BlogEducations

Mau Ngelamar Kerja? Pelajari 5 Teknik Mujarab ini!

Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat pengangguran yang cukup tinggi di dunia. Jumlah penduduk yang begitu membludak, membuat lapangan pekerjaan pun semakin sempit dan sulit untuk dimasuki. Ijazah sekolah dan kuliah pun seakan tak lagi berarti, mengingat begitu banyaknya peserta yang mengirimkan lamaran setiap ada lowongan pekerjaan baru.

Maka sudah saatnya kamu merubah pola pikirmu bahwa ijazah bukanlah segalanya untuk zaman seperti sekarang ini. Kamu dituntut harus memiliki skill di bidang tertentu. Selain IPK yang menjadi acuan, skill akan membuat peluangmu untuk diterima kerja akan semakin besar. Baiklah untuk lebih jelasnya, akan kita bahas dalam beberapa poin berikut mengenai apa saja yang harus kamu persiapkan semasa kuliah sebelum terjun ke dunia kerja.

Tentukan Target

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menetapkan target mengenai perusahaan/institusi mana yang akan kamu bidik sebagai tempatmu bekerja kelak. Dalam menentukan target ini, kamu harus mempelajari seluk beluk perusahaan mulai dari visi, misi hingga kondisi bekerja dalam sebuah perusahaan/institusi tersebut. Semakin detail informasi yang kamu dapatkan, maka akan semakin baik pula settingan targetmu.

Untuk saat ini, sangat banyak perusahaan-perusahaan yang masih tergolong startup (masih baru), hal ini tentunya menjadi peluang bagi kamu. Namun, dalam memilih perusahaan startup kamu diharuskan menganalisa terlebih dahulu bagaimana sistem yang digunakan serta bagaimana tingkat survive (Dapat bertahan jangka panjang) perusahaan tersebut. Hal ini penting menyangkut karir kamu kedepannya.

Baca Juga:  7 Alasan kenapa Orang Hebat Selalu Memakai Baju Yang Sama

Bangun Relasi

Untuk zaman seperti sekarang ini, relasi mempunyai peranan penting bagi kamu yang ingin melamar suatu pekerjaan. Relasi ini sifatnya abstrak, tak terlihat namun dapat dirasakan. Untuk memulai langkah dalam membangun relasi, kamu dituntut harus pintar dalam berkomunikasi. Ada baiknya mulai sekarang kamu mulai aktif dalam berorganisasi.

Organisasi tidak hanya membuat kamu semakin dekat dengan rekan-rekan sekampusmu, namun organisasi juga akan membuat kamu lebih memiliki banyak relasi yang bisa menjadi aset bagi kamu saat melamar pekerjaan. Mulailah dari organinasi yang kecil hingga yang besar, biasanya semakin besar jabatanmu dalam organisasi akan memperbesar peluangmu untuk mendapatkan relasi yang lebih besar pula. Mengapa? Salah satu alasannya adalah ketika organisasi yang kamu ikuti mengadakan sebuah event, maka yang berperan untuk menjumpai tokoh-tokoh yang bersangkutan merupakan ketua ataupun wakilnya. Namun posisi jabatan dalam organisasi tidak berperan sepenuhnya dalam hal kamu membangun relasi, semua tergantung cara komunikasi dan cara kamu membangun silaturrahim dengan orang banyak.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Seorang Programmer Hebat

Perdalam Skill dan Pengetahuan

Nah langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengasah skill dan memperluas pengetahuanmu. Skill adalah sebuah kemampuan tertentu yang kamu miliki. Skill ini biasanya lahir dari kebiasaan praktek, bukan sekedar teori. Skill terbagi 2, hard skill dan soft skill. Hard skill merupakan kemampuan yang secara nyata kamu miliki sejalan dengan basis studi keilmuanmu. Contohnya, kamu sebagai lulusan IT sudah sewajarnya memiliki skill bagaian operasi komputer, website, aplikasi dan lain sebagainya. Sedangkan soft skill merupakan kemampuan lain yang kamu miliki namun tidak sehubungan dengan studi keilmuanmu. Sebagai contohnya, kamu yang kuliah di jurusan Hukum namun memiliki kemampuan dalam bidang kesenian layaknya tataboga.

Kedua skill ini haruslah kamu miliki jika ingin bertarung dan bersaing dalam melamar kerja. Ijazah saja tidak cukup, mengingat begitu banyak universitas yang sudah mengeluarkan ijazah. Ratusan ribu sarjana baru dicetak setiap tahunnya di Indonesia, karena itu ijazah bukanlah sebuah acuan lagi bagi perusahaan/institusi untuk menerima kamu bekerja di dalamnya.

Kuasai Bahasa Asing

Agar diterima, kamu dituntut harus memiliki beberapa kelebihan dibanding pesaing yang lain. Semakin banyak keunggulan/kelebihan yang kamu miliki maka akan memperbesar peluangmu untuk diterima. Bahasa Asing adalah sebuah kelebihan yang harus kamu miliki, terlebih bahasa inggris.

Baca Juga:  7 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Dalam dunia kerja untuk saat ini, bahasa menjadi hal yang sangat penting. Terlebih bagi kamu yang ingin bekerja pada sebuah perusahaan yang sudah go-public, bahasa menjadi persyaratan utama dalam penilaian kelulusan. Mengapa ini diterapkan? Tentunya hal ini merupakan suatu nilai tambah bagi sebuah perusahaan untuk menaikkan citranya dengan kemampuan karyawan yang mumpuni. Maka wajar bila perusahaan akan mempertimbangkan para calon karyawan yang memiliki keunggulan khususnya di bidang bahasa.

Belajar dari Senior

Untuk tahap terakhir ini kami merekomendasikan kamu untuk belajar dari beberapa situs yang dapat membantumu untuk memeperbesar peluang diterimanya sebuah lamaran pekerjaan. Nah berikut kami sarankan sebuah situs yang menjadi pedoman kamu belajar lebih lanjut dari para senior.Kamu hanya perlu mendaftarkan akun member pada situsnya dan kamu akan dapatkan ilmu yang sangat bermanfaat.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai dunia kerja. Smartzone hanya menjelaskan 5 tahap saja, untuk lebih lengkapnya kamu bisa dapatkan melalui situs tersebut. Para senior akan bongkar semua rahasia agar kamu dapat diterima pekerjaan tanpa penolakan. Semoga berhasil, silahkan share kepada teman seperjuangan.

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

SmartZone

Smartzone hadir memberikan informasi-informasi menarik tentang teknologi, edukasi dan isnpirasi untuk kehidupan Anda.Kami hanyalah penulis yang sedang belajar. Be Smart? Only at Smartzone.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker