EducationsMotivasi

Tips Mudah Hilangkan Grogi Saat Presentasi

Ketika melakukan presentasi kita slalu dilanda oleh rasa grogi, meskipun kita sudah sering melakukan presentasi. Grogi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena kira belum terbiasa berbicara didepan public. Sehinggi tidak sedikit dari mereka yang masih belum berani untuk melakukan presentasi karena takut hasilnya tidak memuaskan. Namon ada tahap-tahap yang dilakukan untuk menghilangkan grogi. Tipsnya sebagai berikut

  1. Kuasai materi

Pastikan untuk menguasai materi yang akan dipresentasikan. Hal ini akan membantu agar lancar dalam berbicara dan mampu menjelaskan materi dengan baik. Banyak orang keluar keringat dingin ketika presentasi karena minimya materi yang dikuasai

2. Kenali audiens

Kenali audiens sebelum melakukan presentasi, karena tidak jarang orang yang tidak mengenali audiens ketika presentasi bisa membosankan serta materi yang sudah disiapkan justru tidak sampai kepada audiensnya.

3. Fokus

Cobalah untuk menjaga kosentrasinya walaupun akan ada gangguan ataupun hambatan ketika presentasi. Misalnya, muncul keributan ditengah-tengah audiens. Abaikan saja tetaplah fokus pada tujuanmu.

 4. Atur pernapasan

Sebelum memulai presentasi, pastinya kamu akan merasa jantung kamu berdetak kencang dan telapak tanganmu makin mendingin. Atur pernafasanmu sedemikian rupa agar kamu merasa lebih relax. Cobalah membuat dirimu dalam mode tenang.

5. Percaya diri

Yakin dan percaya pada dirimu bahwa presentasi yang akan kamu lakukan akan berjalan lancar dan tidak perlu ada hal yang ditakutkan secara berlebihan. Tingkatkan rasa percaya dirimu dengan berpenampilan yang menarik dan berdoalah sebelum presentasi dimulai.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

SmartZone

Smartzone hadir memberikan informasi-informasi menarik tentang teknologi, edukasi dan isnpirasi untuk kehidupan Anda.Kami hanyalah penulis yang sedang belajar. Be Smart? Only at Smartzone.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker