Perkembangan Diri

12 Ciri-Ciri Orang Kreatif,  Apakah Anda Termasuk?

12 Ciri-Ciri Orang Kreatif,  Apakah Anda Termasuk? – Tentu sangat menyenangkan bukan jika kita jadi orang yang kreatif ? Karna kita dapat berfikir apa yang tidak terfikirkan oleh orang lain. Namun jika bukan maka baiknya anda mencontohi ciri dan kebiasaan orang kreatif.

Tentunya kita semua sangat familiar dengan kata “kreatif” bahkan sering pula kita menyamatkan kreatif itu pada orang yang salah. Dan untuk mengetahui orang kreatif maka kita harus tau ciri cirinya terlebih dahulu namun pernahkah Anda bertanya apa ciri-ciri orang kreatif tersebut dan bagaimana mereka berpikir tentang sesuatu? Penemu dan pemikir terbesar sepanjang sejarah tentu saja ada banyak dan memiliki larat belakang beragam. Namun mereka semua memiliki beberapa kesamaan, terutama dalam cara mereka melihat dunia ini.

Dan disini kami akan menguraikan 1 ciri orang sukses yang barang kali dapat anda contoh agar dapat membuat otak anda lebih kreatif.

Berikut adalah 12 ciri orang kreatif yang bisa anda contoh :

  1. Mereka tak pernah berhenti belajar

Ciri-ciri orang kreatif mereka terus-menerus belajar. Mereka melihat setiap hari yang mereka miliki sebagai kesempatan untuk terus belajar sesuatu yang baru. Entah itu belajar tentang tsaqafah yang baru, teknik artistik baru, fakta-fakta baru, dan lain-lain. Orang yang berpikir kreatif selalu ingin belajar. Ini merupakan kebiasaan yang paling menonjol dari orang-orang kreatif.

  1. Mereka memandang kegagalan sebagai satu langkah maju untuk mendekati kesuksesan

Orang kreatif melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh serta berkembang. Ketika Anda gagal, ide kreatifmu akan mulai muncul untuk mencari celah baru agar bisa berhasil. Sama halnya seperti pada saat kita terjepit atau kepepet, kita sering kali menemukan ide-ide baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Mereka yang berpikir kreatif, tidak pernah berhenti untuk mencoba dan mencoba. Sekalipun mereka menemui kegagalan. Mereka selalu melihat ada jalan lain yang bisa untuk dicoba demi kesuksesan.

  1. Mereka sangat suka berimajinasi

Orang kreatif juga sering melamun atau menghayal. Mereka tahu bahwa pikiran memiliki kekuatan ketika mengembara. Dengan berimajinasi dan merenung, ide-ide akan bermunculan. Mereka yang memiliki pikiran kreatif sangat tahu mengenai kekuatan ini dan mereka tidak pernah melewatkan kesempatan berimajinasi.

  1. Mereka selalu ingin tahu

Kepo atau penasaran adalah sifat dari mereka yang berpikir kreatif. Mereka selalu ingin tahu mereka mereka bagaimana sesuatu bekerja dan mengapa rasa ingin tahu ini mendorong mereka untuk terus belajar, mereka menyelidiki dan berusaha mencari ide-ide baru entah itu dari buku, novel, kehidupan di sekitarnya, atau dari orang-orang sukses yang juga memiliki ide-ide kreatif.

 

  1. Mereka menghubungkan titik-titik

Steve Jobs pernah mengatakan bahwa “kreativitas adalah tentang menghubungkan setiap titik-titik,” dan dia benar. Artinya adalah, bagaimana kita menghubungkan ide-ide yang tampaknya terpisah menjadi sesuatu yang benar-benar baru.

Mereka yang berpikir kreatif sangat mengenal hal ini dan selalu mencoba menggunakannya untuk keuntungan mereka. Mereka berusaha menyatukan berbagai inspirasi yang berbeda untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar menakjubkan.

  1. Mereka memanfaatkan kekuatan kolaborasi

Mereka yang berpikir kreatif, juga memahami bahwa dengan berkaloborasi mereka akan menjadi sangat kuat. Ketika dua pikiran kreatif digabungkan menjadi satu, maka ide-ide baru pun akan muncul, berbaur, dan berpotensi melahirkan sesuatu yang luar biasa dan menakjubkan di dunia ini.

Desainer dan seniman memahami kekuatan kolaborasi dengan sangat baik. Misalnya, desainer Yves Saint Laurent yang berkolaborasi dengan artis Andy Warhol pada tahun 1974 untuk membuat beberapa potret yang menakjubkan.

  1. Mereka memiliki pertanyaan-pertanyaan besar

Ciri-ciri orang kreatif lainnya adalah, mereka selalu mendapatkan jawaban-jawaban besar dan hebat karena mereka mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang juga besar dan hebat.

Mereka tidak takut untuk memimpikan sesuatu yang besar dan mereka juga tidak membatasi diri mereka dengan batasan apapun. Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan besar mereka yang berpikir kreatif akan lebih dalam dan lebih jauh sumber permasalahan.

  1. Mereka juga tahu bagaimana mengatakan tidak

Untuk bisa menjadi seseorang yang kreatif, Anda juga harus bisa mengatakan tidak. Karena dalam suatu waktu, kita hanya bisa mengerjakan satu hal, sehingga apabila ada dua pilihan, Anda harus memilih yang terbaik.

Dengan mengatakan tidak untuk beberapa hal, mereka yang berpikir kreatif akan mendapatkan hal-hal besar yang menjadi fokusnya. Sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu dan ruang untuk menjalankan proyek-proyek mereka yang lebih penting.

  1. Mereka meluangkan waktu ketika membutuhkannya

Orang yang berpikir kreatif tahu bahwa istirahat juga sangat dibutuhkan karena otak perlu untuk bersantai. Dengan mengistirahatkan otak, otak akan memiliki kemampuan lebih baik dan berpikir lebih kreatif setelah tenaganya terisi kembali.

Selain itu, mereka juga meluangkan waktu untuk bisa berkonsentrasi menyelesaikan apa yang sudah di mulai serta untuk mengaplikasikan ide-ide yang mereka miliki.

  1. Mereka mencari pengalaman baru

Ciri-ciri orang kreatif yang lainnya adalah, mereka selalu berusaha untuk mencari pengalaman baru. Mereka sangat terbuka untuk melakukan dan melihat hal-hal baru karena mereka tahu bahwa disana akan ada pengalaman-pengalaman baru yang mungkin saja menginspirasi dan bisa memberikan perspektif berbeda untuk karya yang akan mereka ciptakan.

  1. Mereka senantiasa bisa berekspresi dan berseni, meskipun ada banyak keterbatasan

Orang-orang dengan pikiran kreatif tidak membatasi diri mereka pada suatu media atau pada satu cara saja. Sebaliknya, mereka sangat terbuka untuk cara-cara baru yang lain ketika mengekspresikan diri, meskipun mereka dibatasi dengan larangan dan ketentuan tertentu. Beberapa pencipta terbesar sepanjang masa mendapatkan kreativitas mereka dan produktivitas mereka dengan cara ini.

Sebaliknya, mereka ‘yang mengaku dirinya seniman kreatif’, tapi ketika dibatasi dengan peraturan dan ketentuan tertentu, namun teriak-teriak protes, itu pertanda mereka kurang kreatif. Harusnya, justru dengan kondisi apapun, namun tetap bisa berproduksi, berarti itulah tanda kreatif sejati.

  1. Mereka benar-benar mengikuti impian terbesar mereka

Mungkin hal yang paling penting dari semua yang telah disebutkan sebelumnya bagi seorang pemikir yang kreatif adalah mengikuti apa yang benar-benar menjadi passion-nya.

Mereka benar-benar tahu bahwa mengikuti suara hati dan apa yang paling diinginkan merupakan salah satu kekuatan terbesar untuk terus berusaha dan bekerja.

Dan itulah 12 ciri ciri orang kreatif, namun pertanyaannya apakah anda termasuk salah satu dari mereka? Jika tidak malah tidak ada salah jika mulai saat ini anda mulai mengaplikasikan pola pikir mereka agar nantinya anda juga menjadi orang kreatif.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker