gaya-gaya yang justru merusak diri dan masa depan, sudah cukup banyak fakta mencengangkan mereka yang harus bangkrut gara-gara kartu kredit.

Jangan pernah bangga dengan barang-barang mewah seperti mobil, hp terbaru atau tas branded yang Anda peroleh dengan kartu kredit. Kebahagiaan itu hanya sementara. Hiduplah dengan penuh syukur apa adanya, tidak perlu menonjol-nonjolkan diri terhadap sesuatu yang didapat hanya dengan berhutang.

Baca Juga:  Cara Paling Tepat Memasarkan Produk Online

Pahamilah bahwa kartu kredit adalah hutang yang tagihannya datang setiap bulan dan bisa membengkak sesuai bunga yang diberikan. Cukup gunakan kartu kredit hanya untuk mendapatkan pembayaran yang mensyaratkan kepemilikan kartu kredit, bukan untuk kegiatan konsumtif pribadi.

Jika Anda seorang muslim, kartu kredit adalah jebakan yang mendorong anda terjerumus ke perbuatan riba. So, semampu mungkin, hindari kartu kredit untuk hal-hal yang konsumtif.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker