EducationsMotivasiPerkembangan Diri

Mau Presentasi? Perhatikan 5 Hal Ini Agar Kamu Dihargai

Presentasi adalah sebuah pemaparan materi yang dilakukan oleh seseorang di depan beberapa orang dengan tujuan tertentu. Nah bagi kamu yang saat ini masih SMA ataupun sedang kuliah, maka sudah saatnya kamu harus belajar untuk presentasi dengan benar, Mengapa? Karena dunia pekerjaan sekarang sangat menuntutmu mampu dalam public speaking. Maka secara mutlak, untuk bisa presentasi, maka public speaking lah kunci utamanya. Lalu taukah kamu bahwa ada 5 hal utama yang harus kamu perhatikan agar presentasimu memukau dan dihargai oleh pendengar? Oke kita akan bahas sekarang.

Pahami Materi Presentasi 100%

Presentasi yang baik adalah presentasi yang disampaikan oleh orang yang menguasai materi. Artinya, kamu tidak ngasal dalam melakukan sebuah presentasi. Kamu sudah benar-benar 100% memahami isi dan maksud dari materi yang kamu sampaikan. Hal ini berguna agar tidak adanya kesalah pahaman atau ambiguitas dalam pemaparan materimu.

Presentasi yang baik haruslah ada persiapan, maknanya kamu tidak hanya melakukan persiapan sekali saja sebelum pemaparan materi. Tapi lakukanlah minimal 3 kali, hal ini berguna untuk menanmkan keyakinan 100% bahwa kamu benar-benar telah memahami materi dan juga berguna untuk mengasah kelancaran bahasamu pada saat pemaparan.

Sediakan Makalah Presentasi

Nah langkah selanjutnya adalah menyiapkan makalah. Makalah yang dimaksudkan disini adalah serangkaian penyampaian materi presentasi dalam bentuk yang lebih panjang dibandingkan slide materi yang dipaparkan. Dengan adanya makalah ini, alur dan pembahasan materimu akan lebih terstruktur dan rapi. Sehingga para pendengar pun akan lebih antusias dalam mendengar dan memahami materi.

Makalah presentasi juga berguna untuk membentuk image profesionalitasmu dalam menjalankan sebuah tugas. Dengan kata lain, adanya makalah presentasi membuat kamu kelihatan lebih serius dan sudah ada persiapan 100% untuk memapatkan materi. Para pendengarpun akan lebih menghargaimu.

Maksimalkan Penampilanmu

Penampilan merupakan citra dirimu sendiri. Para pendengar sebelum mendengarkan paparan materimu, mereka akan cenderung lebih fokus kepada penampilanmu. Jadi usahakan sebelum mulai tampil di depan, kamu harus perhatikan semua penampilanmu sedetail mungkin. Dalam hal ini bukan karena kamu dituntut harus perfectionist, melainkan kamu harus menanamkan nilai positif kepada pendengar bahwa kamu adalah seseorang yang layak diperhatikan.

Gunakan Slide Presentasi yang Menarik

Selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah slide presentasi. Hal ini menjadi sangat penting bagi kamu yang benar-benar ingin presentasimu berhasil dan dihargai. Ada apa dengan slide? Ya, secara umum kamu pasti tau. Slide berpengaruh terhadap minat dan ketertarikan pendengar untuk menyerap informasi. Slide yang menarik akan membuatmu semakin diperhatikan.

Slide presentasi yang baik adalah yang sesuai dengan isi materi. Misalnya, materimu berisi konten tentang lingkungan maka pilihlah slide yang dominan warnya hijau atau yang menggambarkan alam. Dengan demikian, tentunya slide presentasi ada kecocokan dan kesesuaian dengan isi materi.

Gunakan Video Presentasi

Nah untuk langkah terakhir, gunakanlah video presentasi. Kenapa video? Karena video mengandung unsur visual dan suara yang mudah diserap oleh otak. Selain itu, video juga kan membuat para pendengar lebih tertarik untuk memperhatikan. Tak perlu panjang, sediakan saja video dengan durasi ringkas sekitar 1-3 menit. Konten video haruslah berisi hal-hal yang berkaitan dengan materi secara ringkas dan tepat sasaran.

Nah, sekian dulu artikel kali ini. Tugas kamu sekarang cukup belajar dan praktek dengan serius, karena kemampuan presentasi ini sangat penting. Dimana-mana tetap dibutuhkan skill public speaking. Semoga sukses ya. Silahkan bagikan kepada teman-temanmu.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

SmartZone

Smartzone hadir memberikan informasi-informasi menarik tentang teknologi, edukasi dan isnpirasi untuk kehidupan Anda.Kami hanyalah penulis yang sedang belajar. Be Smart? Only at Smartzone.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker