Digital Marketing

Mengenal Apa Itu Marketing Mix untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Marketing adalah sebuah kegiatan yang mengandung unsur strategi dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan. Tanpa adanya manajemen marketing, sebuah perusahaan tidak akan bisa survive. Hal ini dikarenakan marketing adalah ujung tombak sebuah perusahaan.

Marketing berbeda dengan sales, sales merupakan tenaga penjualan yang langsung berhubungan dengan konsumen. Sedangkan marketing adalah orang yang merencanakan strategi penjualan yang nantinya akan dieksekusi oleh sales.

Marketing mix adalah segenap kumpulan strategi marketing yang meliputi 4P, yakni Produk, Price, Promotion dan Place. Marketing mix sangat penting diterapkan dalam sebuah perusahaan agar tujuan dan target market dari perusahaan jelas.

Tanpa adanya marketing mix, perusahaan layaknya kapal ditengah lautan yang tak jelas mau kemana, lewat mana dan bagaimana caranya. Adapun beberapa penjelasan mengenai marketing mix adalah :

Produk

Produk adalah poin utama dari sebuah bisnis, produk dapat berbentuk fisik ataupun nonfisik (disebut jasa). Produk memiliki peranan yang sangat penting, produk merupakan inti dari sebuah perusahaan. Produk juga menjadi label dan identitas sebuah perusahaan.

Baca Juga:  5 Pertanyaan yang Wajib Dijawab Oleh Semua Pengusaha

Agar sebuah perusahaan dapat survive, maka 70% dipengaruhi oleh produknya. Setelah itu baru dipengaruhi oleh sistem pemasarannya. Produk yang baik adalah produk yang selalu dibutuhkan manusia, baik untuk memenuhi kebutuhan dirinya maupun keluarganya.

Semakin banyak dibutuhkan produk tersebut, maka semakin besar kemungkinan sebuah perusahaan dapat bertahan.

Price

Price berbicara tentang harga, harga menjadi faktor selanjutnya yang harus diperhatikan setelah produk. Harga yang baik adalah harga yangs sesuai dengan permintaan pasar.

Dalam istilah ekonomi disebut keseimbangan antara harga jual dan harga beli. Harga sangat dipengaruhi oleh daya beli / pendapatan masyarakat yang menjadi target market perusahaan.

Sebagai contoh, daya beli masyarakat yang berprofesi sebagai PNS / guru tentunya berbeda dengan daya beli para nelayan yang perekonomiannya dibawah rata-rata. Maka, perusahaan harus benar-benar mempertimbangkan harga yang layak bagi target marketnya.

Promotion

Promosi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menarik pembeli. Promosi terdiri dari beberapa bentuk, mulai dari pemberian diskon, bonus, pemberian barang secara gratis dan beberapa teknik lainnya. Semakin bagus teknik promosi maka akan semakin memperbesar peluang perusahaan akan banyak penjualan. Semakin banyak penjualan akan membuat perusahaan semakin survive.

Baca Juga:  Bekerja Bukan Solusi Finansial, Ini Alasannya

Place

Poin terakhir berbicara mengenai tempat/lokasi. Lokasi sangat menentukan penjualan, semakin terjangkau sebuah lokasi dengan target market, maka akan semakin besar kemungkinan penjualan meningkat.

Sebagai contoh, Indomaret hadir dengan berbagai lokasi strategis yang memudahkan warga membeli barang di temoatnya. Mereka memilih lokasi strategis yang mudah dijangkau, seperti dekat dengan komplek-komplek perumahan atau di simpang-simpang yang banyak aktivitasnya.

Nah, demikian dulu pembahasan pada artikel kali ini mengenai marketing mix dasar. Masih banyak unsur-unsur marketing lainnya juga namun akan dibahas pada artikel lainnya. Terimakasih semoga bermanfaat. Silahkan dishare.

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker