Perkembangan Diri

20 Tanda Anda Berpotensi Menjadi Pemimpin yang Hebat

20 Tanda Anda Berpotensi Menjadi Pemimpin yang Hebat – Banyak orang yang ingin menjadi pemimpin tapi tidak banyak yang benar benar mampu memimpin dengan baik. Maka dari itu kami merangkum 20 ciri pemimpin yang baik dan hebat agar semua orang dapat bercermin dan tidak salah dalam memilih pemimpin.

Bagi seorang laki-laki menjadi pemimpin adalah sebuah tuntutan. Bagaimana tidak, karna memimpin diri sendiri saja sudah dianggap sebagai pemimpin.Apalagi seorang laki-laki juga akan menjadi pemimpin dari rumah tangga nya.

Namun tidak sedikit orang yang bercita ingin menjadi pemimpin yang tidak sekedar memimpin diri sendiri dan keluarga. Tapi pernahkah anda bertanya apa yang harus saya lakukan agar menjadi pemimpin yang baik dan hebat, atau apa saja ciri-ciri pemimpin agar anda dapat mengintropeksi diri dan dapat mengaplikasikan semua ciri ciri pemimpin agar nantinya anda juga dapat menjadi pemimpin yang hebat.

Dan sudah barang tentu, menjadi pemimpin itu tidak mudah. Karna dia akan selalu dihadapkan dengan situasi-situasi yang sulit dan harus memutuskan dengan cepat. Oleh karna itu pemimpin memang punya ciri ciri tersendiri yang boleh jadi anda punya ciri ciri tersebut atau boleh jadi tidak punya. Tapi tidaklah salah jika anda mulai melakukan apa yang dilakukan oleh para pemimpin.

Dan berikut 20 ciri-ciri pemimpin, apakah anda termasuk di dalamnya :

  1. Bersifat Persuasif

Seorang pemimpin memang cukup idendik dengan kemampuan persuasif. Karna persuasif adalah kemampuan mengajak orang lain, dan mudah saja orang lain mengikuti anda.

Orang yang bersifat persuasif biasanya punya karismatik yang tinggi.

Apakah anda punya sifat persuasif ? jika ya, maka anda cukup berpotensi untuk jadi pemimpin hebat berikutnya.

  1. Orangnya Inspiratif

Pemimpin yang baik dan hebat tak hanya fokus untuk menghebatkan dirinya sendiri. Ia juga sangat suka berbagi ilmu, pengalaman dan pembelajaran kepada orang-orang di sekitarnya. Itu sebabnya, orang-orang di sekitarnya kerap menghargainya, dan juga menjadikannya harapan untuk meminta bantuan.

  1. Orangnya Tegar

Seorang pemimpin memang selalu tegar dalam setiap situasi. Karna memang ia tau jika tidak ada yang mudah  tapi juga tidak ada yang tidak mungkin makanya tatkala masalah tengah menghadang, target yang hendak dicapai begitu sukar, kemudian teman-teman Anda merasa kesulitan, seperti putus asa dan mau menyerah, namun Anda tetap tegar, semangat, dan terus berusaha, itulah tanda bahwa Anda bisa menjadi pemimpin yang hebat.

  1. Orangnya Percaya diri

Buruknya tidak semua orang punya kepercayaan diri yang tinggi tapi orang yang berpotensi menjadi pemimpin selalu punya segudang kepercayaan diri.

Dan percaya diri ini dapat dilihat dari beraninya seseorang menyampaikan pendapat dimuka umum, orangnya tampil dan tidak demam panggung.

  1. Orangnya Konsisten

Tidak semua orang mampu menjalani rutinitas dengan konsisten. Banyak yang jatuh dan berhenti di tengah jalan, padalah jalan masih panjang dan gagal sejatinya terlalu cepat tuk dikatakan. Tapi seorang pemimpin memang menggigit kuat semua impian makanya ia mampu konsisten dan istiqomah dan bertahan sampai sesuatu itu menghasilkan.

  1. Berpegang teguh dengan Objektivitas

Hebatlah Anda kalau Anda bisa berpegangteguh dengan prinsip-prinsip baik, yang lahir dari sikap objektif. Meskipun kadang itu pahit, laksana menggenggam bara api. Karena jika Anda fleksibel pada objektivitas, dan kerap subjektif, bisa-bisa orang-orang malah menginjak-injak  dan tidak menghargai anda.

  1. Tegas dalam Membuat Keputusan

Membuat keputusan, adalah salah satu job desc rutin seorang pemimpin. Jika Anda kerap berpegang teguh pada kebenaran, meski sangat beresiko, demi bersikap objektif, maka otomatis Anda pun akan senantiasa bisa membuat keputusan yang tegas.

  1. Orangnya Disiplin

Kedisiplinan berasal dari pemahaman yang benar akan tujuan Anda, dan cara-cara mencapai tujuan Anda tersebut. Dan tentu, pemahaman yang benar seperti itu, hanya bisa didapat melalui cara berpikir yang baik. Maka dari itu, sekiranya Anda terbiasa berpikir yang baik, tanpa ada libatan emosional, dan tanpa dogma, maka insya Allah, Anda sangat berpotensi menjadi pemimpin yang baik dan hebat.

  1. Senantiasa Memiliki Rencana

Banyak orang yang menyesal di penghujung hari, karena merasa selama satu hari itu sepertinya ia tidak produktif, tidak ada atau hanya sedikit hal-hal bagus yang ia lakukan. Orang yang seperti itu, biasanya ia tak membuat perencanaan hariannya.

Nah, apabila hari-hari Anda kerap produktif, karena memang Anda kerap membuat planning, sehingga kemudian rutinitas Anda berpatok pada planning tersebut yang sebelumnya telah dibahas saat rapat, berarti Anda sangatlah cocok menjadi pemimpin yang hebat, yang kemudian nanti akan mengarahkan dan mengontrol tim Anda.

  1. Senantiasa Mengevaluasi Diri

Bahkan Nabi Saw bersabda, kurang-lebih, mereka yang beruntung adalah mereka yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan mereka yang hari esok lebih baik dari hari ini. Barangsiapa yang hari esok lebih buruk dari hari ini, atau hari ini lebih buruk dari hari esok, maka, ia termasuk orang yang merugi.

Anda paham betul dengan pemikiran tersebut. Dan yang namanya paham, berarti Anda mempraktekkannya. Selamatlah Anda, sekiranya Anda senantiasa belajar, dan terus-menerus tumbuh, agar bisa menjadi lebih baik dan lebih hebat, kemudian bisa menghadapi berbagai macam masalah yang semakin hebat pula di masa mendatang.

  1. Orangnya Teliti

Tak jarang, suasana yang damai tanpa masalah, mulai berubah menjadi suasana penuh masalah, karena diawali dengan adanya kecerobohan. Beruntunglah Anda sekiranya berhasil mengantisipasi masalah yang mungkin Anda hadapi, namun menjadi tidak muncul, karena dari awal Anda senantiasa teliti.

  1. Orangnya Terbuka

Tidak ada orang yang suka dengan pemimpin yang diktator. Kerap, pemimpin yang baik dan hebat itu, terbuka untuk menerima masukan dari timnya, selama Anda tetap menggigit pondasi ide dan tata-cara dasar dari organisasi Anda.

Anda yang memiliki sifat senantiasa terbuka, sangat cocok menjadi pemimpin yang akan disukai timnya seperti itu.

  1. Peduli dan Penuh Kasih

Anda sangat cocok menjadi pemimpin yan hebat dan baik, sekiranya Anda sadar dan paham, bahwa Anda dengan orang-orang lainnya yang ada di organisasi tersebut, adalah ibarat para penumpang kapal. Sesama penumpang, harus saling peduli, saling berkasih sayang, saling memberi yang terbaik, dan menjaga agar tidak ada satu orang yang tidak baik.

Karena, ibaratnya, sekiranya ada beberapa orang di bagian bawah kapal yang butuh air minum, kemudian ia malas naik ke atas untuk ambil air, lalu ia lobangi saja bagian bawah kapalnya agar air keluar, maka kapal tersebut akan tenggelam, beserta tiap-tiap orang yang ada di kapal tersebut, baik yang di bawah, maupun yang di atas.

  1. Bisa Membaca Orang Lain

Kerapnya, pemimpin yang baik mampu memilih sikap yang baik, sesuai dengan orang seperti apa yang ia hadapi, dengan mood pada seseorang seperti apa yang ia hadapi. Karena, terkadang apa maunya seseorang itu bisa terbaca, termasuk juga seseorang itu sedang tidak suka apa, bisa terbaca juga.

Seperti misalnya, biasanya orang yang duduknya agak kasak-kusuk itu, adalah orang yang tidak betah, mau segera pulang. Dan masih banyak lagi kemungkinan-kemungkianan dan hipotesis-hipotesis lainnya. Nah, apabila Anda terbiasa membaca orang tersebut, maka Anda sangat berpotensi menjadi pemimpin yang baik dan hebat.

  1. Bisa Menerima Kritik dan Nasehat

Baguslah Anda, bisa menjadi pemimpin yang baik, sekiranya Anda terbiasa mendengarkan kritik dan nasehat dari orang lain. Karena, sering dan hampir selalu, nasehat seseorang itu tidak salah. Yang salah biasanya adalah relevansi antara nasehat dan kritik tersebut, dengan fakta yang terjadi pada diri Anda.

Itu sebabnya kan, makanya Anda biasa-biasa saja menghadapi kritik dan nasehat seseorang. Kalau memang itu sesuai dengan fakta diri Anda, yah adopsi. Kalau nggak sesuai, yaudah kasih tahu saja ke si penasehatnya, atau dalam beberapa kasus, nggak usah dipikirkan, diemin aja, toh nggak relevan dengan fakta Anda kan? Hehehe…

  1. Rendah Hati

Karena yang tak rendah hati, biasanya akan menjadi pemimpin yang diktator. Sak karepnya dewe, tak mau memahami fakta anggotanya seperti apa. Berbahagialah Anda sekiranya Anda terbiasa rendah hati, insya Allah Anda bisa menjadi pemimpin yang baik, dan ngangenin bagi anggota Anda.

  1. Optimis

Tentu, adalah lucu sekali sekiranya ada pemimpin yang pesimis. Bisa-bisa bubar deh nanti organisasinya. Sebaliknya, hebat sekalilah, sekiranya Anda termasuk orang yang optimis, karena kerap optimis itu bisa menimbulkan sekaligus melejitkan potensi skill keseluruhan Anda dan anggota Anda.

  1. Orangnya Disenangi

Meski memang logika dan pemikiran adalah yang utama, namun tidak ada salahnya bila Anda juga jago mengatur perasaan Anda dan orang lain, sebagai suatu cara saja, bukan sebagai metode baku.

Beruntunglah Anda, jika Anda termasuk orang yang mudah disenangi oleh orang-orang, apalagi bila Anda itu ngangenin. Karena itu bakal mempermudah beraneka macam operasional organisasi Anda, terutama tatkala Anda memberikan target, dan mengontrol usaha pencapaian target tersebut.

  1. Orangnya Kreatif

Nyatanya, nggak jarang juga sebuah organisasi itu tumbang, meskipun pemimpin dan anggotanya bagus, namun masalah yang mereka hadapi begitu besar, mereka tergerus dengan persaingan ataupun tantangan, hingga akhirnya tak ada solusi.

Itu sebabnya, bersyukurlah Anda, apabila Anda orangnya kreatif, insya Allah Anda bisa berikhtiar agar organisasi Anda langgeng, mampu menggali solusi atas problematikan yang muncul kelak.

  1. Punya Spiritual yang Baik

Apalah artinya organisasi besar dan sukses di dunia, bila seluruh anggotanya akan tersiksa di Neraka kelak? Sekiranya Anda tengah cocok, berpotensi, dan akan menjadi pemimpin, pastikan Anda tidak melanggar hukum syara’.

Lagi pula, sekiranya Anda ingin sukses, pastilah Anda mengajak keseluruhan anggota Anda untuk mendekatkan diri kepada Allah, senantiasa mengamalkan kewajiban yang diperintahkanNya, dan memperbanyak sunnah, agar insya Allah operasional Anda dimudahkan oleh Allah Swt. Dan yang lebih lagi, menjadi beberkah.

Karna semua keberkahan dan keberhasilan ada ditangan allah swt. Cara cara terbaik untuk emmimpin sudah diajarkannya.

Itulah 20 ciri ciri pemimpin dan yang berpotensi jadi pemimpin. Apakah anda termasuk orang yang memiliki 20 ciri tersebut? Jika tidak maka bolehlah mulai sekarang mengaplikasikannya.

Sukses untuk anda dan semuga menjadi pemimpin yang baik dan hebat selanjutnya.

 

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker