Review

Tips Menemukan Karir Impian Masa Depan

Mencari Karir Impian? Temukan Karir Impian di Joble.Org | Dengan kondisi ekonomi sekarang ini, banyak orang putus asa untuk menemukan pekerjaan impian mereka. Mayoritas orang yang sudah bekerja masih belum menemukan pekerjaan yang mereka inginkan dan sebagian besar takut untuk meninggalkan kestabilan dari pekerjaan mereka sekarang. Padahal sekarang ini sulit untuk mempertahankan suatu pekerjaan, dapat saja suatu perusahaan tiba-tiba bangkrut atau ada pemotongan jumlah karyawan yang tak terduga.

Julie Jansen, dalam bukunya “I Don’t Know What I Want, But I Know It’s Not This: A Step-By-Step Guide to Finding Gratifying Work”, mengatakan terdapat enam hal dasar yang membuat karyawan tidak bahagia dengan pekerjaannya. Mulai dari kehilangan arti bekerja, kebosanan, dan kelelahan, hingga menjelang masa pensiun.

Jika Anda ingin melakukan sesuatu yang berbeda dari apa yang telah Anda lakukan, sekarang saatnya untuk mulai mencari karir impian Anda.

Para ahli mengatakan Anda harus mulai merencanakan karir dengan cara berpikir menyeluruh dan menuliskan nilai-nilai yang Anda inginkan. Pastikan untuk memasukkan hal-hal yang paling penting bagi Anda. Semua nilai-nilai tersebut merupakan dasar emosi yang menentukan tindakan Anda.

Berikutnya, identifikasi bakat dan ketrampilan Anda. Ketrampilan adalah sesuatu yang harus dipelajari. Sedangkan bakat adalah sesuatu yang kita dapat sejak lahir. Kebanyakan orang menikmati pekerjaan yang secara natural mereka kerjakan. Ingat hal ini saat Anda menuliskan bakat dan ketrampilan Anda.

Kemudian pelajari karir yang Anda minati. Carilah informasi dari orang-orang yang bekerja di bidang tersebut. Kunjungi perpustakaan atau cari informasi melalui internet. Anda juga bisa cek langsung di mesin pencari yang mengkhususkan untuk pencarian lowongan kerja seperti Joble.Org. Di beberapa universitas dan institusi terdapat lembaga bimbingan karir yang dapat membantu untuk mencari pekerjaan. Maka Anda juga harus melihat dan mengevaluasi tren bisnis yang sedang berkembang, apakah bidang yang Anda inginkan akan berkembang atau menurun.

Saat melakukan penelitian, jangan lupa gaji merupakan salah satu bahan pertimbangan yang penting.

Pada akhirnya, daftarlah faktor-faktor yang menghambat karir impian Anda. Faktor tersebut mungkin menjadi kelemahan Anda di bidang pelatihan atau pendidikan tertentu, keperluan membayar tagihan ini-itu, atau tanggungan keluarga. Pikirkan cara untuk mengatasi setiap faktor tersebut. Misalnya, Anda dapat mengambil kuliah online yang lebih fleksibel dan terjangkau.

Contoh lainnya, Diana adalah seorang pekerja yang bekerja sebagai Account Executive di sebuah perusahaan periklanan sementara ia mengejar karir impiannya sebagai seorang guru. Setelah beberapa tahun, dia mengundurkan diri dari pekerjaannya dan masuk ke sekolah untuk menjadi guru sesuai dengan karir yang selama ini ia impikan. Ia berkata;

“Saya katakan memang bukan hal yang mudah untuk bekerja seharian dan harus sekolah pada malam hari. Saya lakukan itu karena saya tidak bahagia dengan pekerjaan saya selama bertahun-tahun. Daripada saya mengeluh tentang hal tersebut, saya mulai berpikir untuk mengejar impian saya. Dan akhirnya setelah saya memutuskan hal itu, segalanya terasa lebih mudah saya jalani karena setiap hari saya mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan saya tersebut.”

Itu dia sekilah bagaimana tips menemukan atau mencari karir impian masa depan. Semoga bermanfaat….

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker